Soal Ilmu Ekonomi

soal ilmu ekonomi

Soal Ilmu Ekonomi– Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal Ekonomi kelas 10, X KD 3.1 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang ilmu ekonomi.

Rangkuman Materi Ilmu Ekonomi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

  1. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dan dihadapkan pada alat pemuas atau sumber saya ekonomi yang terbatas jumlahnya.
  2. Pembagian ilmu ekonomi menurut Rhona C. Free dalam bukunya yang berjudul 21”Century Economics adalah ekonomi positif dan ekonomi normatif
  3. Pembagian ilmu ekonomi menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague adalah, ekonomi deskriptif, ekonomi teori, dan ekonomi terapan.
  4. Ekonomi teori dibagi menjadi ekonomi mikro dan ekonomi makro
  5. Ilmu ekonomi syariah adalah ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan dengan alat pemenuhan kebutuhan yang terbatas sesuai denganajaran dan nilai-nilai agama.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Bacaan Lainnya

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Kata ekonomi berasal dari oikonomia, yang berarti ….

A. kebutuhan manusia

B. pengaturan rumah tangga

C. pengaturan kekayaan

D. kelangkaan

E. kemakmuran

2. Ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat ….

A. mengelola sumber-sumber daya yang langka

B. mengelola pembuatan barang industri

C. melakukan konsumsi yang ideal

D. mengelola sumber daya ekonomi

E. menentukan satu pilihan

3. Ilmu ekonomi menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague dapat dibagi menjadi kelompok ekonomi ….

A. Deskriptif, teori, dan terapan

B. Pertanian, industri, dan publik

C. Makro, mikro, dan terapan

D. Pertanian, industri, dan terapan

E. Induk, cabang, dan lanjutan

4. Ilmu ekonomi positif sering disebut sebagai ilmu ekonomi ….

A. terapan

B. teori

C. kualitatif

D. deskriptif

E. sosial

5. Yang termasuk pernyataan ekonomi positif adalah ….

A. pajak harus dipungut atas dasar pengeluaran

B. sebaiknya pendapatan negara dari pajak digunakan untuk membiayai orang miskin

C. seharusnya pendapatan nasional dibagi secara merata

D. sebagian pendapatan orang kaya harus didistribusikan pada orang miskin

E. sebaiknya masyarakat yang menjadi pemilik sumber daya ekonomi

6. Bagian dari ilmu ekonomi secara khusus mempelajari fungsi, sifat, peranan, permasalahan mekanisme moneter, dan pengaruh uang terhadap aktivitas perekonomian suatu negara disebut imu ekonomi ….

A. syariah

B. moneter

C. perdagangan

D. internasional

E. pembangunan

7. Ilmu ekonomi yang meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku kegiatan ekonomi dapat memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa sehingga dapat menentukan harga disebut ilmu ekonomi ….

A. mikro

B. makro

C. moneter

D. perusahaan

E. pembangunan

8. Cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang keterkaitan antara struktur industri, perilaku industri, dan kinerja industri disebut ilmu ekonomi ….

A. mikro

B. makro

C. moneter

D. industri

BACA JUGA:  Soal Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

E. perdagangan

9. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan yang tidak terbatas. Pengertian ilmu ekonomi tersebut dikemukakan oleh ….

A. N. Gregory Mankiw

B. Richard G. Lipsey

C. Paul A. Samuelson

D. Robert B. Ekelund

E. Alfred Marshall

10. Permasalahan kenaikan harga bahan pokok dan kelangkaan BBM di berbagai daerah termasuk dalam lingkup pembahasan ilmu ekonomi ….

A. moneter

B. mikro

C. regional

D. makro

E. publik

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. B → Pembahasan: Secara etimologis, ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikonomia. Oikonomia berasal dari dua kata yaitu “Oikos” yang berarti “rumah tangga”, dan “Nomos” yang berarti “peraturan”.

2. E → Pembahasan: Paul A. Samuelson menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat.

3. A → Pembahasan: Pembagian ilmu ekonomi menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague adalah, ekonomi deskriptif, ekonomi teori, dan ekonomi terapan.

4. D → Pembahasan: Ilmu ekonomi positif adalah ilmu yang mempelajari kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan tanpa memasukkan aspek nonekonomi seperti agama, pandangan hidup, etika, hukum, filsafat, dan politik. Ilmu ekonomi positif berpandangan murni menitikberatkan pada untung dan rugi dari setiap kegiatannya dan hanya menjelaskan peristiwa-peristiwa ekonomi yang terjadi dalam masyarakat secara apa adanya, tanpa dikaitkan dengan aspek non ekonomi. Ilmu ekonomi positif disebut juga ilmu ekonomi deskriptif.

