Soal Sarana Fisik dan Tata Letak Dapur PMI

Soal Sarana Fisik dan Tata Letak Dapur PMI

Soal Sarana Fisik dan Tata Letak Dapur PMI – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi Sarana Fisik dan Tata Letak Dapur PMI.

Soal dan Kunci Jawaban Sarana Fisik dan Tata Letak Dapur PMI

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Dapur sebagai pusat atau jantung dari penyelenggaraan makanan institusi dan merupakan sarana untuk sub sistem produksi yang berfungsi memproduksi/mengolah makanan dan minuman yang berkualitas dari bahan yang belum jadi, dipersiapkan sesuai dengan metode yang ditetapkan untuk dapat disajikan.

Bacaan Lainnya

Tipe dapur terdiri dari 4 yaitu : Conventional Kitchen, Combined preparation and finishing kitchen, Separated preparation and finishing kitchen, dan convenience food kitchen.

Tata letak/lay out pada cooking area adalah tipe single line, double line, L shape, U shape, G shape, island shape, parallel back to back dan parallel face to face.

Aspek yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan adalah lay out, desain dan fasilitas harus berdasarkan menu, perubahan masa mendatang, berbagai bentuk energi yang akan digunakan, produktivitas pekerja dan kenyamanan konsumen, serta tim perencana.

BACA JUGA:  Soal Regulasi Keperawatan

Tim perencanaan terdiri dari pemilik institusi, manajer (ahli gizi/direktur pelayanan makanan) dan perancang/pengembang (arsitek, insinyur sipil dan desain interior).

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Tipe dapur dimana bahan yang dimasak seluruhnya terdiri dari bahan mentah, biasanya digunakan pada perusahaan kecil, dengan menu yang ditawarkan tidak terlalu luas dan banquet yang tidak terlalu besar, adalah ….

A. Combined kitchen

B. Conventional Kitchen

C. Convenience food kitchen

D. Combined preparation and finishing kitchen

2) Tipe dapur yang biasanya terdapat pada perusahaan ukuran menengah yang memungkinkan untuk mempersiapkan sejumlah standar menu dan porsi tertentu, adalah ….

A. Combined kitchen

B. Conventional Kitchen

C. Convenience food kitchen

D. Combined preparation and finishing kitchen

3) Keuntungan dari tipe ini memuat tempat dan peralatan yang lebih banyak, cocok untuk ruangan dapur yang mempunyai panjang ruangan terbatas, cocok untuk memisahkan dua kelompok peralatan dan pembagian kerja dapat lebih merata. Kerugiannya memerlukan waktu dan energi yang lebih banyak. Tipe lay out pada cooking area tersebut adalah ….

BACA JUGA:  Soal Geostrategi Nasional

A. U shape

B. L shape

C. G shape

D. Island shape

4) Perencanaan desain dan lay out dapur memerlukan tim perencana yang akan bekerja sehingga bisa memenuhi apa yang diharapkan. Mengusulkan arus kerja dan peralatan, mengusulkan instalasi penerangan, pendingin serta instalasi perpipaan dan kabel listrik, desain ruangan bagian dalam serta mengkoordinasikan rencananya dengan bagian lain merupakan tugas dari ….

A. Arsitek

B. Insinyur sipil

C. Manajer SPMI

D. Insinyur desain interior

5) Dalam perencanaan sarana fisik dan peralatan dalam penyelenggaraan makanan institusi harus memperhatikan menu yang ditawarkan/disajikan dan alat yang dibutuhkan. Faktor yang berpengaruh dalam hal ini adalah ….

A. Jumlah, macam dan volume makanan yang diproduksi

B. Ada tidaknya siklus menu

C. Jumlah dan macam peralatan

D. Jumlah tenaga kerja

Kunci Jawaban

1) B

2) D

3) B

4) D

5) B

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.