Soal Sistem Penjualan Produk dalam Kewirausahaan

soal sistem penjualan produk dalam kewirausahaan

Soal Sistem Penjualan Produk dalam Kewirausahaan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi sistem penjualan produk dalam kewirausahaan.

Soal dan Kunci Jawaban Sistem Penjualan Produk dalam Kewirausahaan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan dan yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.

Bacaan Lainnya

Produk dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu berdasarkan wujudnya dan berdasarkan daya tahan; Sedangkan menurut tingkatan barang / produk dibagi mejadi 5 yaitu: Manfaat dasar dari suatu produk yang ditawarkan kepada konsumen; bentuk dasar dari suatu produk yang dapat dirasakan oleh panca indera; serangkaian atribut-atribut produk dan kondisi-kondisi yang diharapkan oleh pembeli pada saat membeli suatu produk; Sesuatu yang membedakan antara produk yang ditawarkan oleh badan usaha dengan produk yang ditawarkan oleh pesaing; Semua argumentasi dan perubahan bentuk yang dialami oleh suatu produk dimasa datang.

Aspek produksi dalam pengelolaan usaha meliputi jenis dan kualitas produk dan jasa, pengelolaan persediaan, manajemen dan proses produksi, dan penyimpanan produk.

Teknik menciptakan produk dalam kewirausahaan diawali dengan adanya inovasi. Kemudian inovasi berkembang menjadi kewirausahaan melalui proses yang dipengaruhi lingkungan, organisasi, dan keluarga.

Tujuan utama dari penjualan adalah untuk mendatangkan keuntungan atau laba dari produk-produk atau jasa yang dihasilkan produsennya dengan pengelolaan yang baik dan juga mengharapkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Pemasaran adalah suatu proses kegiatan-kegiatan menyeluruh dan juga terpadu serta terencana, yang dilakukan oleh institusi untuk menjalankan usaha guna untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan cara membuat produk-produk, menetapkan harganya, mengkomunikasikan, dan juga mendistribusikannya melalui kegiatan pertukaran untuk memuaskan pembeli/konsumen serta perusahaan yang memerlukan strategi.

Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.

Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran. Dalam penyusunan perencanaan pemasaran, analisa tren pada bisnis di masa mendatang merupakan hal penting. Ini adalah strategi untuk memahami bagaimana perusahaan dapat menangkap peluang di waktu yang akan datang, menghindari ancaman yang dapat menjatuhkan bisnis dan menyiapkan strategi untuk menghadapinya.

Penjualan adalah kegiatan yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan kepada usaha pemuasan kebutuhan serta keinginan pembeli/konsumen, guna untuk mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba atau keuntungan.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan dan dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen. Produk dapat diklasifikasikanberdasarkan ….

A. volume

B. wujud

C. harga

D. penjual

2) Salah satu tingkatan produk yaitu ….

A. Produk utama atau inti (core benefit)

B. Produk khusus (speciality product),

C. Produk yang tidak diketahui (Unsought goods)

D. Produk yang memiliki frekuensi pembelian yang tinggi (Convenience Goods)

3) Produk tangible yaituproduk yang ….

A. Tidak ada wujudnya

B. Mudah didapatkan

C. Sulitditemukan dipasaran

D. Ada wujudnya

4) Contoh faktor pribadi yang mempengaruhi proses inovasi sebagai strategi penciptaan produk, yaitu ….

A. pendidikan

B. usia

C. kelangkaan

D. persediaan bahan baku

5) Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu ….

A. bahan baku

B. situasi ekonomi

C. harga

D. geografis

Kunci Jawaban

1.B

2.A

3.D

4.A

5.B

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Sanitasi Hebat!

REKOMENDASI UNTUK ANDA