Soal Kondisi Fisik Wilayah Indonesia

soal kondisi fisik wilayah indonesia

Soal Kondisi Fisik Wilayah Indonesia – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal IPS kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang kondisi fisik wilayah Indonesia.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Gasal Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

Rangkuman Materi Kondisi Fisik Wilayah Indonesia

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Keadaan alam Indonesia dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu keadaan fisik wilayah serta keadaan flora dan fauna. Keadaan fisik wilayah diantaranya terdiri dari keadaan iklim dan keadaan bentuk permukaan bumi yang akan menentukan jenis tanahnya.

Berdasarkan kondisi geologi, Indonesia terletak pada per temuan tiga lempeng teknonik besar yaitu lempeng Indo­Australia, Eurasia, dan lempeng Pasifik. Akibat kondisi geologi tersebut Wi­layah Indonesaia rawan bencana gempa bumi, Tsunami, dan gu­nung Meletus.

Kondisi geologis Indonesia juga mempengaruhi bentuk muka bumi Indonesia, baik yang terjadi di daratan maupun di lautan.

Bentuk muka bumi di daratan antara lain aadanya gunu, pe gunungan, bukit, lembah jurang. Sedangkan bentuk muka bumi yang berupa perairan yaitu laut. Selat, teluk, danau, rawa.

Wilayah Indonesia dipengaruhi oleh tiga jenis iklim yaitu iklim tropis atau panas, iklim laut dan iklim musim atau muson. Akibat iklim musim Indonesia mengenal musim hujan dan musim ke marau sebagai pengaruh dari hembusan angin muson.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban dari uraian berikut yang paling benar!

1. Faktor apa saja yang mempengaruhi kondisi fisik wilayah Indonesia!

2. Tuliskan 3 lempeng tektonik yang berpengaruh terhadap kondisi geologi Indonesia!

3. Bagaimana cara Ananda menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi di sekolah?

4. Jelaskan akibat kondisi geologis Indonesia!

5. Mengapa Indonesia terdapat iklim laut?

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Keadaan fisik tersebut dapat dikenali dari keadaan geologi, bentuk muka bumi, dan iklim.

2. → Pembahasan: tiga lempeng teknonik besar yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan lempeng Pasifik.

3. → Pembahasan:

  • Jangan panik dan selalu berdoa.
  • Saat gempa terjadi ada di dalam ruangan, berlindung pada tempat yang kuat. Di bawah meja atau tempat yang aman untuk berlindung, atau segera keluar ruangan jika memungkinkan.
  • Jika di luar ruangan, hindari tiang listrik, pohon atau bangunan yang mudah roboh. Selalu perhatikan kondisi.

4. → Pembahasan: wilayah Indonesia; rawan gempa vulkanik dan tektonik, terdapat banyak gunung api, tanahnya subur, dan kaya akan bahan tambang.

5. → Pembahasan: Wilayah Indonesia berbentuk kepalauan dengan laut yang luas sehingga banyak memperoleh pengaruh angin laut.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7, VII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

REKOMENDASI UNTUK ANDA