Soal Konsep dan Teori Teknologi Pangan

soal konsep dan teori teknologi pangan

Soal Konsep dan Teori Teknologi Pangan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi konsep dan teori teknologi pangan.

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Konsep dan Teori Teknologi Pangan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Teknologi pangan adalah suatu teknologi yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan khususnya pasca panen guna memperoleh manfaatnya seoptimal mungkin sekaligus dapat meningkatkan nilai tambah dari pangan tersebut.

Read More

Dalam teknologi pangan, dipelajari sifat fisis, mikrobiologis, dan kimia dari bahan pangan dan proses mengolah bahan pangan tersebut. Spesialisasinya beragam, di antaranya pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan, dan sebagainya.

Penerapan teknologi pangan sederhana telah dimulai sejak masa primitif dengan cara penyimpanan hasil pertanian di lumbung-lumbung sampai mengeringkan bahan pangan agar menjadi lebih awet dan tahan lama.

Kemudian penerapan teknologi pangan modern dimulai ketika Nicolas Appert (1804) mengalengkan bahan pangan dengan cara pemanasan sterilisasi dan Louis Pasteur menemukan cara pemanasan pasteurisasi yaitu cara pemanasan di bawah suhu sterilisasi untuk membunuh mikroba yang ada di dalam susu dengan perubahan sifat dari susu yang minimal.

Pemanasan tersebut bertujuan untuk membunuh mikroba pembusuk agar menjadi lebih awet dan tahan lama.

Manfaat teknologi pangan dalam pengolahan pangan adalah : memperpanjang umur simpan dan ketersediaannya; mempermudah penyimpanan dan distribusinya; meningkatkan nilai ekonomi; menghasilkan produk pangan yang lebih menarik; limbah hasil pertanian dapat dimanfaatkan kembali; dan bertambahnya industri-industri nonpertanian yang menunjang industri pertanian seperti industri kimia, gelas, bahan pengepak, dan lain-lain.

Berbagai macam kontribusi diberikan oleh ilmu teknologi demi kemajuan dalam bidang pertanian, khususnya dalam teknologi pangan. Salah satu manfaatnya yaitu sebagai sarana mempermudah proses produksi maupun proses pengolahan pangan. Dengan adanya komputer, proses produksi akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1. Makanan kaleng dapat awet karena dilakukan proses pemanasan yang dapat membunuh mikroba dan penutupan botol secara rapat sehingga dapat mencegah masuknya mikroba ke dalam makanan. Penemu teknologi pengalengan tersebut adalah:

A. Peter Durand

B. Louis Pasteur

C. Nicholas

D. Louis Gay-Lussac

E. William Lyman Underwood

2. Menurut teori Malthus, manusia dapat mengalami ancaman kelaparan, karena pertumbuhan penduduk sangat cepat dihitung dengan …., sedangkan peningkatan produksi pertanian dihitung dengan …., yaitu:

A. Deret ukur ; deret bilangan

B. Deret bilangan; deret notasi

C. Deret angka; deret hitung

D. Deret hitung; deret ukur

E. Deret ukur ; deret hitung

3. Di bawah ini adalah manfaat teknologi pangan bagi industri pangan, kecuali ….

A. Meningkatkan pemakaian bahan tambahan pangan

B. Memperpanjang umur simpan dan ketersediaannya

C. Menghasilkan produk pangan yang lebih menarik

D. Mempermudah penyimpanan dan distribusi

E. Meningkatkan nilai ekonomi

4. Selain bermanfaat untuk kehidupan manusia, teknologi pangan mempunyai kekurangan, yaitu:

A. Penerapan teknologi pangan membuat produk pangan menjadi mahal harganya

B. Penggunaan racun pemberantas hama dapat membunuh hewan ternak

C. Meningkatkan penggunaan bahan tambahan makanan

D. Mengurangi kandungan gizi produk pangan

E. Mematikan industri pangan skala kecil

5. Proses pemilihan pangan yang tidak hanya tergantung pada satu jenis pangan, akan tetapi memiliki beragam pilihan (alternatif) terhadap berbagai bahan pangan. Pernyataan ini merupakan definisi ….

A. Diversifikasi konsumsi pangan

B. Diversifikasi tanaman pangan

C. Intensifikasi pertanian

D. Diversifikasi pertanian

E. Diversifikasi pangan

Kunci Jawaban

  1. C
  2. E
  3. A
  4. B
  5. E

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *