Soal Penyusunan Laporan Kegiatan Usaha

soal penyusunan laporan kegiatan usaha

Soal Penyusunan Laporan Kegiatan Usaha – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 11, XI KD 3.5 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Tentunya sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang penyusunan laporan kegiatan usaha.

Rangkuman Materi Penyusunan Laporan Kegiatan Usaha

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Menganalisis laporan artinya melakukan suatu kajian atau penelitian terhadap suatu laporan. Hal-hal yang dianalisis dalam laporan dapat berupa isi peristiwa, kronologi waktu, kelengkapan data, kebahasaan, dan bentuk laporan. Analisis pelaksanaan kegiatan usaha perlu dibuat dan disusun secara sistematis dan secermat mungkin serta logis.

Bacaan Lainnya

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Apa yang dimaksud dengan menganalisis laporan kegiatan usaha?
  2. Apa saja yang perlu dianalisa dalam laporan kegiatan usaha?
  3. Tuliskan hal-hal apa yang perlu diperhatikan ketika menganalisis laporan kegiatan usaha!
  4. Apa yang dimaksud dengan analisis laporan keuangan?
  5. Menurut Anda, apakah laporan keuangan itu penting dalam sebuah usaha? Berikan alasanmu!

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

Menganalisis laporan artinya melakukan suatu kajian atau penelitian terhadap suatu laporan. Hal-hal yang dianalisis dalam laporan dapat berupa isi peristiwa, kronologi waktu, kelengkapan data, kebahasaan, dan bentuk laporan. Analisis pelaksanaan kegiatan usaha perlu dibuat dan disusun secara sistematis dan secermat mungkin serta logis.

2. → Pembahasan:

Pada dasarnya yang perlu dianalisa dalam pelaksanaan kegiatan usaha sebagai berikut:

  • Bidang kegiatan usaha
  • Rugi/laba
  • Bidang keuangan
  • Bidang permodalan
  • Bidang administrasi dan pembukuan
  • Bidang ketenagakerjaan
  • Bidang pemasaran
  • Bidang organisasi

3. → Pembahasan:

Dalam menganalisis laporan yang perlu diperhatikan hal-hal berikut.

  • Menyimak laporan secara saksama, agar dapat menangkap informasi yang disampaikan secara utuh dan lengkap serta terperinci.
  • Memahami isi laporan dari bentuk, isi, maupun kebahasaan.
  • Menguraikan secara detail atau rinci pokok-pokok isi laporan.
  • Melakukan pengecekan pada setiap hal yang dilaporkan secara detail dan cermat.
  • Tidak mencampuradukkan fakta (sesuatu yang bersifat objektif) dan opini atau pendapat (sesuatu yang cenderung bersifat subjektif).
  • Melakukan kajian pada kebenaran atau ketepatan hasil laporan tersebut.
  • Memberikan pandangan atau pendapat pada laporan berdasarkan suatu teori atau definisi (referensi).

4. → Pembahasan: Analisis laporan keuangan adalah evaluasi atau penafsiran neraca dan dafar perubahan posisi keuangan perusahaan. Mengadakan analisis laporan keuangan sangat penting untuk mengetahui keadaan dan perkembangan keuangan dari perusahaan yang bersangkutan. Analisis laporan keuangan selalu berhubungan dengan masalah neraca, rugi/laba dan perubahan modal perusahaan. Analisis laporan keuangan pada hakikatnya adalah untuk mengadakan penilaian atas keadaan keuangan perusahaan.

5. → Pembahasan: Ya, Analisis laporan keuangan pada hakikatnya adalah untuk mengadakan penilaian atas keadaan keuangan perusahaan. Untuk lebih dapat menggambarkan perubahan posisi keuangan dan sifat pengembangan perusahaan dari waktu ke waktu suatu perusahaan diharuskan membuat laporan keuangan paling lama 2 tahun terakhir dari kegiatan usahanya.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 11, XI SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *