Soal Metode Ilmiah dan Keselamatan Kerja Di Laboratorium

soal metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium

Soal Metode Ilmiah dan Keselamatan Kerja Di Laboratorium – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Kimia kelas 10, X KD 3.1 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang metode ilmiah dan keselamatan kerja di laboratorium.

**(Disertai Kunci Jawaban dan File download di akhir soal)

Rangkuman Materi Metode Ilmiah dan Keselamatan Kerja Di Laboratorium

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Metode ilmiah berangkat dari suatu permasalahan yang perlu dicari jawaban atau pemecahannya. Proses berpikir ilmiah dalam metode ilmiah tidak berangkat dari sebuah asumsi, atau simpulan, bukan pula berdasarkan data atau fakta khusus.

Proses berpikir untuk memecahkan masalah lebih berdasar kepada masalah nyata. Langkah-Langkah Metode Ilmiah adalah:

  • Merumuskan masalah
  • Merumuskan hipotesis
  • Mengumpulkan data
  • Menguji hipotesis
  • Merumuskan kesimpulan
  • Merumuskan Masalah

Dalam bekerja di Laboratorium kita harus memperhatikan/mengutamakan keamanan dan keselamatan kerja karena di laboratorium banyak terdapat berbagai jenis bahan/barang dan alat- alat berbahaya.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Berikut ini yang termasuk metode ilmiah, kecuali …

A. Merumuskan Hipotesis

B. Menyusun kerangka teori

C. Melakukan kegiatan tanpa tujuan

D. Merumuskan masalah

E. Mengumpulkan data

2. Urutan metode ilmiah yang benar yaitu …

A. Merumuskan masalah, menyusun kerangka teori, hipotesis, memilih instrument yang sesuai, mengumpulkan data, menganalisis data dan membuat kesimpulan, menyusun laporan

B. Menganalisis data dan membuat kesimpulan, Merumuskan masalah, hipotesis, menyusun kerangka teori, memilih instrument yang sesuai, mengumpulkan data, menyusun laporan

C. Merumuskan masalah, hipotesis, menyusun kerangka teori, memilih instrument yang sesuai, mengumpulkan data, menganalisis data dan membuat kesimpulan, menyusun laporan

D. Hipotesis, merumuskan masalah, menyusun kerangka teori, memilih instrument yang sesuai, mengumpulkan data, menganalisis data dan membuat kesimpulan, menyusun laporan

E. Merumuskan masalah, hipotesis, menyusun kerangka teori, memilih instrument yang sesuai, mengumpulkan data, menyusun laporan, menganalisis data dan membuat kesimpulan

3. Cara memperlakukan alat di lab jika alat terbuat dari bahan listrik, kecuali …

A. Jauhkan peralatan dari percikan air

B. Periksa instalasi kabel secara rutin

C. Periksa daya sebelum menggunakan alat

D. Langsung pakai alat tanpa di periksa terlebih dahulu

E. Pahami cara pengoperasian alat

4. Bahan gelas yang bagus, yang cocok dipakai untuk pembakaran adalah bahan gelas …

A. Pyrex

B. Phirex

C. Pirhex

D. Prihex

E. Phyrex

5. Berikut ini cara memperlakukan bahan berbahaya, kecuali …

A. Pisahkan penempatan bahan kimia berbahaya dengan yang tidak

B. Simpan semua alat dan bahan kimia di satu tempat yang sama

C. Beri label yang jelas pada kemasan

D. Simpan bahan kimia beracun di tempat khusus

E. Pahami sifat kimia sebelum menggunakannya

6. Berikut ini merupakan peranan ilmu kimia di bidang kesehatan, kecuali…

A. Untuk mengetahui komposisi kimia dari suatu obat-obatan.

B. Membuat pestisida untuk menjaga kesehatan tanaman

C. Untuk mengetahui sifat-sifat zat kimia yang terkandung dalam obat

D. Untuk mendiagnosa penyakit

E. Untuk mengembangkan obat-obatan baru.

7. Berikut ini cara memperlakukan bahan berbahaya, kecuali …

A. Pisahkan penempatan bahan kimia berbahaya dengan yang tidak

B. Simpan semua alat dan bahan kimia di satu tempat yang sama

C. Beri label yang jelas pada kemasan

D. Simpan bahan kimia beracun di tempat khusus

E. Pahami sifat kimia sebelum menggunakannya

8. Cara memperlakukan alat di lab jika alat terbuat dari bahan gelas, kecuali ..

A. Gunakan alat dengan hati-hati

B. Menempatkan alat di tempat yang aman

C. Menempatkan alat di sembarang tempat

D. Membawa alat dengan kedua tangan

E. Menggunakan peralatan sesuai dengan prosedur

9. Jika di laboratorium terjadi kebakaran saat memanaskan dietil eter, tindakan berikut ini sangat tepat dilakukan, kecuali ….

