Soal Menentukan Peluang Usaha, Pemrosesan Pengendalian Produksi

soal menentukan peluang usaha, pemrosesan dan pengendalian produksi

Soal Menentukan Peluang Usaha, Pemrosesan dan Pengendalian Produksi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi menentukan peluang usaha, pemrosesan dan pengendalian produksi.

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Menentukan Peluang Usaha, Pemrosesan dan Pengendalian Produksi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Peluang usaha bersumber dari adanya kebutuhan dari individu atau masyarakat. Untuk memahami kebutuhan masyarakat diperlukan suatu diagnosa terhadap lingkungan usaha secara keseluruhan, yang meliputi faktor ekonomi, politik, pasar, persaingan, pemasok, teknologi, sosial dan geografi.

Read More

Agar tidak latah atau ikut-ikutan dalam menjalankan usahanya, maka harus pandai memilih lapangan usaha yang sesuai dengan potensi yang kita miliki.

Untuk memilih lapangan usaha yang akan kita geluti, perlu dipertimbangkan hal-hal berikut: Lapangan usaha yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok bagi kita, Lapangan usaha yang pada masa lalu menguntungkan, belum tentu pada saat ini masih menguntungkan, atau lapangan usaha yang menguntungkan saat ini belum tentu menguntungkan di masa yang akan datang, Lapangan usaha yang berkembang baik di suatu daerah, belum tentu dapat berkembang dengan baik pula di daerah lain, dan sebaliknya. kita juga perlu kembali melihat dan mengkaji kondisi internal kita dan kondisi eksternal dimana usaha kita jalankan, karena faktor internal dan eksternal ini akan sangat menentukan kesuksesan kita dalam menjalankan usaha.

Jenis tenaga kerja yang digunakan pada perusahaan pada dasarnya terdiri dari tenaga kerja upahan dan tenaga kerja keluarga. Kedua jenis tenaga kerja ini memiliki karakteristik masing-masing yang meliputi: tenaga kerja upahan, tenaga kerja tetap, tenaga kerja tidak tetap, tenaga kerja borongan, tenaga kerja keluarga. Perusahaan perlu melakukan perencanaan tenaga kerja, agar kebutuhan tenaga kerja perusahaan di masa sekarang dan masa yang akan datang sesuai dengan beban kerja yang ada.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam upaya pemeliharaan mesin/peralatan produksi, yaitu

  • Pemeliharaan breakdown, yakni pemeliharaan yang dilakukan setelah mesin/peralatan produksi mengalami kerusakan Impian menciptakan energi besar untuk berprestasi.
  • Pemeliharaan terencana, yakni pemeliharaan yang dilakukan secara terjadwal.
  • Pemeliharaan pencegahan, yakni pemeliharaan yang dilakukan dengan mempertimbangkan masa pakai dari komponen pada mesin/peralatan produksi.

Biaya produksi terdiri atas 2 (dua) bagian besar dengan penggolongan biayanya yaitu : Biaya menurut perilaku yang terdiri dari biaya tetap dan biaya tidak tetap, Biaya menurut jenis yang terdiri dari : biaya langsung dan biaya tidak langsung, biaya administrasi/umum.

Penggolongan proses produksi berkaitan dengan sifat dan jenis masukan yang digunakan dan produk yang akan dihasilkan. Proses produksi berdasarkan wujudnya, terdiri atas proses kimiawi, proses merubah bentuk, proses perakitan, proses transportasi. Sedangkan Proses produksi berdasarkan tipenya, terdiri atas proses berkesinambungan, proses terputus putus.

Setelah menentukan spesifikasi produk yang akan dihasilkan, merancang proses dan sistem produksi, maka perlu mengorganisasikan seluruh sumberdaya yang dimiliki oleh perusahaan untuk pengendalian produksi. Pengendalian produksi, meliputi:

  • Pengendalian pembelian, agar pembelian yang dilakukan oleh perusahaan terkait dengan proses produksi lebih efisien (hemat biaya). Dalam pengendalian pembelian ini melibatkan beberapa faktor yang saling terkait, yaitu kuantitas, kualitas, harga, waktu dan pelayanan.
  • Pengendalian Persediaan, perlu dilakukan agar biaya yang dikeluarkan untuk penyimpanan dapat dikendalikan.
  • Pengendalian produksi, agar proses produksi dapat berjalan lancar, tepat waktu dan menghasilkan produk dalam kuantitas dan kualitas yang sesuai dengan yang direncanakan.
  • Pengendalian Kualitas, yang dilakukan pada setiap tahapan proses yang bertujuan untuk mencegah adanya penyimpangan terhadap standar kualitas produk yang telah ditetapkan (quality control).

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Seorang wirausaha dituntut untuk selalu menemukan peluang usaha yang dapat bersumber dari …. 

A. entrepreneur

B. individu atau masyarakat

C. para pemodal

D. pasar

2) Dalam menemukan peluang usaha yang cocok, kita dapat menggunakan dua pendekatan, antara lain ….

A. pendekatan in-side-out dengan memenuhi kebutuhan dan pendekatan out-side-in

dengan menciptakan kebutuhan

B. pendekatan dari luar ke dalam memenuhi dan menciptakan kebutuhan

C. pendekatan produksi dan bahan baku

D. pendekatan pasar dan produksi

3) Tahap awal dalam pelaksanaan proses produksi yaitu ….

A. merencanakan yang akan diproduksi

B. melihat Permodalannya

C. menganalisis Potensi untung ruginya

D. menentukan tempat produksi

4) Agar produksi dapat berjalan dengan lancar, maka dalam pemilihan bahan baku perlu memenuhi syarat ….

A. berkualitas baik dan mudah diolah

B. mudah diperoleh dan harga relatif murah

C. berkualitas, mudah diolah, harga murah dan selalu ada atau mudah didapat

D. harga murah dan barang bagus

5) Tenaga kerja yang menjalankan pekerjaan tertentu atas perjanjian dengan ketentuan yang jelas mengenai volume, waktu dan harga pekerjaan disebut tenaga kerja ….

A. upahan

B. borongan

C. keluarga

D. tetap

Kunci Jawaban

1) B

2) A

3) A

4) C

5) B

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Sanitasi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *