Soal Informasi Berupa Permasalahan Aktual dalam Ceramah

soal informasi berupa permasalahan aktual dalam ceramah

Soal Informasi Berupa Permasalahan Aktual dalam Ceramah – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 11, XI KD 3.5 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang Informasi berupa permasalahan aktual dalam ceramah.

Rangkuman Materi Informasi Berupa Permasalahan Aktual dalam Ceramah

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Ceramah merupakan kegiatan menyampaikan informasi, pengetahuan, nasihat, dan lain-lain di depan khalayak tentang sesuatu yang bersifat aktual.

Bacaan Lainnya

Pidato adalah pembicaraan di depan umum yang cenderung bersifat persuasif, yakni bersifat ajakan ataupun dorongan pada khalayak untuk berbuat sesuatu.

Khotbah adalah pembicaraan di depan umum yang berisi penyampaian pengetahuan keagamaan atau praktik beribadah dan ajakan-ajakan untuk memperkuat keimanan.

Sambutan adalah pidato singkat yang disampaikan pada pembukaan suatu acara atau kegiatan.

Jenis-jenis informasi, termasuk informasi dalam ceramah dapat dibedakan menjadi beberapa bagian.

  • Informasi Berdasarkan Fungsinya
  • Informasi Berdasarkan Format Penyajiannya
  • Informasi Berdasarkan Lokasi
  • Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan
  • Informasi Berdasarkan Bidang Kepentingan.

Cara memahami informasi dalam ceramag, yaitu: menyimak/membaca ceramah dengan menyeluruh dan saksama, mencatat informasi penting, lalu menyusunnya dalam bentuk yang lebih padat dan sederhana.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Cermati teks ceramah berikut agar dapat menjawab soal-soal latihan berikut!

ERA GLOBALISASI

Assalamualaikum. Wr. Wb,

Yang terhormat Kepala Sekolah ….

Yang saya hormati Wakil Kepala Sekolah ….

Yang saya hormati guru-guru ….

Beserta seluruh murid … yang berbahagia.

Salam sejahtera,

Puji Syukur saya ucapkan kepada Tuhan YME atas segala karunia-Nya, Saya juga berterima kasih kepada guru-guru yang telah menyelenggarakan acara ini. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah mendukung sehingga acara ini bisa terselenggara seperti saat ini.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak semua untuk mengingat kembali, beberapa pola hidup yang telah kita lakukan sehari-hari sehingga tanpa disadari hal tersebut menjadi penyebab terjadinya globalisasi. Apakah globalisasi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita?

BACA JUGA:  Soal Kebahasaan Artikel dan atau Buku Ilmiah

Pada abad ke 21 ini, globalisasi menjadi hal yang biasa bagi kita. Globalisasi, berarti proses yang mendunia. Tentunya, semua aspek kehidupan merasakan pengaruhnya. Misalnya, di bidang transportasi. Setiap hari kita dapat melihat seluruh jalan raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Contohnya mobil. Padahal, sebelum mobil ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan yang sangat panjang sekalipun. Selain di bidang transportasi, aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi adalah telekomunikasi. Saat ini hand phone adalah alat komunikasi yang sudah dimiliki oleh setiap orang. Selain hand phone, yang tak kalah penting adalah internet. Globalisasi seperti mengharuskan kita untuk memiliki komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet.

Bidang olahraga juga merasakan dampak globalisasi. Saat ini seluruh dunia sangat meminati pertandingan sepak bola, basket, bulu tangkis, dan lain sebagainya. Bukan hanya kegiatan olahraganya, alat-alat pendukung pun ikut merasakan dampak globalisasi. Contohnya sepatu. Sepatu menjadi alat pendukung yang sangat penting. Model dan bentuk sepatu pun harus disesuaikan dengan olahraganya.

Di bidang kuliner, pengaruh globalisasi juga cukup besar. Makanan khas Barat menjadi sangat populer di seluruh dunia. Hal ini menyebabkan makanan khas dalam negeri menjadi kurang diminati. Yang tak kalah penting, aspek kehidupan yang juga merasakan dampak globalisasi adalah fesyen. Saat ini tren yang sangat mendunia adalah dari negara-negara barat. Jika orang Indonesia lebih memilih tren luar negeri, siapakah yang akan melestarikan budaya Indonesia?

Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi, jelas bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan. Setiap orang memang dapat merasakan pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat yang baik, kita harus bisa menghadapi pengaruh globalisasi dengan mengambil nilai-nilai positif dan membuang nilai-nilai negatifnya. Misalnya, dengan menyeleksi budaya asing yang masuk ke dalam negeri kita. Kita harus bisa memilih budaya yang baik, yang tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada di negeri kita. Budaya dari negeri sendiri harus kita jaga dan lestarikan.

BACA JUGA:  Soal Pengetahuan dan Rekomendasi dalam Teks Eksposisi

Semoga apa yang telah saya katakan tadi bermanfaat bagi kita semua yang ada disini. Hanya itu yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahan dalam perkataan yang tidak berkenan di hati para hadirin, saya minta maaf yang sebesar-besarnya….

wabillahi taufiq walhidayah, wassalamu’alaikum wr wb.

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

1. Bidang apa saja yang terdampak akibat globalisasi dalam teks ceramah tersebut?

2. Bagaimana sikap kita sebagai pelajar terhadap globalisasi yang terjadi?

3. Simpulkan solusi yang disampaikan dalam ceramah tersebut!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

  1. bidang transportasi
  2. bidang telekomunikasi
  3. Bidang olahraga
  4. Bidang kuliner

paragraf ke-3 …. semua aspek kehidupan merasakan pengaruhnya.

paragraf ke-3 … aspek kehidupan yang terkena dampak globalisasi adalah telekomunikasi.

paragraf ke-4…..Bidang olahraga juga merasakan dampak globalisasi.

paragraf ke-5…..Di bidang kuliner, pengaruh globalisasi juga cukup besar.

2. Sebagai pelajar kita harus bisa memilih budaya yang baik dalam pergaulan, yang tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada di negeri kita. Tidak asal ikut-ikutan terhadap semua perilaku teman.

→ Pembahasan: Jawaban dapat bervariasi. Namun intinya pelajar haruslah dapat memilah dengan cerdas contoh perilaku yang baik atau buruk yang merupakan dampak arus globalisasi.

3. Sebagai warga masyarakat yang baik, kita harus bisa menghadapi pengaruh globalisasi dengan mengambil nilai-nilai positif dan membuang nilai-nilai negatifnya.

→ Pembahasan: Dari beberapa aspek yang saya sebutkan tadi, jelas bahwa globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan. Setiap orang memang dapat merasakan pengaruhnya. Sebagai warga masyarakat yang baik, kita harus bisa menghadapi pengaruh globalisasi dengan mengambil nilai-nilai positif dan membuang nilai-nilai negatifnya. Misalnya, dengan menyeleksi budaya asing yang masuk ke dalam negeri kita. Kita harus bisa memilih budaya yang baik, yang tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada di negeri kita.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul Bahasa Indonesia Kelas 11, XI SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.