Soal Pengolahan dan Pengawetan dengan Penggaraman

soal pengolahan dan pengawetan dengan penggaraman

Soal Pengolahan dan Pengawetan dengan Penggaraman – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi pengolahan dan pengawetan dengan penggaraman.

Soal dan Kunci Jawaban Pengolahan dan Pengawetan dengan Penggaraman

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Terdapat beragam cara penggaraman, tetapi pada dasarnya dapat dikelompokkan ke dalam 3 (tiga) jenis, yaitu: Penggaraman Kering (Dry Salting), Penggaraman Basah (Brine Salting), dan Penggaraman Kombinasi.

Bacaan Lainnya

Penggaraman kering adalah ikan ditaburi kristal garam dan dibiarkan ditumpuk untuk beberapa lama. Cairan yang terbentuk dapat dibiarkan hanyut terbuang (disebut penggaraman kench) atau cairan dibiarkan merendam ikan. Metode ini sebenarnya tidak begitu cocok diterapkan di daerah tropis seperti Indonesia karena proses pembusukan dapat mudah terjadi pada bagian ikan yang terbuka berhubungan dengan udara dan tidak terselimuti garam.

Selain itu, warna-warna juga mudah berubah oleh oksidasi udara pada lemak. Kerugian lainnya adalah kadar garam tidak seragam dalam daging ikan.

Metode penggaraman basah pada prinsipnya menggunakan larutan garam dalam suatu wadah dan ikan harus terendam seluruhnya. Cara penggaraman ini praktis, menghemat waktu dan tenaga, serta kandungan garam lebih seragam.

BACA JUGA:  Soal Efek Obat

Kepekatan garam dan perbandingan larutan garam dengan ikan harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan baik. Selain itu, cairan harus sering diaduk agar penyerapan garam lebih cepat, karena kelambatan penyerapan garam dapat menyebabkan pembusukan.

Penggaraman Kombinasi merupakan kombinasi penggaraman kering dan penggaraman basah. Pertama kali ikan ditaburi dengan kristal garam seluruh permukaannya lalu disusun dalam wadah. Bagian atas tumpukan dibebani dengan pemberat. Selanjutnya, perlahan-lahan dituangi dengan larutan garam jenuh sampai ikan tepat terendam permukaannya. Metode ini terutama banyak dilakukan untuk tujuan mendapatkan ikan asin dengan kadar garam tinggi.

Pada prinsipnya peranan garam dalam pengolahan dan pengawetan pangan dengan penggaraman, sebenarnya tidak bersifat membunuh mikroorganisme (fermicida), akan tetapi garam mengakibatkan terjadinya proses dengan daging ikan. selanjutnya, sel-sel mikoorganisme terjadi plasmolisis, yaitu kadar air dalam sel mikroorganisme berkurang dan lama-kelamaan mikoroorganisme terutama bakteri mati.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1. Terdapat beragam cara penggaraman, tetapi pada dasarnya dapat dikelompokkan ke dalam 3 (tiga) jenis, yaitu:

A. Penggaraman kering

B. Penggaraman beku

C. Penggaraman komersial

D. Penggaraman singkat

E. Penggaraman panjang

2. Jenis garam yang tepat digunakan untuk pengolahan pengawetan metode penggaraman adalah :

BACA JUGA:  Soal Anatomi dan Fisiologi Serviks

A. Kristal garam sangat halus

B. Garam yang mengandung yodium

C. Kristal garam putih dan mengandung yodium

D. Kristal garam kasar dan mengandung yodium

E. Kristal garam agak kasar dan tidak mengandung yodium

3. Garam menyebabkan kadar air dalam sel-sel mikoorganisme berkurang dan lama-kelamaan mikoroorganisme terutama bakteri mati, proses ini disebut :

A. Autolisis

B. Plasmolisis

C. Hipolisis

D. Makrofag

E. Lipolisis

4. Dalam proses penggaraman ikan metode kench salting, wadah yang tepat digunakan adalah: 

A. Besek atau wadah berlubang

B. Panci steinless steel

C. Waskom bertutup

D. Panci anti lengket

E. Panci yang tebal dan bertutup

5. Nama produk penggaraman/pengasinan ikan yang prosesnya: ikan di dalam besek ditaburi garam sekedarnya dan dicelupkan ke dalam larutan garam yang sudah didihkan selama 10 ─ 30 menit, kemudian diulang lagi dicelupkan ke dalam larutan garam panas, adalah :

A. Pindang

B. Pindang gaya baru

C. Cue

D. Ikan asin kering

E. Ikan asin basah

Kunci Jawaban

  1. A
  2. E
  3. B
  4. A
  5. C

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.