Soal Konsep dan Prinsip Gizi anak Sekolah

soal konsep dan prinsip gizi anak sekolah

Soal Konsep dan Prinsip Gizi anak Sekolah – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi konsep dan prinsip gizi anak sekolah.

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Konsep dan Prinsip Gizi anak Sekolah

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Kelompok anak sekolah adalah mereka yang berada di usia 7 – 12 th atau mereka yang berada di bangku sekolah dasar. Kelompok ini mempunyai ciri banyak bermain di luar rumah dan melakukan aktivitas yang tinggi sehingga mempunyai risiko terpapar penyakit dan perilaku hidup tidak sehat yang cukup tinggi.

Bacaan Lainnya

Pada tahapan ini anak masih mengalami pertumbuhan yang cepat sehingga memerlukan penangan gizi yang tepat pula.  Zat gizi yang diperlukan dipenuhi dari asupan makanan yang lengkap dan seimbang yang terdiri dari makanan pokok, lauk, sayur dan buah-buahan.

Risiko masalah gizi pada masa ini adalah diakibatkan oleh perilaku makan kurang seimbang baik zat gizi makro maupun mikro serta kelebihan konsumsi pangan tinggi energi, lemak jenuh dan karbohidrat terutama karbohidrat sederhana. Kondisi yang muncul antara lain KEP, anemia Gizi, GAKY, dan KVA di samping munculnya obesitas.

Untuk mencapai kesehatan fisik yang optimal perlu penanganan yang baik antara asupan makan, aktivitas harian dan kebersihan lingkungan.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) K, siswa SD kelas 2 usia 8 tahun dengan TB 125 cm dan Berat badan 25 kg. Berapakah kebutuhan protein untuknya?

A. 15 gram

B. 20 gram

C. 37,5 gram

D. 50 gram

E. 62,5 gram

2) An. E, usia 12 tahun saat ini duduk di bangku SD kelas VI mempunyai berat badan 45 kg dan tinggi badan 155 cm, tidak pernah sarapan pagi serta tidak suka sayuran, di sekolah anak kurang bisa mengikuti pelajaran dengan baik karena tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. suplementasi mineral yang diperlukan untuk meningkatkan penampilan kognitifnya  adalah ….

A. Calsium

B. Flour

C. Ferum

D. Zink

E. Iodium

3) Seorang siswa SD kelas 3, usia 8 tahun, tinggi badan 125 cm dan berat badan 27 kg, suka mengkonsumsi jajanan manis seperti cokelat dan permen, nafsu makan sangat baik, minum susu 1 gelas sebelum tidur, hasil recall Energi sehari untuk Tita adalah 1825 Kklal. Risiko masalah gizi yang dihadapi anak tsb adalah ….  

A. Obesitas

B. Malnutrisi

C. Anemia

D. Caries Gigi

E. Kurang iodium

4) Seorang anak berusia 12 th, duduk di kelas 6 SD, kadang susah sekali makan, kadang suka sekali makan. Faktor apakah yang mempengaruhi intake makanan anak tersebut?

A. Kesukaan

B. Teman sebaya

C. Pola makan

D. Makanan yang tersedia

E. Pendidikan gizi

5) Seorang anak usia 12 tahun saat ini duduk di bangku SD kelas VI mempunyai berat badan 45 kg dan tinggi badan 155 cm, tidak pernah sarapan pagi serta tidak suka sayuran, di sekolah anak kurang bisa mengikuti pelajaran dengan baik karena tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. suplementasi mineral apakah yang diperlukan diberikan untuk meningkatkan penampilan kognitifnya?

A. Calsium

B. Flour

C. Ferum

D. Zink

E. Iodium

Kunci Jawaban

1) C

2) C

3) D

4) B

5) C

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *