Soal Penerapan Komunikasi Pasien Kebutuhan Khusus

soal penerapan komunikasi pasien kebutuhan khusus

Soal Penerapan Komunikasi Pasien Kebutuhan Khusus – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan keperawatan dan profesi ners, yuk simak kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi penerapan komunikasi pada pasien dengan kebutuhan khusus.

Soal dan Kunci Jawaban Penerapan Komunikasi pada Pasien dengan Kebutuhan Khusus

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Kebutuhan khusus adalah suatu kondisi yang memerlukan pemahaman dan perlakuan secara khusus pada pasien/anak yang mempunyai keterbatasan atau kelainan tertentu.

Bacaan Lainnya

Secara umum, ada 4 macam bentuk gangguan komunikasi, yaitu gangguan bahasa, gangguan bicara, gangguan suara, dan gangguan irama.

Gangguan bahasa merupakan salah satu jenis kelainan atau gangguan dalam komunikasi dengan indikasi klien mengalami kesulitan atau kehilangan dalam proses simbolisasi yang mengakibatkan seseorang tidak mampu memberikan simbol yang diterima dan sebaliknya tidak mampu mengubah konsep pengertiannya menjadi simbol-simbol yang dapat dimengerti oleh orang lain.

Afasia adalah salah satu jenis kelainan bahasa yang disebabkan adanya kerusakan pada pusat-pusat bahasa di cortex cerebri.

Secara klinis, afasia dibedakan menjadi afasia sensoris, afasia motoris, afasia konduktif, dan afasia amnestik.

Gangguan bicara: perkembangan bahasa tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan bicara. Perkembangan bahasa seseorang akan mempengaruhi perkembangan bicara.

Kelainan bicara merupakan salah satu jenis kelainan atau gangguan perilaku komunikasi yang ditandai dengan adanya kesalahan proses produksi bunyi bicara.

Kelainan proses produksi menyebabkan kesalahan artikulasi baik dalam titik artikulasinya maupun cara pengucapannya, akibatnya terjadi kesalahan seperti penggantian/substitusi atau penghilangan. Secara klinis, kelainan bicara dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu disaudia, dislogia, disartria, displosia, dan dislalia.

Gangguan suara, yaitu salah satu jenis gangguan komunikasi yang disebabkan karena adanya gangguan pada proses produksi suara, meliputi gangguan nada, kelainan kualitas suara, dan afonia.

Gangguan irama, yaitu gangguan bicara dengan ditandai adanya ketidaklancaran pada saat berbicara, antara lain gagap dan gangguan kelancaran bicara.

Gangguan perilaku (hiperaktif) adalah gangguan yang karakteristiknya berfokus pada ketidakadaan perhatian/gangguan pemusatan perhatian dan komunikasi. Klien selalu bergerak dan tidak bisa diam.

Gangguan dalam komunikasi verbal ataupun nonverbal pada anak hiperaktif meliputi ketidakmampuan berbahasa menggunakan kata-kata tidak dimengerti orang lain, menggunakan bahasa tubuh, dan hanya dapat berkomunikasi dalam waktu singkat.

BACA JUGA:  Soal Sejarah Perkembangan dan Konsep Dasar Sosiologi

Perlu selektif dalam memilih teknik karena ada hal-hal yang tidak disenangi anak. Komunikasi bisa dilakukan secara verbal ataupun nonverbal. Pada prinsipnya, komunikasi yang dilakukan bertujuan untuk mempertahankan kenyamanan dan keselamatan klien serta menjaga interaksi dan memperbaiki kerusakan komunikasi.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Berikut ini yang BUKAN merupakan karakteristik anak dengan kebutuhan khusus adalah …

A. tidak dapat mengikuti petunjuk sederhana

B. mengucapkan kata yang diulang-ulang

C. gangguan jiwa psikotik

D. perilaku hiperaktif

2) Saat interaksi dengan anak dengan hiperaktif perawat berkata, “Bagaimana perasaanmu saat ini?”, “Saya lihat kamu gelisah, ayo duduk di sini.

Fase komunikasi yang sedang terjadi pada kasus di atas adalah …

A. fase pendahuluan

B. fase prainteraksi

C. fase kerja

D. fase orientasi

3) Berikut komunikasi yang sedang terjadi antara perawat dan pasien dengan kebutuhan khusus.

Perawat : Apa minuman yang kamu sukai?

Pasien : . . . opi.

Perawat : Ko-pi (mendekatkan wajah, menggunakan bahasa tubuh sambil menunjuk ke minuman kopi).

Respons nonverbal yang digunakan perawat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi pasien adalah …

A. bertanya

B. mengulang

C. ko-pi

D. menunjuk kopi

4) Gangguan bicara pada anak dengan kebutuhan khusus, yaitu mereka menunjukkan ketidakmampuan berpikir dengan taraf kecerdasan di bawah normal disebut dengan …

A. dislogia

B. disartria

C. disaudia

D. disglosia

5) Seorang anak diantar ke poli jiwa oleh ibunya karena tidak pernah bisa duduk diam, selalu mondar-mandir, dan naik-naik ke kursi sambil menyanyi yang sulit didengarkan.

Perawat datang dan menghampiri pasien, “Hallo, apa kabar? Ayo, kita ngobrol tentang perilaku kita?

Fase komunikasi/interaksi yang sedang terjadi dalam komunikasi tersebut adalah…

A. fase kontrak

B. fase praorientasi

C. fase orientasi

D. fase kerja

Kunci Jawaban

1) C

2) D

3) C

4) A

5) C

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan keperawatan yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar sobat agar mendapatkan IPK yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.