Soal Pewarnaan Pada Gigi

soal pewarnaan pada gigi

Soal Pewarnaan Pada Gigi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, soal UTS mahasiswa D3, D4 jurusan keperawatan gigi, terapi gigi dan mulut atau yang berkaitan dengan Kesehatan gigi dan mulut. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pewarnaan pada gigi.

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Pewarnaan Pada Gigi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Stain (pewarnaan pada gigi) adalah deposit berpigmen pada permukaan gigi. Stain merupakan masalah estetik dan tidak menyebabkan peradangan pada gingiva. Gangguan yang diakibatkan oleh stain terutama adalah masalah estetik.

Read More

Endapan stain yang menebal dapat membuat kasar permukaan gigi yang selanjutnya akan menyebabkan penumpukan plak sehingga mengiritasi gusi di dekatnya.

Stain berdasarkan lokasi dibagi atas; stain ekstrinsik yaitu terjadi pada permukaan luar gigi dan dapat dihilangkan dengan prosedur menyikat gigi, skaling dan/atau poles; dan stain intrinsik yaitu terjadi di dalam subtansi gigi dan tidak dapat dihilangkan dengan teknik skaling maupun poles.

Sedangkan stain berdasarkan sumbernya dibagi atas; stain eksogen berkembang atau berasal dari sumber-sumber di luar gigi, stain eksogen dapat berupa ekstrinsik dan berada pada permukaan luar gigi atau intrinsik dan menyatu dengan struktur gigi; dan stain endogen yaitu berkembang atau berasal dari gigi dan selalu bersifat intrinsik dan biasanya mewarnai dentin yang terefleksi pada email.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

Seorang petani berusia 45 tahun mempunyai kebiasaan merokok. Setelah diperiksa gigi geliginya terdapat kotoran berwarna kehitaman yang disebabkan oleh bakteri kromogenik. Hal yang sama juga terjadi pada anak sulungnya berusia 23 tahun yang juga mempunyai kebiasaan merokok, terdapat kotoran berwarna kehitaman pada giginya, tetapi setelah dilakukan pemeriksaan tidak terdapat bakteri kromogenik pada rongga mulutnya. (Untuk soal nomor 1 sampai 3)

1) Pewarnaan yang terjadi pada petani tersebut adalah ….

A. Yellow stain

B. Brown stain

C. Black stain

D. Tobacco stain

E. Metalic stain

2) Sedangkan pewarnaan yang terjadi pada anak sulung petani tersebut adalah ….

A. Yellow stain

B. Brown stain

C. Black stain

D. Tobacco stain

E. Metalic stain

3) Berdasarkan lokasinya stain pada kedua kasus di atas termasuk ….

A. Stain ekstrinsik

B. Stain intrinsik

C. Stain eksogen

D. Stain endogen

E. Stain internal

Seorang pasien berusia 39 tahun telah melakukan perawatan penambalan gigi menggunakan amalgam saat usianya 30 tahun. Saat dilakukan pemeriksaan, tambalan terlihat baik namun pasien mengeluhkan terjadi perubahan warna pada gigi yang ditambal tersebut. (Untuk soal nomor 4 dan 5) 

4) Berdasarkan kasus di atas, pewarnaan pada gigi pasien yang ditambal adalah berwarna ….

A. Abu-abu

B. Hitam

C. Coklat

D. Abu-abu kehitaman

E. Coklat kehitaman

5) Berdasarkan lokasinya stain pada kedua kasus di atas termasuk dalam ….

A. Stain ekstrinsik

B. Stain intrinsik

C. Stain eksogen

D. Stain endogen

E. Stain eksternal

Kunci Jawaban

1) C

2) D

3) A

4) D

5) B

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4 jurusan keperawatan gigi, terapi gigi dan mulut atau yang berkaitan dengan Kesehatan gigi dan mulut yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gigi Hebat!

5/5 – (2 votes)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *