Soal Rotasi dan Revolusi Bumi

soal rotasi dan revolusi bumi

Soal Rotasi dan Revolusi Bumi – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal geografi kelas 10, X KD 3.4 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang rotasi dan revolusi bumi.

Rangkuman Materi Rotasi dan Revolusi Bumi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Rotasi adalah perputaran bumi pada porosnya, yang mengakibatkan pergantian siang dan malam, perbeedaan waktu di wilayah di muka bumi, gerak semu harian bintang, dan perbedaan gravitasi di permukaan bumi.

Bacaan Lainnya

Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi terjadi karean adanya gaya tarik menarik antara gaya gravitasi matahari dengan gaya gravitasi bumi.

Dampak revolusi bumi terhadap kehidupan adalah perbedaan lama siang dan malam, pergantian musim, gerak semu tahunan matahari, penanggalan masehi dan perubahan kenampakan rasi bintang.

Soal Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Setelah kalian mempelajari tentang rotasi dan revolusi bumi, sekarang coba kalian kerjakan soal berikut secara mandiri dan percaya diri!

  1. Apa perbedaan rotasi bumi dengan revolusi bumi?
  2. Mengapa rotasi bumi dapat mengakibatkan perbedaan arah angin?
  3. Salah satu dampak rotasi adalah perbedaan waktu di setiap wilayah. Jelaskan perbedaan dan zona waktu di Indonesia!
  4. Mengapa revolusi bumi mengakibatkan perbedaan musim?
  5. Sebutkan 2 contoh pengaruh pergantian musim bagi kehidupan!
BACA JUGA:  Soal Faktor Persebaran Flora dan Fauna di Dunia

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Rotasi dan revolusi merupakan sama-sama perputaran bumi, perbedaannya adalah rotasi perputaran bumi pada poros atau sumbu bumi sedangkan revolusi perputaran bumi mengelilingi matahari, jangkauan waktu rotasi lebih sebentar dibandingkan jangkauan waktu revolusi.

2. → Pembahasan: Karena sumbu bumi membentuk sudut 23,5O akhirnya menyebabkan arah perputaran bumi tidak tegak lurus terhadap matahari, hal ini berpengaruh pada gerak angin yang disebut efek coriolis dimana pada belahan bumi selatan berlawanan dengan jarum jam sedangkan di belahan bumi utara searah dengan jarum jam.

3. → Pembahasan:

Perbedaan waktu di Indonesia:

  • Waktu Indonesia bagian Barat ini salah satu pembagian waktu di Indonesia yang ada digaris 1-5 derajat bujur timur. Pemberdaaan waktu dengan wilayah zona bagian tengah selama satu jam. Dengan wilayah di bagian timur, perbedaan waktunya itu dua jam.
  • WITA berada pada garis 120O BT. Pembagian waktu di wilayah ini sangat berbeda dengan pulau lainnya. Jika di wilayh lain pukul 10.00 WITA, di wilayah bagian barat pukul 09.00 WIB dan dibagian timur pukul 11.000 WIT.
  • Wilayah bagian Indonesia timur itu berada di garis sepanjang 135 derajat bujur timur Perbedaan waktu memilik selisih dua jam untuk wilayah barat, sedangkan dengan wilayah tengah selesihnya satu jam.
BACA JUGA:  Soal Laporan Penelitian Geografi

4. → Pembahasan: Pada saat bumi berevolusi, sumbu bumi tidak tegak lurus terhadap bidang ekliptika, tetapi condong ke 66,5°, hal ini mengakibatkan posisi bumi terhadap matahari mengalami perbedaan. Pada 23 September sampai dengan 21 Maretkedudukan matahari berada di belahan bumi selatan dan kedudukan bumi posisinya lebih dekat ke matahari. Sehingga menyebabkan di belahan bumi bagian selatan mengalami musim panas dan siang hari lebih lama daripada malam hari. Sedangkan, pada tanggal yang sama di belahan bumi bagian utara, seolah-olah berada pada posisi jauh dari matahari sehingga dengan sendirinya di utara mengalami musim dingin dan malam hari lebih panjang daripada siang hari.

5. → Pembahasan:

Contoh pengaruh pergantian musim:

  • Membantu aktivitas petani dalam menentukan masa tanam.
  • Mempengaruhi budaya berpakaian dan arsitek rumah.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Modul Geografi Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.