Soal Konsep Dasar Neonatus dengan Jejas Persalinan

soal konsep dasar neonatus dengan jejas persalinan

Soal Konsep Dasar Neonatus dengan Jejas Persalinan – Halo sobat Bidan Indonesia, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4, S1 dan profesi jurusan kebidanan. Dipelajari yuk, kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi konsep dasar neonatus dengan jejas persalinan.

Soal dan Kunci Jawaban Konsep Dasar Neonatus dengan Jejas Persalinan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Macam-macam jejas persalinan adalah Caput Succedaneum,Cephal Haematom,Fraktur Klavikula, Fraktur Humerus, Perdarahan Intra Kranial dan Brachial Palsy.

Read More

Penyebab jejas persalinan pada dasarnya adalah Caput Succedaneum timbul akibat tekanan yang keras pada kepala ketika memasuki jalan lahir hingga terjadi pembendungan sirkulasi kapiler dan limfe disertai pengeluaran cairan tubuh ke jaringan ekstravasa.

Benjolan kaput berisi cairan serum dan sedikit bercampur darah. Cephalhematoma disebabkan perdarahan subperiostal tulang tengkorak dan terbatas tegas pada tulang yang bersangkutan, tidak melampaui sutura-sutura sekitarnya.

Penyebab Fraktur Klavikula adalah trauma (benturan), tekanan/stres yang terus menerus dan berlangsung lama dan adanya keadaan yang tidak normal pada tulang dan usia. Tanda-tanda jejas persalinan dan penanganan jejas persalinan perlu mendapat perhatian bidan.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1. Seorang bayi lahir spontan di Bidan, proses kelahiran agak lama. Bayi langsung menangis. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan fisik kepala di dapatkan benjolan pada kepala, ditemukan di daerah presentasi kepala, perabaan teraba lunak, berbatas tidak tegas. Diagnose bayi adalah….

A. Trauma kepala

B. Caput Succedaneum

C. Cephal Haematoma

D. Perdarahan Intra Kranial

2. Tindakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah…

A. Bayi diobservasi selama 2 minggu

B. Tidak dibutuhkan pengobatan

C. Dirawat secara ketat

D. Diletakkan di incubator

3. Seorang bayi lahir spontan langsung menangis, di BPM Ny’”.W”. Bayi dirawat di ruang bayi. Proses kelahiran bayi agak lama. Pada pemeriksaan fisik daerah kepala ditemukan benjolan pada kepala, tidak melewati sutura, benjolan teraba fluktuatif.Diagnose bayi tersebut adalah….

A. Trauma kepala

B. Caput Succedaneum

C. Cephal Haematoma

D. Perdarahan Intra Kranial

4. Seorang bayi lahir spontan langsung menangis, di BPM Ny’”.W”. Bayi dirawat di ruang bayi. Proses kelahiran bayi agak lama. Pada pemeriksaan fisik daerah kepala ditemukan benjolan pada kepala, tidak melewati sutura, benjolan teraba fluktuatif.Tindakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah….

A. Bayi diobservasi selama 6 bulan

B. Dijelaskan akan diserap 2-12 minggu

C. Dirawat secara ketat

D. Diletakkan di incubator

5. Seorang Bayi lahir di bidan, bayi mengalami trauma lahir, oleh dokter dijelaskan bayi mengalami kelumpuhan. Setelah diperiksa bayi mengalami kelumpuhan pada bagian tubuh yang disarafi C5 dan C6. Ditemukan lengan pada sisi yang sakit lemah, pronasi lengan ke depan, fleksi pergelangan tangan.Diagnose kasus di atas adalah…..

A. Paralisis Erb-Duchene

B. Paralisis Klumpke

C. Paralisis saraf frenikus

D. Paralisis saraf fasialis.

Kunci Jawaban

  1. B
  2. B
  3. C
  4. B
  5. A

SIMAK JUGA!

Demikian kumpulan prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4, S1 dan profesi jurusan kebidanan yang bisa kami sajikan, jangan lupa untuk menyimak soal-soal lainnya. Bidan Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *