Soal Masa Orde Baru

soal masa orde baru

Soal Masa Orde Baru – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 9, IX SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang masa orde baru.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas IX Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat cocok dijadikan bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

* (Disertai kunci jawaban).

Bacaan Lainnya

Rangkuman Materi Masa Orde Baru

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Pelaksanaan Demokrasi terpimpin yang ditandai dengan penerapan Nasakom (Nasionalis, Agama, dan Komunis) dan Manipol USDEK sangat menguntungkan PKI. Penerapan Nasakom di berbagai bidang pemerintahan telah menjadikan penyelewengan terhadap Pancasila dan UUD 1945. Kondisi yang demikian ini akhirnya dimanfaatkan oleh PKI untuk melakukan kudeta. PKI berkeinginan untuk mengganti Pancasila  dengan dasar komunisme.

Pemberontakan G30S/PKI adalah sebagai bentuk pengkianatan bangsa yang dilakukan oleh PKI. Sikap pemerintah yang kurang tegas terhadap PKI menimbulkan ketidaksabaran di kalangan mahasiswa dan masyarakat. Muncullah demonstrasi di  dengan tuntutan  pembubaran PKI. Dengan dipelopori organisasi KAMI dan KAPPI, pada 10 Januari 1966 kesatuan aksi Mahasiswa dan pelajar mengajukan tuntutan yang terkenal dengan nama Tri Tuntutan Rakyat  (Tritura).

Dalam situasi dan kondisi negara yang tidak menentu, Presiden Soekarno mengeluarkan surat perintah pada tanggal 11 Maret 1966 (Supersemar). Surat ini berisi pemberian mandat kepada Letjen Soeharto selaku Panglima Angkatan Darat dan Pangkobkamtib untuk memulihkan keadaan dan kewibawaan pemerintah.

Dalam menjalankan tugas, penerima mandat diharuskan melaporkan segala sesuatu kepada presiden. Mandat itu kemudian dikenal sebagai Surat Perintah 11 Maret (Supersemar). Sejak tanggal 11 Maret 1966 bangsa Indonesia memasuki babak sejarah baru yaitu Orde Baru.

Setelah berhasil memulihkan kondisi politik bangsa Indonesia, langkah selanjutnya yang ditempuh pemerintah RI adalah melaksanakan Pembangunan Nasional.

Pembangunan Nasional diupayakan pada jaman orde baru direalisasikan melalui Pembangunan Jangka Panjang Dan Jangka Pendek. Pembangunan Jangka Panjang mencakup periode 25-30 tahun, sedangkan Pembangunan Jangka Pendek mencakup periode 5 (lima) tahun. Program pembangunan jangka pendek terkenal dengan sebutan Pelita (Pembangunan Lima Tahun).

BACA JUGA:  Soal Ancaman Dibidang IPOLEKSOSBUD

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Mengapa PKI melakukan pemberontakan pada tahun 1965?

2. Jelaskan yang di maksud dengan Tritura?

3. Bagaimana hubungan Supersemar dengan proses lahirnya Orde Baru?

4. Jelaskan keberhasilan dan kegagalan pembangunan Orde Baru dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial!

5. Jelaskan Perencanaan pembangunan Nasional pada masa orde baru?

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Alasan PKI melakukan Gerakan G30S adalah untuk menggeser ideologi pancasila menjadi ideologi komunis, dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang berfaham komunis.

2. → Pembahasan: Upaya-upaya PKI untuk mempersiapkan perebutan kekasaan yaitu:

  • PKI mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk angkatan kelima, di samping keempat angkatan dalam ABRI yang telah ada (AD, AL, AU dan kepolisian).
  • Berusaha menghancurkan lawan-lawan politiknya, mempengaruhi presiden, sehingga membubarkan partai Partai Murba.
  • (Memecah belah partai penguasa yaitu
  • Menyebarkan isu tentang “Dewan Jenderal” yang akan memberontak terhadap pemerintah.
  • Mendirikan organisasi massa, di antaranya adalah : Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra), Pemuda Rakyat (PR), Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani), Barisan Tani Indonesia (BTI).

3. → Pembahasan: Yang di maksud dengan Tritura adalah Tiga tuntutan Rakyat, yakni; (1). Bubarkan PKI. (2). Bersihkan kabinet dari unsur-unsur G 30 S/PKI. (3). Turunkan harga.

4. → Pembahasan: Supersemar dianggap sebagai tonggak lahirnya orde baru, karena super semar merupakan pelimpahan wewenang kepada Mayjend Suharto untuk mengambil segala tindakan untuk menyelamatkan revolusi, menyelamatkan keutuhan bangsa dan negara Indonesia. Mengambil segala tindakan untuk menegakkan keamanan dan ketertiban secara Nasional di Indonesia.

5. → Pembahasan: Perencanaan pembangunan Nasional pada masa orde baru, direncanakan dan direalisasikan melalui Pembangunan Jangka Panjang Dan Jangka Pendek. Pembangunan Jangka Panjang mencakup periode 25-30 tahun, sedangkan Pembangunan Jangka Pendek mencakup periode 5 (lima) tahun. Program pembangunan jangka pendek terkenal dengan sebutan Pelita (Pembangunan Lima Tahun). Prioritas pembangunan nasional adalah bidang ekonomi terutama sektor pertanian.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9, IX SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.