Soal Saluran Mobilitas Sosial

soal saluran mobilitas sosial

Soal Saluran Mobilitas Sosial – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 8, VIII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang saluran mobilitas sosial.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat cocok dijadikan bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

* (Di akhir pos ada kunci jawabannya yah).

Bacaan Lainnya

Rangkuman Materi Saluran Mobilitas Sosial

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Perpindahan status seseorang sebagai akibat dari mobilitas sosial bisa berupa peningkatan atau pun penurunan.

Mobilitas sosial hanya bisa terjadi pada masyarakat terbuka. Mobilitas mempunyai sejumlah saluran yang berfungsi sebagai sarana untuk melakukan mobilitas.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Sebutkan saluran-saluran mobilitas sosial!

2. Jelaskan pengaruh saluran perkawinan terhadap kehidupan?

3. Jelaskan dampak positif mobilitas sosial terhadap kehidupan

4. Jelaskan dampak negatif mobilitas sosial terhadap kehidupan

5. Analisis mengapa dampak negatif mobilitas sosial berpengaruh terhadap psikologis seseorang?

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

Saluran-saluran mobilitas sosial angkatan bersenjata:

  • Lembaga-lembaga keagamaan
  • Organisasi politik
  • Pendidikan
  • Organisasi ekonomi
  • Organisasi keahlian
  • Perkawinan
  • Organisasi keolahragaan

2. → Pembahasan:

Pengaruh saluran perkawinan terhadap kehidupan:

Perkawinan karena melihat harrta seseorang. Hal ini sangat berkaitan dengan mobilitas sosial pada seseorang. Orang yang menikahi pria atau wanita yang kaya dianggap akan mengubah statusnya mejadi lebih tinggi lagi. Sehingga melalaui perkawinan, mobilitas sosial vertikal naik sering terjadi meski terkadang juga tejadi mobilitas sosial turun karena sesorang yang menikah dengan orang yang berasal dari lapisan sosial di bawahnya.

3. → Pembahasan:

Dampak positif mobilitas sosial terhadap kehidupan:

  • Dengan adanya penyesuaian diri terhadap lingkungan baru atau kelompok baru, hal ini dapat menjadikan suatu tempat untuk belajar berkomunikasi yang lebih baik lagi kepada seseorang dari penyesuaian yang dilakukan.
  • Kesempatan yang didapatkan ketika melakukan mobilitas sosial dapat mendorong seseorang untuk lebih bekerja keras dan bersaing pada lingkungannya yang baru atau motivasi untuk lebih maju.
  • Masyarakat akan lebih terarah kepada hal yang lebih baik karena mobilitas sosial akan mempercepat tingkat perubahan sosial.

4. → Pembahasan:

Dampak negatif mobilitas sosial terhadap kehidupan:

  • Berkurangnya solidaritas kelompok, jika seseorang melakukan mobilitas sosial ia akan cenderung jauh dari kelompok yang sebelumnya menjadi lingkungannya.
  • Seseorang yang melakukan mobilitas sosial akan mengalami gangguan psikologis jika ia tidak bisa menyesuaikan diri dengan kondisi yang baru ia alami seperti halnya turun jabatan.
  • Terjadinya konflik antar kelas sosial yang dialami pada seseornag yang melakukan mobilitas sosial seperti perbedaan kepentingan hal ini akan memicu terjadinya suatu konflik.

5. → Pembahasan:

Dampak negatif mobilitas sosial berpengaruh terhadap psikologis:

Seseorang yang memiliki jabatan kadang khawatir kehilangan jabatan. Bahkan pada saat jabatan yang dimiliki sudah lepas, kadang ia tidak rela melepaskan jabatan tersebut. Banyak orang yang setelah kehilangan jabatan, baik karena diganti maupun karena sudah selesai masa tugasnya (pensiun), menjadi mudah gelisah. Individu yang mengalami keadaan seperti ini termasuk mengalami gangguan psikologis.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8, VIII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.