A. mematikan sumber arus listrik

B. menutupkan kain basah pada bahan yang terbakar

C. memadamkan api dengan APAR saat api belum membesar

D. meniup api untuk memadamkannya karena nyala api masih kecil

E. memanggil mobil unit pertolongan bahaya kebakaran terdekat

10. Berikut yang bukan merupakan contoh perilaku ilmiah di laboratorium adalah…

A. Kenakan jas lab

B. Gunakan pelindung mata

C. Mencicipi bahan kimia di lab

D. Mengenakan sepatu tertutup

E. Menggunakan peralatan dengan hati- hati

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. C → Pembahasan:

Proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan dilakukan secara sistematis melalui metode ilmiah. Tahapan (langkah-langkah) metode ilmiah adalah:

  • Perumusan Masalah.
  • Ketika kita melakukan suatu penelitian, pertama yang harus kita lakukan adalah mengidentifikasi atau merumuskan persoalan, tahap ini disebut tahap observasi.
  • Mengajukan hipotesis: Berikutnya kita harus membuat hipotesis mengenai permasalahan itu. Di tahap ini, kita harus membuat prediksi apa yang akan terjadi bila hipotesis tersebut diuji.
  • Melakukan eksperimen: Tahap berikutnya adalah eksperimen (pencobaan atau pengujian) harus dilakukan untuk mengetahui apakah hipotesis yang kita buat di awal tadi benar.
  • Menarik kesimpulan.

2. C → Pembahasan:

Urutan metode ilmiah:

  • Menemukan Dan Merumuskan Masalah
  • Menyusun Kerangka Teori
  • Merumuskan Hipotesis
  • Penelitian(Eksperimen)
  • Mengolah Dan Menganalisis Data
  • Menarik Kesimpulan
  • Menarik Kesimpulan
  • Mempublikasikan Hasil(Menyusun Teori)

3. D → Pembahasan: Sebelum menggunakan alat dari bahan listrik kita harus periksa terlebih dahulu.

4. A → Pembahasan: Sudah jelas bahan yang paling bagus adalah merk pyrex.

5. B → Pembahasan: Semua zat tidak memiliki karakteristik yang sama oleh sebab itu diletakkan pada tempat yang berbeda beda contohnya Zat mudah terbakar, disimpan pada tempat yang cukup dingin, tujuannya mencegah penyalaan tidak sengaja pada waktu ada uap dari bahan bakar dan udara, lokasi penyimpanan jauh dari sumber api, tempat penyimpanan harus terpisah dari bahan oksidator kuat, bahan yang mudah panas dengan sendirinya atau bahan yang bereaksi dengan udara atau uap air yang lambat laun menjadi panas, di tempat penyimpanan tersedia alat-alat pemadam api dan mudah dicapai.

6. B → Pembahasan:

Sudah jelas bahwa peranan kimia didalam kesehatan adalah:

  • Untuk mengetahui komposisi kimia dari suatu obat-obatan.
  • Untuk mengetahui sifat-sifat zat kimia yang terkandung dalam obat
  • Untuk mendiagnosa penyakit
  • Untuk mengembangkan obat-obatan baru.
  • Tidak mungkin untuk membuat pestisida untuk menjaga kesehatan tanaman

7. B → Pembahasan: Semua zat tidak memiliki karakteristik yang sama oleh sebab itu diletakkan pada tempat yang berbeda beda contohnya Zat mudah terbakar, disimpan pada tempat yang cukup dingin, tujuannya mencegah penyalaan tidak sengaja pada waktu ada uap dari bahan bakar dan udara, lokasi penyimpanan jauh dari sumber api, tempat penyimpanan harus terpisah dari bahan oksidator kuat, bahan yang mudah panas dengan sendirinya atau bahan yang bereaksi dengan udara atau uap air yang lambat laun menjadi panas, di tempat penyimpanan tersedia alat-alat pemadam api dan mudah dicapai.

8. C Jika alat terbuat dari bahan gelas ataupun kaca dilarang meletakkan sembarangan agar aman.

9. D → Pembahasan:

Hal-hal yang harus dilakukan saat terjadi kebakaran di laboratorium.

Kebakaran kecil:

Tutup bagian yang terbakar dengan kain basah [opsi B benar]

Tutup bagian yang terbakar dengan pasir bila bahan yang terbakar mudah terbakar

Gunakan APAR atau Alat Pemadam Api Ringan [opsi C benar]

Hindari meniup dengan mulut atau mengipas dengan tangan [opsi D salah]

Hindari menyiram dengan air untuk kebakaran besar, gunakan alat pemadam kebakaranmatikan sumber arus listrik, kompor, dan lain-lain [opsi A benar]

Panggil mobil pemadam kebakaran [opsi E benar]

Jadi, tindakan yang salah dilakukan saat terjadi kebakaran di laboratorium adalah opsi (D).

10. C → Pembahasan: Didalam laboratorium kimia banyak zat berbahaya oleh sebab itu dilarang untuk mencicipi bahan.

Download Soal dan Jawaban Gratis

Jika menginginkan file soal, kami menyediakan untuk di unduh secara gratis, silahkan klik tombol unduh yang kami tampilkan di bawah ini, secara otomatis anda akan diarahkan ke halaman untuk mempersiapkan file (ikuti Petunjuknya)!

KLIK UNDUH SOAL DAN JAWABAN

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul kimia Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *