Soal Perubahan Ruang Dan Interaksi Antarruang Akibat Faktor Alam

soal perubahan ruang dan interaksi antarruang akibat faktor alam

Soal Perubahan Ruang Dan Interaksi Antarruang Akibat Faktor Alam – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 8, VIII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang perubahan ruang dan interaksi antarruang akibat faktor alam.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Semester Gasal Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

Rangkuman Materi Perubahan Ruang Dan Interaksi Antarruang Akibat Faktor Alam

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Bangsa-bangsa ASEAN memiliki kesamaan dan perbedaan dalam aspek iklim dan geologi. Secara mayoritas iklim di negara-negara ASEAN adalah tropis yang kaya akan hujan.

Kondisi ini berpengaruh terhadap mata pencaharian masyarakat ASEAN. Secara geologis wilayah ASEAN memiliki kekayaan dalam hal sumber daya alam seperti panas bumi dan hasil tambang.

Di sisi lain bangsa-bangsa ASEAN sangat dekat dengan berbagai bencana alam. Beberapa kesamaan dan saling ketergantungan tersebut justru menumbuhkan sikap saling kerja sama bangsa-bangsa ASEAN. Hal ini membuktikan bahwa negara-negara ASEAN sama-sama membutuhkan untuk membangun kesejahteraan rakyat.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban dari uraian berikut yang paling benar!

1. Sebutkan kesamaan factor iklim negara-negara ASEAN

BACA JUGA:  Soal Tata Hukum Republik Indonesia

2. Bagaimana dampak atau pengaruh kesamaan kondisi alam bagi masyarakat di negara-negara ASEAN!

3. Bagaimana dampak bencana alam bagi interaksi negara-negara ASEAN?

4. Mengapa Singapura negara kecil dan tidak memiliki kekayaan tambang tetapi mampu menjadi negara maju?

5. Bagaimana pengaruh kesamaan faktor geologis terhadap interaksi negara-negara ASEAN?

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

  • Kesamaan faktor iklim : Sebagian besar ASEAN ada di wilayah tropis, kaya curah hujan, panas matahari sepanjang tahun.
  • Kesamaan faktor geologi : mayoritas memiliki lahan pertanian perkebunan, dan bahan tambang.

2. → Pembahasan:

Kesamaan factor alam menyebabkan Sebagian bangsa-bangsa ASEAN memiliki penduduk yang bermata pencaharian sama di bidang pertanian, perkebunan, perairan, ekspor tambang.

Terjadi pula saling ketergantungan karena masing-masing negara memiliki surplus yang dibutuhkan negara lain. Singapura merupakan contoh negara yang sangat tergantung negara lain.

3. → Pembahasan: Bencana alam yang terjadi di ASEAN menimbulkan dampak tidak hanya dalam satu negara. Misalnya gempa bumi, kebakaran hutan, badai angin. Karena itu perlu kerjasama untuk menanggulangi dan mengatasi bencana tersebut.

4. → Pembahasan: Singapura tidak memiliki kekayaan tambang tetapi mampu menjadi negara maju karena sumber daya manusia yang sangat kuat. Selain itu Singapura memiliki tempat strategis dalam perekonomian dunia.

5. → Pembahasan: Faktor geologis berpengaruh terhadap interaksi negara-negara ASEAN yaitu letak geologis (tempat pertemuan dua lempeng besar), gunung berapi, yang berpengaruh pada berbagai aspek.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8, VIII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.