Soal Permintaan, Penawaran, Pasar dan harga

soal permintaan, penawaran, pasar dan harga

Soal Permintaan, penawaran, pasar dan harga – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal IPS kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang Permintaan, penawaran, pasar dan harga.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

Rangkuman Materi Permintaan, penawaran, pasar dan harga

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia melakukan kegiatan ekonomi. Pasar merupakan sebuah tempat dimana kegiatan ekonomi sering dilakukan.

Interaksi antara pembeli dan penjual merupakan bagian dari usaha memenuhi kebutuhan hidup. Permintaan dan penawaran serta harga barang atau jasa terjadi dan tentu saja mempengaruhi kehidupan perekonomian masyarakat dan dipengaruhi oleh keadaan masyarakat.

Permintaan ialah jumlah barang yang diminta atau hendak dibeli oleh konsumen, penawaran ialah jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen untuk dibeli konsumen.

Pada pasar tradisional dapat terjadi tawar-menawar harga sehingga terjadi kesepakatan harga yang disebut dengan harga keseimbangan. Dewasa ini banyak sekali macam-macam pasar, yang secara umum terbagi menjadi pasar modern dan pasar tradisional.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban dari uraian berikut yang paling benar!

1. Jelaskan pengertian permintaan!

2. Jelaskan pengertian penawaran!

3. Jelaskan pengertian pasar!

4. Jelaskan pengertian harga!

5. Dari manakah suatu harga harga keseimbangan diperoleh?

Jawaban dan Pembahasan

1.→ Pembahasan: Permintaan ialah jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat dengan berbagai tingkat harga tertentu.

2.→ Pembahasan: Penawaran ialah kesediaan penjual untuk menjual berbagai barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu.

3.→ Pembahasan: Pasar ialah sarana bertemunya penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan jual beli atau proses terjadinya interaksi antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah barang atau jasa yang diperjualbelikan.

4.→ Pembahasan: Harga ialah nilai tukar suatu barang yang dinyatakan dengan uang.

5.→ Pembahasan: Harga keseimbangan didapat dari kegiatan tawar-menawar yang terjadi di pasar, yaitu adanya keseimbangan antara jumlah barang yang ditawarkan dan jumlah barang yang diminta.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7, VII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

REKOMENDASI UNTUK ANDA