Soal Flora dan Fauna Indonesia

soal flora dan fauna indonesia

Soal Flora dan Fauna Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal IPS kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang Flora dan Fauna Indonesia.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Gasal Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

Rangkuman Materi Flora dan Fauna Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat besar. Bahkan, keanekaragaman hayati Indonesia termasuk tiga besar di dunia bersama­sama dengan Brazil di Amerika Selatan dan Zaire di Afrika. Besarnya keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia berkaitan erat dengan kondisi iklim dan kondisi fisik wilayah.

Akibat pengaruh tersebut flora Indonesia dibedakan menjadi dua kelompok besar yaitu Indo­Malayan dan Indo­ Australian.

Demikian pula halnya dengan fauna Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu fauna bagian barat, tengah, dan timur.

Garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian Barat dengan In­donesia Tengah dinamakan garis Wallace, sedangkan yang memi­sahkan fauna Indonesia bagian Tengah dan Timur dinamakan garis Weber.

Fauna bagian Barat memiliki ciri seperti fauna Asia sehingga disebut tipe Asiatis (Asiatic) Fauna bagian tengah merupakan fauna peralihan yang cirinya berbeda dengan fauna bagian timur se­hingga fauna tipe ini disebut fauna endemis. Fauna bagian timur memiliki tipe yang mirip fauna Benua Austalia, sehingga disebut tipe Australis (Australic).

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban dari uraian berikut yang paling benar!

1. Wilayah mana saja yang termasuk sebaran kelompok Indo-Malayan dan wilayah Indo-Autralian?

2. Apa yang dimaksud dengan garis Wallace dan garis Weber!

3. Mengapa keberagaman flora dan fauna di Indonesia cukup tinggi?

4. Mengapa fauna Indonesia bagian tengah disebut fauna peralihan?

5. Sebutkan 5 fauna Indonesia bagian barat yang dilindungi!

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

  • Indo- Malayan; Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali
  • Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Papua

2. → Pembahasan: Garis Wallace adalah garis pembagi wilayah sebaran flora fauna yang dilakukan berdasarkan adanya perbedaan ciri hewan di bagian timur dan barat Indonesia. Sedangkan GarisWeber juga membagi Indonesia menjadi dua bagian, yakni bagian tengah dan timur.

3. → Pembahasan: dipengaruhi oleh iklim, tanah, bentang alam (relief permukaan bumi). Suhu dan curah ujan yang besar yang memungkinkan tumbuhnya beragam jenis tumbuhan. Makin banyak air yang tersedia, makin banyak tumbuhan yang tumbuh, makin banyak pula hewan yang hidup di daerah tersebut.

4. → Pembahasan: Fauna tipe peralihan biasanya hanya terpusat dalam satu wilayah saja dan tidak tersebar di bagian lain yaitu Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. Memiliki ciri-ciri fisik campuran antara tipe Asiatis dan Australis. Bersifat khas/ endemis, hanya terdapat di satu wilayah saja.

5. → Pembahasan: Harimau, Badak, orang utan, Banteng, Burunng Elang Jawa.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7, VII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.