Soal Penerapan Bioteknologi

soal penerapan bioteknologi

Soal Penerapan Bioteknologi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul Biologi Kelas XII KD 3.10 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Biologi Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi penerapan bioteknologi.

Rangkuman Materi Penerapan Bioteknologi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Dalam bidang pangan, bioteknologi konvensional telah banyak menghasilkan produk yang sudah sering dikonsumsi oleh manusia, diantaranya tempe, kecap, tapai, roti, yoghurt, keju, mentega, minuman beralkohol, sayuran fermentasi (acar), nata de coco. Bioteknologi modern dalam pangan misalnya berupa PST (protein sel tunggal) dan mikroprotein.

Bacaan Lainnya

Pembuatan antibody monokonal menggunakan prinsip fusi protoplasma, yaitu dengan cara menggabungkan dua sel dari jaringan yang sama atau dua sel dari organisme yang berbeda dalam suatu medan listrik. Fusi tersebut menghasilkan sel-sel yang dapat menghasilkan antibodi sekaligus memperbanyak diri secara terus –menerus seperti sel kanker yang dinamakan antibodi monoklonal.

Aplikasi bioteknologi di bidang lingkungan digunakan untuk menanganipencemaran lingkungan. Misalnya pada proses pemurnian logam, bahan tambang pada umumnya masih terikat dengan bijihnya (kotoran), untuk itu dibutuhkan bahan kimia untuk memurnikannya. Bahan-bahan kimia tersebut banyak yang dibuang sebagai limbah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan bakteri Thiobacillus ferrooxidans. Bakteri ini mampu mengoksidasi belerang yang mengikat logam sehingga pencemaran lingkungan akibat limbah penambangan dapat dikurangi.

Bioteknologi juga diterapkan untuk mengatasi pencemaran akibat tumpahan minyak di laut. Tumpahan minyak tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan bakteri Pseudomonas putida. Bakteri tersebut mampu menguraikan ikatan hidrokarbon pada minyak bumi.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Kloning merupakan teknologi yang digunakan untuk menghasilkan individu yang secara genetik identik dengan induknya. Teknologi ini apabila diterapkan pada berbagai jenis hewan dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan dampak negatif yaitu….

A. akan terjadi isolasi reproduksi antar spesies

B. menghasilkan individu berumur pendek

C. akan terjadi kepunahan secara missal

D. menurunkan jumlah anggota populasi

E. menurunkan keanekaragaman hayati

2. Streptomisin merupakan salah satu jenis antibiotik yang dihasilkan oleh bakteri Streptomyces griseus. Antibiotic tersebut dimanfaatkan manusia untuk….

A. menghambat pertumbuhan mikroorganisme pathogen

B. meningkatkan kekebalan tubuh

C. melarutkan darah beku

D. mengurangi rasa sakit

E. menurunkan demam

3. Bunga anyelir transgenik tahan terhadap kelayuan karena….

A. telah disisipi gen yang mengode poduksi etilen

B. telah direkayasa agar tidak menghasilkan sitokinin

C. telah disisipi gen laktoferin sehingga tidak mudah busuk

D. telah disisipi gen yang kurang sensitive terhadap etilen

E. disilangkan dengan anyelir transgenic yang mampu bertahan segar dalam waktu lama

4. Bioteknologi tidak selalu aman bagi lingkungan. Tanaman transgenic dikhawatirkan menimbulkan ancaman terhadap lingkungan berupa….

