Soal Pengertian Sosiologi Kesehatan

soal pengertian sosiologi kesehatan

Soal Pengertian Sosiologi Kesehatan – Halo sobat gigi, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, D4 jurusan keperawatan gigi, Terapi Gigi dan Mulut serta yang berkaitan dengan Kesehatan gigi dan mulut. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pengertian sosiologi kesehatan.

Soal dan Kunci Jawaban Pengertian Sosiologi Kesehatan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Sosiologi merupakan ilmu sosial yang objeknya adalah masyarakat. Sosiologi kesehatan merupakan subdisiplin ilmu dari bidang sosiologi. Prinsip dasar disiplin sosiologi kesehatan adalah penerapan konsep dan metode disiplin sosiologi dalam mendeskripsikan, menganalisis, dan memecahkan masalah kesehatan. Dengan kata lain sosiologi kesehatan merupakan penerapan ilmu sosial dalam mengkaji masalah kesehatan.

Read More

Sosiologi kesehatan dikatakan sebagai ilmu karena memiliki sifat-sifat keilmuan diantaranya:

  • Bersifat empiris artinya sosiologi kesehatan mempelajari apa yang benar-benar terjadi di masyarakat dan apa yang dipelajari dapat dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Bersifat teoretis artinya sosiologi kesehatan menggunakan teori-teori dalam pembelajarannya dimana teori tersebut dikemukakan oleh para ahli yang berdasarkan pada apa yang terjadi di masyarakat.
  • Bersifat kumulatif artinya ilmu sosiologi kesehatan yang sekarang dipelajari tidak lain adalah pengembangan dari ilmu sosiologi kesehatan yang telah ada sebelumnya. Sehingga ilmu sosiologi kesehatan bersifat dinamis dalam artian dapat berubah sesuai dengan kondisi sosial yang terjadi saat ini.
  • Tidak bersifat menilai artinya ilmu sosiologi kesehatan tidak dapat membenarkan dan menyalahkan tindakan atau perilaku individu/kelompok masyarakat karena tiap daerah memiliki norma tersendiri sehingga apa yang dianggap salah di satu daerah bisa dianggap benar di daerah lain, begitu juga sebaliknya.

Dalam upaya memahami suatu gejala sosial dalam masyarakat maka studi-studi dalam sosiologi dilakukan dengan menggunakan dua macam pendekatan (Sarwono, 1993) yaitu:

  1. Pendekatan Emik: yaitu menguraikan suatu gejala sosial sesuai dengan pandangan si pelaku sendiri, memahami perilaku individu/masyarakat dari sudut pandang si pelaku sendiri (individu tersebut atau anggota masyarakat yang bersangkutan).
  2. Pendekatan Etik: yaitu upaya menguraikan suatu gejala sosial atau interaksi sosial dari sudut pandang orang luar/sudut pandang observer (menganalisa perilaku atau gejala sosial dari pandangan orang luar serta membandingkannya dengan budaya lain).

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Peran sosiologi dalam praktik kesehatan (bidang kedokteran) adalah…

A. Mampu menganalisis fakta sosial

B. Menganalisis dinamika dan proses perubahan sosial

C. Memahami sifat, karakter, atau norma masyarakat yang berlaku sehingga promosi kesehatan dapat berjalan dengan efektif

D. Menambah kemampuan untuk melakukan penilaian klinis secara lebih rasional

2) Objek dari sosiologi adalah…

A. Individu

B. Keluarga

C. Masyarakat

D. Perilaku

3) August Comte yang dikenal sebagai bapak sosiologi membagi sosiologi menjadi…

A. Sosiologi Empiris dan Sosiologi Teoretis

B. Sosiologi Statis dan Sosiologi Dinamis

C. Sosiologi Kedokteran dan Sosiologi Kesehatan

D. Sosiologi Etik dan Sosiologi Emik

4) Menganalisa perilaku atau gejala sosial dari pandangan orang luar serta membandingkannya dengan budaya lain merupakan pendekatan…

A. Sosiologi

B. Kebudayaan

C. Etik

D. Emik

5) Mempelajari/meneliti perilaku masyarakat Suku Anak Dalam (Suku Kubu) yang tinggal di daerah pedalaman Jambi hanya bisa dilakukan dengan pendekatan…

A. Sosiologi

B. Kebudayaan

C. Etik

D. Emik

Kunci Jawaban

  1. D
  2. C
  3. B
  4. C
  5. D

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa D3, D4 jurusan keperawatan gigi, terapis gigi dan mulut serta yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut, disimak secara saksama yah. Kamu Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *