Soal Komunikasi dan Hubungan Terapeutik dalam Keperawatan

soal komunikasi dan hubungan terapeutik dalam keperawatan

Soal Komunikasi dan Hubungan Terapeutik dalam Keperawatan – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan keperawatan dan profesi ners, yuk simak kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi komunikasi dan hubungan terapeutik dalam keperawatan.

Soal dan Kunci Jawaban Komunikasi dan Hubungan Terapeutik dalam Keperawatan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Sikap (kehadiran) yang harus ditunjukkan perawat dalam berkomunikasi terapeutik ada dua, yaitu sikap (kehadiran) secara fisik dan secara psikologis.

Bacaan Lainnya

Sikap sebagai kehadiran fisik dalam komunikasi meliputi berhadapan, mempertahankan kontak mata, membungkuk ke arah klien, mempertahankan sikap terbuka, rileks, dan berjabat tangan.

Sementara itu, sikap sebagai kehadiran secara psikologis ada dua dimensi, yaitu dimensi respons dan dimensi tindakan. Dimensi respons meliputi ikhlas, menghargai, empati, dan konkret; sedangkan dimensi tindakan meliputi konfrontasi, segera, terbuka, emosional katarsis, dan bermain peran.

Teknik-teknik komunikasi terapeutik yang dapat digunakan dalam berkomunikasi, antara lain pertanyaan terbuka, mendengarkan, identifikasi tema, refleksi, klarifikasi, memberikan informasi, memfokuskan, mengulang, humor, dan lain-lain.

Teknik ini dipilih secara tepat dan digunakan secara kombinasi dalam setiap interaksi dengan klien.

Fase-fase komunikasi/hubungan terapeutik ada empat, yaitu fase praorientasi, fase orientasi, fase kerja, dan fase terminasi.

Fase praorientasi dilakukan sebelum perawat berinteraksi dengan klien ketika tujuannya adalah menyiapkan diri, menilai kemampuan diri, dan evaluasi diri (kelebihan dan kekurangannya). Pada fase orientasi, prinsip utama adalah membina hubungan saling percaya.

Ada tiga aspek utama dalam komunikasi, yaitu salam terapeutik, evaluasi-validasi, dan kontrak. Fase kerja adalah komunikasi perawat selama melakukan proses terapi melalui tindakan keperawatan sesuai rencana. Perawat menggunakan teknik-teknik komunikasi terapeutik selama interaksi.

Fase terminasi adalah fase akhir dalam interaksi perawat-klien. Pada fase ini, ada tiga aspek utama dalam komunikasi, yaitu evaluasi subjektif-objektif, kontrak yang datang, dan rencana tindak lanjut.

Beberapa hambatan yang harus diperhatikan dalam pencapaian komunikasi terapeutik adalah adanya perbedaan persepsi, terlalu cepat menyimpulkan, adanya pandangan stereotipe, kurangnya pengetahuan, kurangnya minat, sulit mengekspresikan diri, adanya emosi, dan adanya tipe kepribadian tertentu.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Berikut ini yang merupakan sikap terapeutik perawat pada aspek fisik yang harus dipertahankan saat berkomunikasi dengan pasien, kecuali …

A. duduk di samping pasien

B. kontak mata

C. menjabat tangan pasien

D. membungkuk ke arah pasien

2) Seorang perawat tampak duduk bersama pasien untuk memberikan informasi tentang pencegahan kekambuhan. Tampak perawat duduk dengan posisi kaki menyilang (satu kaki di atas kaki lainnya), volume keras, menghadap pasien, dan mempertahankan pandangan ke arah pasien. Sikap perawat yang harus dikoreksi sehingga selalu tampil dengan sikap profesional adalah …

BACA JUGA:  Soal Pemikiran Yang Melandasi Revolusi Besar Dunia

A. volume suara keras

B. menghadap pasien

C. pandangan ke arah pasien

D. posisi satu kaki di atas kaki lainnya

3) Seorang pasien tampak menangis saat pertama kali di rawat. Dia merasa sangat khawatir dengan penyakit yang dideritanya. Respons psikologis perawat yang menunjukkan sikap profesional adalah …

A. segera

B. empati

C. konfrontasi

D. sikap terbuka

4) Berikut ini contoh komunikasi dalam dimensi respons yang menghargai adalah …

A. saya tahu apa yang ibu pikirkan

B. ibu tidak perlu memikirkan penyakit

C. saya paham dengan apa yang ibu rasakan

D. tidak perlu khawatir kami akan membantu

5) Berikut ini yang BUKAN termasuk dimensi tindakan dalam kehadiran psikologis perawat saat berkomunikasi dengan pasien adalah …

A. segera

B. terbuka

C. konfrontasi

D. bermain peran

6) Seorang pasien tampak menangis sambil bercerita bahwa dia menyesal telah melakukan operasi plastik terhadap hidung dan tulang pipinya. Pasien mengatakan takut akan dosa-dosa yang diperbuatnya karena mengubah ciptaan Tuhan. Teknik komunikasi yang tepat digunakan sesuai situasi tersebut adalah …

A. listening

B. restating

C. focusing

D. clarification

7) Seorang perawat sedang berinteraksi dengan pasien pada fase orientasi. Tugas perawat yang harus dilakukan dalam berkomuniksai dalam fase tersebut adalah…

A. mengeksplorasi perasaan sendiri

B. membantu pemenuhan kebutuhan pasien

C. mengeksplorasi masalah

D. menjelaskan tujuan interaksi

8) Perhatikan komunikasi yang dilakukan perawat dan pasien berikut ini,

P : Jelaskan kepada saya sejak kapan Ibu mulai mengalami gangguan tidur dan mudah menangis?

K : Lebih kurang satu tahun yang lalu sejak anak kedua saya menikah dan meninggalkan saya untuk hidup di luar kota. Akhir-akhir ini saya rasakan gangguan tersebut lebih meningkat terutama sejak anak ketiga saya akan di wisuda.

Proses komunikasi yang sedang terjadi sesuai situasi tersebut adalah …

A. fase initiasi

B. fase orientasi

C. fase kerja

D. fase limitasi

9) P : (Mengangguk-angguk dan memandang klien). Iya, saya mengerti. Teruskan.

K : Saat ini, emosi saya semakin kacau karena menstruasi saya tidak teratur. Saya sudah tua dan anak-anak sudah mulai mengabaikan saya.

Teknik komunikasi yang digunakan perawat saat interaksi dengan pasien adalah…

A. mendengarkan

B. penerimaan

C. pemahaman

D. klarifikasi

10) Tugas yang sedang dilakukan perawat berdasarkan sikap verbal dan nonverbal yang ditunjukkan oleh perawat mengenai …

A. penyelesaian masalah

B. mempertahankan hubungan

C. identifikasi masalah bersama pasien

D. menafsirkan masalah

Kunci Jawaban

1) A

2) D

3) B

4) C

5) D

6) A

7) D

8) C

9) A

10) C

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan keperawatan yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar sobat agar mendapatkan IPK yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (2 votes)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.