A. tanah menjadi tandus akibat pemakaian pupuk kimia

B. timbulnya wabah penyakit baru yang sulit diobati

C. bakteri dan jamur pembusuk meningkat jumlahnya

D. membutuhkan banyak pestisida untuk membunuh hama

E. terjadinya pencemaran gen apabila menyerbuki tanaman sejenis

5. Bakteri Pseudomonas putida mampu mendegradasi tumpahan minyak bumi di laut dengan cara….

BACA JUGA:  Soal Otot Manusia

A. memutus ikatan karbon

B. memutus ikatan aldehid

C. memfermentasi minyak bumi menjadi polyester

D. mereaksikan asam sulfat dengan minyak bumi

E. mendegradasi minyak bumi menjadi gas metana

Kunci Jawaban dan Pembahasan
  1. B → Pembahasan: Berkurangnya keaneka ragaman suatu spesies, karena individu yang dihasilkan dari proses pengkloningan sama persis dengan DNA maupun sifat dan fisik induknya. Individu hasil kloning sel-selnya diperoleh dari induknya. Ini berarti umur sel-sel hasil kloning pun sama dengan umur sel-sel induknya. Oleh karena itu, individu hasil kloning pun akan memiliki umur sama dengan induknya.
  2. A → Pembahasan: Streptomycin adalah obat golongan antibiotik aminoglikosida yang berfungsi untuk mengatasi sejumlah infeksi bakteri, salah satunya tuberkulosis. Obat ini bekerja dengan membunuh atau mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.
  3. A → Pembahasan: Bunga anyelir hasil dari tranformasi genetika akan menyebabkan bunga memproduksi etiles sihingga bunga tahan terhadap kelayuan lebih lama.
  4. E → Pembahasan: Dampak negatif tanaman rekayasa genetika bagi lingkungan yang sangat merusak yakni hilangnya keanekaragaman hayati. Ini dapat terjadi salah satunya melalui polusi gen. Tanaman transgenik dikhawatirkan dapat mengancam pertumbuhan varietas asli tanaman dengan menyebarkan serbuk sarinya sehingga terjadi persilangan atau pertukaran gen dengan tanaman asli yang mengakibatkan tanaman berubah menjadi tanaman transgenik seluruhnya atau dengan kata lain terjadi penularan sifat ermutasinya pada tanaman non transgenik.
  5. E → Pembahasan: Kemampuan bakteri Pseudomonas sp. dalam mendegradasi hidrokarbon dan dalam menghasilkan biosurfaktan menunjukkan bahwa isolat bakteri Pseudomonas sp berpotensi untuk digunakan dalam upaya bioremediasi lingkungan akibat pencemaran hidrokarbon.

Soal Uraian

  1. Tuliskan penerapan Bioteknologi bidang pangan!
  2. Tuliskan keunggulan Mikroorganisme penghasil PST!
  3. Tuliskan penerapan Bioteknologi bidang pertanian!
  4. Tuliskan dampak Biotehnologi bagi Plasma nutfah!
  5. Tuliskan dampak Biotehnologi bagi Lingkungan!
Jawaban Uraian

1. → Pembahasan: Dalam bidang pangan, bioteknologi konvensional telah banyak menghasilkan produk yang sudah sering dikonsumsi oleh manusia, diantaranya tempe, kecap, tapai, roti, yoghurt, keju, mentega, minuman beralkohol, sayuran fermentasi (acar) , nata de coco.

2. → Pembahasan: Mempunyai kemampuan berkembang biak relatif cepat, Mempunyai kandungan protein lebih tinggi dari protein hewan/tumbuhan, Dapat menggunakan substrat limbah sebagai media kultur.

3. → Pembahasan: Tananman padi transgeni, kapas trangenik, produksi bungan tanpa layu, tembakau resisten terhadap viru, buah jarang busuk. Tanaman kapas ini diperoleh dengan memasukkan gen delta endotoksin Bacillus thuringiensis ke tanaman kapas melalui teknik DNA rekombinan. Tanaman tersebut akan memproduksi protein delta endotoksin yang akan berekasi dengan enzim yang diproduksi lambung serangga, sehingga enzim ttersebut akan berubah menjadi racun. Jika serangga memakan tanaman tersebut maka akan mengalami keracunan hingga mati.

4. → Pembahasan: Menjadikan tanaman bersifat monokultur, serangga yang berfungsi untuk penyerbukan akan mati, degradasi tanaman yang bersifat lokal.

5. → Pembahasan: Aplikasi bioteknologi di bidang lingkungan digunakan untuk menangani pencemaran lingkungan. Misalnya pada proses pemurnian logam, bahan tambang pada umumnya masih terikat dengan bijihnya (kotoran), untuk itu dibutuhkan bahan kimia untuk memurnikannya. Bahan-bahan kimia tersebut banyak yang dibuang sebagai limbah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan bakteri Thiobacillus ferrooxidans. Bakteri ini mampu mengoksidasi belerang yang mengikat logam sehingga pencemaran lingkungan akibat limbah penambangan dapat dikurangi.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Biologi Kelas 12, XII SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.