Soal Motivasi

soal motivasi

Soal Motivasi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi motivasi.

Soal dan Kunci Jawaban Motivasi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Ditinjau dari segi lingkungan(faktor), terdapat faktor-faktor yang menyebabkan seseorang termotivasi yaitu fakltor intrinsik dan faktor ekstrinsik.

Bacaan Lainnya

Faktor intirnsik berasal dalam diri seseorang berupa sikap, harapan, cita-cita dan disposisi kebutuhan yang berkembang. Sedangkan faktor eksternal adalah desakan dari luar yang menyebabkan seseorang termotivasi.

Needs merupakan kebutuhan-kebutuhan yang terdapat dalam diri seseorang yang harus dipenuhi; ketika kebutuhan tersebut muncul maka fenomenanya tampak pada dorongan (drive) yang menyebabkan seseorang melakukan suatu tindakan; akibat dari tindakan tersebut maka tujuan yakni memuaskan kebutuhan terpenuhi.

Dari uraian di atas maka motivasi merupakan upaya individu dalam memenuhi kebutuhannya, selama kebutuhan tersebut belum terpenuhi maka “dorongan” untuk melakukan sesuatu terus dilakukan.

Beberapa faktor di bawah ini sedikit banyak memberikan penjelasan mengapa terjadi perbedaaan motivasi belajar pada diri masing-masing orang, diantaranya: Perbedaan fisiologis (physiological needs), seperti rasa lapar, haus, dan hasrat seksual; Perbedaan rasa aman (safety needs), baik secara mental, fisik, dan intelektual; Perbedaan kasih sayang atau afeksi (love needs) yang diterimanya; Perbedaan harga diri (self esteem needs).

BACA JUGA:  Soal Cara Penggunaan Alat Pap Smear

Contohnya prestise memiliki mobil atau rumah mewah, jabatan, dan lain-lain; Perbedaan aktualisasi diri (self actualization), tersedianya kesempatan bagi seseorang untuk mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya sehingga berubah menjadi kemampuan nyata.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Faktor-faktor intrinsik yang menyebabkan seseorang termotivasi yaitu ….

A. sikap, harapan, cita-cita dan kebutuhan yang berkembang

B. desakan dari luar

C. kebutuhan-kebutuhan yang terdapat dalam diri seseorang

D. dorongan yang menyebabkan seseorang melakukan suatu tindakan

2) Sebab terjadi perbedaaan motivasi pada diri masing-masing orang yaitu ….

A. ada perbedaan fisiologis, rasa aman, kasih sayang, harga diri, dan aktualisasi dirinya.

B. masing-masing orang berbeda karakternya

C. ada perpedaan kebutuhan

D. berbeda mental dan intelektualnya.

3) Kebutuhan yang diinginkan seseorang itu berjenjang, artinya bila kebutuhan yang pertama telah terpenuhi, maka kebutuhan tingkat kedua akan menjadi yang utama, mengkaitkannya dengan faktor lingkungan merupakan pendapat dari ….

BACA JUGA:  Soal Kebutuhan Asuh (Fisik Biomedis)

A. McClelland

B. Maslow

C. Simon

D. Herzberg

4) Faktor-faktor yang menyebabkan kepuasan dalam bekerja dinamakan “faktor motivasi”. Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan ketidakpuasan dalam bekerja disebut “faktor hygiene” ini adalah pendapat dari ….

A. McClelland

B. Maslow

C. Simon

D. Herzberg

5) Produktivitas sangat dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari individu dan faktor dari luar individu. Faktor yang berasal dari individu meliputi ….

A. pendidikan dan pelatihan, motivasi dan kepuasan kerja, komitmen, dan etos kerja

B. tingkat penghasilan, komitmen dan fasilitas yang tersedia

C. kepemimpinan, etos kerja dan hubungan antar pekerja

D. iklim kerja, motivasi dan keluarga

Kunci Jawaban

1) A

2) A

3) B

4) D

5) A

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Sanitasi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.