5. A → Pembahasan:

Cakupan ilmu ekonomi normatif lebih luas dari ekonomi positif. Analisis dalam ekonomi normatif biasanya berupa pernyataan-pernyataan ekonomi yang menunjukkan apa yang seharusnya terjadi.

  • pajak harus dipungut atas dasar pengeluaran (Ilmu ekonomi positif)
  • sebaiknya pendapatan negara dari pajak digunakan untuk membiayai orang miskin (Ilmu ekonomi normatif)
  • seharusnya pendapatan nasional dibagi secara merata (Ilmu ekonomi normatif)
  • sebagian pendapatan orang kaya harus didistribusikan pada orang miskin (Ilmu ekonomi normatif)
  • sebaiknya masyarakat yang menjadi pemilik sumber daya ekonomi (Ilmu ekonomi normatif)

6. B → Pembahasan:

Bagian dari ilmu ekonomi:

  • Ilmu ekonomi syariah adalah ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan dengan alat pemenuhan kebutuhan yang terbatas sesuai denganajaran dan nilai-nilai agama.
  • Ilmu ekonomi moneter adalah bagian dari ilmu ekonomi secara khususmempelajari fungsi, sifat, peranan, permasalahan mekanisme moneter, dan  pengaruh uang terhadap aktivitas perekonomian suatu negara
  • Ilmu ekonomi perdagangan adalah ilmu ekonomi yang mempelajari pertukaran barang, jasa, asset, atau uang secara sukarela antara satu orang atau organisasi dan yang lain.
  • Ilmu ekonomi internasional adalah ilmu ekonomi yang membahas akibat saling ketergantungan antara negara-negara di dunia guna memenuhi kebutuhan manusia dalam hubungan antar pelaku ekonomi satu negara dengan negara lain baik dari segi perdagangan, investasi, pinjaman, bantuan serta kerjasama internasional.
  • Ilmu ekonomi pembangunan adalah ilmu ekonomi yang mempelajari aspekaspek ekonomi dalam proses pembangunan.
BACA JUGA:  Soal Sistem Ekonomi

7. A → Pembahasan:

  • Ekonomi mikro mempelajari perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas.
  • Ekonomi makro mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan. Seperti tingkat pengangguran, pendapatan nasional, tingkat pertumbuhan, inflasi dan tingkat harga.
  • Ilmu ekonomi moneter adalah bagian dari ilmu ekonomi secara khusus mempelajari fungsi, sifat, peranan, permasalahan mekanisme moneter, dan pengaruh uang terhadap aktivitas perekonomian suatu negara
  • Ilmu ekonomi perusahaan adalah suatu bagian dari ilmu ekonomi yang khusus bertujuan untuk mempelajari gejala-gejala dalam rumah tangga perusahaan.
  • Ilmu ekonomi pembangunan adalah ilmu ekonomi yang mempelajari aspekaspek ekonomi dalam proses pembangunan.

8. D → Pembahasan:

  • Ekonomi mikro mempelajari perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas.
  • Ekonomi makro mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan. Seperti tingkat pengangguran, pendapatan nasional, tingkat pertumbuhan, inflasi dan tingkat harga.
  • Ilmu ekonomi moneter adalah bagian dari ilmu ekonomi secara khusus mempelajari fungsi, sifat, peranan, permasalahan mekanisme moneter, dan pengaruh uang terhadap aktivitas perekonomian suatu negara
  • Ilmu ekonomi industri adalah ilmu ekonomi yang mempelajari tentang keterkaitan antara struktur industri, perilaku industri, dan kinerja industri.
  • Ilmu ekonomi perdagangan adalah ilmu ekonomi yang mempelajari pertukaran barang, jasa, asset, atau uang secara sukarela antara satu orang atau organisasi dan yang lain.

9. A → Pembahasan:

Rumusan-rumusan yang mereka sampaikan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Richard G. Lipsey menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas.
  • N. Gregory Mankiw menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka.
  • Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat yang mempunyai keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas demi memenuhi keinginan mereka.
  • Paul A. Samuelson menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat.
  • Alfred Marshall berpendapat bahwa ilmu ekonomi mempelajari usahausaha individu dalam ikatan pekerjaan dalam kehidupannya sehari-hari dan membahas kehidupan manusia yang berhubungan dengan bagaimana ia memperoleh pendapatan dan bagaimana pula ia mempergunakan pendapatan itu.

10. B → Pembahasan: Ekonomi mikro mempelajari perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas. Permasalahan kenaikan harga bahan pokok dan kelangkaan BBM di berbagai daerah termasuk dalam lingkup pembahasan ilmu ekonomi

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul sejarah Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.