Soal Badan Organisasi Standarisasi

soal badan organisasi standarisasi

Soal Badan Organisasi Standarisasi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi Badan Organisasi Standarisasi.

Soal dan Kunci Jawaban Badan Organisasi Standarisasi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Badan organisasi standarisasi internasional adalah suatu asosiasi global yang terdiri dari badan-badan standarisasi nasional yang beranggotakan dari berbagai negara dan diluar organisasi pemerintahan.

Bacaan Lainnya

Sedangkan Badan standarisasi nasional adalah lembaga pemerintah non kementerian Indonesia dengan tugas pokok mengembangkan dan membina kegiatan standarisasi dan menetapkan standar SNI sebagai standar teknis.

Badan organisasi standarisasi internasional yang berhubungan dengan paparan bahan kimia/toksik diantaranya adalah ACGIH, OSHA dan EPA, sedangkan badan organisasi nasional adalah SNI.

Kegunaan masing-masing badan standarisasi secara spesifik berbeda, untuk ACGIH lebih menekankan pada paparan toksik pada manusia dengan menghitung lama waktu paparan dan dosis/konsentrasi.

BACA JUGA:  Soal Skrining Resep

OSHA lebih umum menekankan pada keselamatan dan kesehatan pekerja sedangkan EPA pada paparan bahan berbahaya pada lingkungan seperti polusi karbon monoksida pada jalan raya atau paparan arsen pada pembangkit listrik.

SNI merupakan pelaksana teknis dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) untuk menentukan nilai ambang batas seperti cemaran/toksikan baik di lingkungan atau pada manusia.

Contoh standar yang dikeluarkan oleh SNI adalah Nilai Ambang Batas zat kimia di udara tempat kerja. Standar ini juga mengacu pada standar internasional yang dikeluarkan oleh OSHA.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Badan organisasi yang mengeluarkan batas standarisasi internasional cemaran polusi udara pada lingkungan seperti karbon monoksida adalah…

A. ACGIH

B. OSHA

C. SNI

D. EPA

2) Badan organisasi yang mengeluarkan batas standarisasi internasional yang lebih menekankan pada perhitungan lama waktu paparan dan dosis adalah…

A. ACGIH

B. OSHA

C. SNI

D. EPA

3) Badan oraganisasi untuk menetapkan standar dan melakukan inspeksi tempat kerja untuk memastikan apakah pemilik kerja / pengusaha memberikan tempat kerja sesuai dengan standar dan menyediakan tempat kerja yang aman dan sehat adalah…

BACA JUGA:  Soal Organisasi Perusahaan

A. ACGIH

B. OSHA

C. SNI

D. EPA

4) Tujuan dibentuknya badan organisasi standarisasi adalah …

A. Menyamakan standar dan sasaran

B. Menetapkan standar yang dapat berlaku sepanjang masa

C. Menetapkan standar berdasarkan kaidah atau efek

D. Menyamakan standar, sasaran dan efek pada manusia

5) Ciri SNI agar dapat diterima secara nasional adalah …

A. Open, transparan, koheren dan baku

B. Koheren, terbuka, efektif dan relevan

C. Open, transparan, koheren dan

D. Memihak, efektif, relevan dan koheren

Kunci Jawaban

1) D

2) C

3) B

4) C

5) B

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Sanitasi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.