Soal Membandingkan Kritik dan Esai

soal membandingkan kritik dan esai

Soal Membandingkan Kritik dan Esai – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 12, XII KD 12 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang membandingkan kritik dan esai.

Rangkuman Materi Membandingkan Kritik dan Esai

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  • Kritik penilaiannya bersifat obyektif dan esai bersifat subyektif.
  • Kritik menampilkan deskripsi karya tetapi esai tidak menampilkan deskripsi karya.
  • Kritik Menyajikan data obyektif. Sedangkan esai tidak membutuhkan data.

Latihan Soal

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Berikan jawaban yang paling benar!

Cermatilah kutipan esai dan kritik berikut!

Esai

Tiap kali kita memang bisa mengidentifikasikannya dari sebuah topeng kelelawar yang itu-itu saja. Tapi tiap kali ia dilahirkan kembali sebagai seluruh jawaban baru terhadap tantangan baru. Sebab selalu ada hubungan dengan hal ikhwan yang tak terulang, tak terduga  dengan ancaman penjahat besar The Joker atau Bane, dalam krisis Kota Gotham yang berbeda-beda.

BACA JUGA:  Soal Mengidentifikasi Informasi Teks Cerita Sejarah

Sebab itu, Batman bisa bercerita tentang asal mula, tetapi asal mula dalam posisinya yang bisa diabaikan:  wujud yang pertama tak menentukan sah atau tidaknya wujud yang kedua dan terakhir. Wujud yang kedua dan terakhir bukan cuma sebuah fotokopi dari yang pertama.

Kritik

Di sana, ada semacam kompromi antara semangat eksperimen dengan hasratnya untuk tidak terlalu memberi beban berat bagi pembaca. Rangkaian kalimat panjang yang melelahkan itu, diolah dalam kemasan yang lain sebagai alat untuk membangun peristiwa.

Secara tematik, Lelaki Harimau tidaklah mengusung tema besar, pemikiran filsafat, atau fakta historis. Ia berkisah tentang kehidupan masyarakat di sebuah desa kecil. Pencerita seperti sengaja tidak membiarkan dirinya berdiri terpaku pada satu titik. Ia menyoroti satu tokoh. Kemudian, secara perlahan beralih ke tokoh lain.

Meski begitu, Lelaki Harimau, dilihat dari sudut itu, tetap saja menghadirkan kekhasannya sendiri. Selain pola alur yang demikian, Eka menggunakan kalimat- kalimat itu sebagai pintu masuk menghadirkan rangkaian peristiwa.

BACA JUGA:  Soal Penyajian dan Sistematika Karya Ilmiah

Pertanyaan:

1. Jelaskan perbedaan penggalan kritik dan esai dilihat dari bahasanya!

2. Jelaskan perbedaan pandangan penulis dalam penggalan kritik dan esai?

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. Perbedaan antara kritik dan esai pada penggalan tersebut adalah pada esai memberikan penilaian atau pandangan terhadap satu hal secara menyeluruh, sedangkan pasa kritik penulis sangat kritis dengan memanfaatkan kelemahan justru menjadi sesuatu yang bisa diunggulkan. Contonya pemanfaatan kalimat yang panjang.

2. Perbedaan pandangan pada esai adalah Batman bisa bercerita tentang asal mula, tetapi asal mula dalam posisinya yang bisa diabaikan, sedangkan pada kritik Lelaki Harimau tidaklah mengusung tema besar, pemikiran filsafat, atau fakta historis.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul Bahasa Indonesia kelas 12, XII SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.