Soal Metode Ilmiah

soal metode ilmiah

Soal Metode Ilmiah – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Biologi Ujian Akhir Semester (UAS), soal Biologi Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal untuk siswa kelas 10, X SMA. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pembelajaran metode ilmiah.

Advertisements

Rangkuman Materi Metode Ilmiah

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Metode ilmiah meliputi kerja dan sikap ilmiah. Kerja ilmiah merupakan perangkat keterampilan kompleks yang digunakan dalam melakukan kegiatan penelitian.

Read More

Sikap ilmiah merupakan sikap yang harus dimiliki untuk memahami fenomena alam yang terjadi. Dalam memahami dan meneliti fenomena tersebut, dibutuhkan kecerdasan, ketelitian, ketekunan, dan kesabaran yang tinggi.

Laboratorium adalah suatu tempat dimana peserta didik, guru dan peneliti melakukan percobaan. Bekerja di laboratorium tak akan lepas dari kemungkinan bahaya dari berbagai jenis bahan kimia dan peralatan yang ada di dalamnya.

Karena itu diperlukan pemahaman dan kesadaran terhadap bahaya di laboratorium. Telah banyak terjadi kecelakaan ataupun menderita luka serta kerusakan fasilitas kerja yang sangat mahal. Semua kejadian ataupun kecelakaan di laboratorium sebenarnya dapat dihindari jika mereka selalu mengikuti prosedur kerja yang aman di laboratorium.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Sebelum melakukan penelitian ilmiah, peneliti harus mempersiapkan hal-hal berikut, kecuali…

A. Alat dan bahan

B. Metode penelitian

C. Laporan penelitian

D. Objek penelitian

E. Variable data yang akan diukur

2. Pada percobaan “Pengaruh zat pewangi pakaian terhadap kehidupan ikan”, digunakan ikan dengan jumlah dan berat ikan yang sama. Hal tersebut merupakan variable…

A. Terikat

B. Bebas

C. Control

D. Respon

E. Manipulasi

3. Berikut ini yang bukan merupakan kegiatan observasi adalah…

A. Melihat

B. Mendengar

C. Mengukur

D. Membaui

E. Meramalkan

4. Pada penulisan makalah terdapat bab yang membahas pengolahan data, yaitu bagian …

A. Abstrak

B. Pembahasan

C. Kerangkateori

D. Prakata

E. Metodologi penelitian

5. Beras merupakan makanan pokok yang dikonsumsi sebagian besar orang Indonesia. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa konsumen pada umumnya mencari dan membeli beras yang putih dan bersih. Hasil sudah petugas BPOM menemukan beras yang mengandung zat pengawet, seperti formalin, boraks, dan zat pemutih seperti klorin. Hal ini tentu sangat merugikan konsumen dari segi kesehatan dan kualitas beras. Manakan langkah metode ilmiah yang dapat dilakukan konsumen untuk mengetahui kandungan zat pemutih pada beras?

A. Mengumpulkan sejumlah fakta dari berbagai sumber terpercaya, tentang bahayanya mengonsumsi beras yang mengandung zat pemutih.

B. Melakukan eksperimen dengan menggunakan mesin penggiling untuk mengetahui kandungan zat pemutih pada beras.

C. Membuat hipotesis tentang pengaruh penggunaan zat pemutih, seperti klorin dalam beras yang dapat membahayakan tubuh manusia.

D. Malakukan eksperimen untuk membuktikan kandungan zat pemutih pada beras dengan menggunakan iodine.

E. Menyediakan alat pendeteksi untuk membuktikan adanya kandungan zat pemutih pada beras di rumah masing – masing.

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. C. Laporan penelitian → Pembahasan: laporan peneltian dilakukan setelah melakukan penelitian. Sedangkan pertanyaannya yag dipersiapkan sebelum penelitian.

2. A. Variabel terikat → Pembahasan: Ikan adalah variabel yang mengalami perlakuan (di observasi) atau yang diamati perubahannya karena sejumlah perlakuan.

3. E. Meramalkan → Pembahasan: Metode ilmiah adalah langkah-langkah berfikir ilmiah tidak ada meramalkan, yang ada hipotesa atau dugaan sementara.

4. B. Pembahasan → Pembahasan: Hasil observasi atau pengamatan akan diolah pada bagian pembahasan.

5. E. Menyediakan alat pendeteksi untuk membuktikan adanya kandungan zat pemutih pada beras di rumah masing-masing → Pembahasan:

Langkah-langkah metode ilmiah:

  1. Observasi (identifikasi masalah)
  2. Rumusan masalah
  3. Hipotesis (dugaan sementara)
  4. Eksperimen
  5. Hasil (Analisis Data)
  6. Kesimpulan

Hasil akhir dari kesimpulan diharapkan dapat menghasilkan sebuah produk untuk permasalahan yang sedang diteliti.

Jadi, langkah metode ilmiah yang dapat dilakukan konsumen untuk mengetahui kandungan zat pemutih pada beras Menyediakan alat pendeteksi untuk membuktikan adanya kandungan zat pemutih pada beras di rumah masing – masing.

Alat pendeteksi ini lah yang disebut produk dari hasil melalui semua langkah metode ilmiah yang diberikan di atas.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Biologi Kelas X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *