Soal Esensi Kegiatan Debat

soal esensi kegiatan debat

Soal Esensi Kegiatan Debat – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 10, X KD 3.12 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang esensi kegiatan debat.

Rangkuman Materi Esensi Kegiatan Debat

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Debat merupakan pertentangan argumentasi. Terdapat banyak format dalam debat: format  KarlPopper, format British Parliamentary, format Australasian, format World Schools, dan lain‐lain

Bacaan Lainnya

Debat bahasa Indonesia mengadopsi debat dengan sistem parlementer yang terdiri atas dua tim yakni tim pemerintah atau afirmatif dan tim oposisi. Tim pemerintah adalah tim yang mendukung mosi, sedangkan tim oposisi adalah tim yang menolak mosi .

Unsur-unsur debat adalah mosi, definisi, argumentasi, dan sanggahan. Mosi atau topik merupakan  pernyataan positif  yang  akan menentukan arah dan isi dari suatu debat. Definisi merupakan pembatasan terhadap suatu mosi agar isu yang diperdebatkan dapat lebih terfokus. Argumentasi berupa pernyataan, alasan, bukti, dan kesimpulan. Sanggahan  merupakan  respons  terhadap  argumen  tim  lawan  yang  terelaborasi  secara jelas.

BACA JUGA:  Soal Mengonstruksi Resensi Buku Kumpulan Cerpen atau Novel

Latihan Soal

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Apakah pengertian debat itu?

2. Sebutkan jenis-jenis debat yang kau ketahui!

3. Jelaskan unsur-unsur dalam debat parlementer!

4. Susunlah sebuah definisi berdasarkan mosi: Kenakalan remaja disebabkan berbagai faktor dalam masyarakat.

5. Susunlah argumentasi dalam debat yang berupa pernyataan dan pembuktian!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Debat merupakan pertentangan argumentasi. (cukup jelas)

2. → Pembahasan: Jenis-jenis debat terdapat beberapa format, yaitu: format KarlPopper, format British Parliamentary, format Australasian, format World Schools, dan lain‐lain (cukup jelas)

BACA JUGA:  Soal Isi Novel Berdasarkan Unsur Intrinsik

3. → Pembahasan: Unsur-unsur dalam debat parlementer adalah atas dua tim yakni tim pemerintah atau afirmatif dan tim oposisi. Tim pemerintah adalah tim yang mendukung mosi, sedangkan tim oposisi adalah tim yang menolak mosi.

4. → Pembahasan: Mosi: Kenakalan remaja disebabkan berbagai faktor Definisi: Kurangnya pendidikan agama dan budi pekerti di rumah dan di sekolah menjadi penyebab utama penyalahgunaan narkoba pada remaja.

5. → Pembahasan: Argumen berupa pernyataan dan pembuktian: Kenakalan remaja akhir-akhir ini semakin memprihatinkan. Sebanyak 101 anak di Kota Surabaya, Jawa Timur, yang putus sekolah serta terlibat tawuran dan kenakalan remaja lainnya, diminta membuat surat pernyataan. Sebagian kasus terjadi akibat pengaruh media sosial.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul Bahasa Indonesia Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.