Soal Struktur Pasar

soal struktur pasar

Soal Struktur Pasar– Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal ekonomi kelas 10, SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang struktur pasar dalam ilmu ekonomi.

Rangkuman Materi Struktur Pasar

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Jenis-jenis pasar:

Bacaan Lainnya
  1. Pasar Monopoli

Pasar Monopoli adalah struktur pasar di mana perusahaan tunggal mengendalikan seluruh pasar.

  1. Oligopoli

Pasar Oligopoli menggambarkan suatu struktur pasar yang didominasi oleh hanya sejumlah kecil perusahaan yang menghasilkan kompetisi terbatas.

  1. Persaingan Monopolistik

Persaingan monopolistik adalah struktur pasar di mana sejumlah besar perusahaan kecil bersaing satu sama lain.

  1. Persaingan Sempurna

Persaingan sempurna menggambarkan struktur pasar di mana sejumlah besar perusahaan kecil bersaing satu sama lain.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Perhatikan ciri-ciri pasar:

1) Terdapat beberapa produsen yang menguasai pasar

2) Satu diantaranya merupakan price leader

3) Barang yang diperjualbelikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated product)

4) Tidak ada persaingan

5) Harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran pasar

Yang merupakan ciri pasar oligopoli adalah ….

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 3), dan 4)

C. 1), 3), dan 5)

D. 2), 4), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)

2. Pasaran motor di Indonesia dikuasai oleh “Tiga Besar” produk yaitu Honda, Suzuki, dan Yamaha. Pasar sepeda motor di Indonesia menunjukkan bentuk pasar.…

A. Oligopoli

B. Monopsoni

C. Oligopsoni

D. Persaingan sempurna

E. Monopoli

3. Berikut ini adalah ciri-ciri Pasar Monopoli dan Pasar Persaingan Sempurna:

1) Ada satu penjual atau produsen yang menguasai produk tertentu

2) Ada satu pembeli atau konsumen yang menguasai produk tertentu

3) Penjual dan produsennya banyak

4) Pembeli atau konsumennya banyak

5) Baik penjual atau pembelinya sama-sama banyak

6) Produsen bisa bertindak sebagai price maker

Ciri-ciri yang tepat bagi Perusahaan Listrik Negara (PLN) adalah ….

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 4), dan 6)

C. 2), 3), dan 5)

D. 3), 5), dan 6)

E. 4), 5), dan 6)

 4. Ciri dari pasar monopoli ialah apabila seorang penjual atau pembeli menguasai pasar sehingga dapat mempengaruhi penetapan harga pasar. Sedangkan ciri dari pasar persaingan sempurna ….

A. suatu pasar dengan kelompok penjual yang menjual barang-barang yang sejenis, tetapi terdapat perbedaan-perbedaan hasil produksi.

B. terdapatnya campur tangan pemerintah dalam kehidupan ekonomi dengan maksud melindungi kepentingan masyarakat

C. jumlah pembeli dan penjual sangat banyak sehingga pembeli atau penjual secara perorangan tidak dapat mempengaruhi situasi pasar

D. terdapatnya keterbatasan baik keterbatasan jumlah penjual maupun keterbatasan harga

E. terdapatnya kecenderungan persaingan antara pembeli dan penjual dalam menetapkan harga serendah mungkin

5. Di bawah ini adalah ciri sebuah pasar:

1. Penyalahgunaan kekuatan ekonomi

2. Menghindari produk-produk tiruan

3. Terjadi perang harga karena tindakan seorang penjual dibalas penjual lain

4. Tidak adanya persaingan

Yang merupakan kekurangan pasar monopoli adalah pernyataan .…

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 1 dan 4

D. 2 dan 3

E. 2 dan 4

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. A → Pembahasan:

Perhatikan ciri-ciri pasar:

  •  Terdapat beberapa produsen yang menguasai pasar
  • Satu diantaranya merupakan price leader
  • Barang yang diperjualbelikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated product)

2. A → Pembahasan: Pasaran motor di Indonesia dikuasai oleh “Tiga Besar” produk yaitu Honda, Suzuki, dan Yamaha. Pasar sepeda motor di Indonesia menunjukkan bentuk pasar Oligopoli.

3. B → Pembahasan:

Berikut ini adalah ciri-ciri Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai Pasar Monopoli:

  • Ada satu penjual atau produsen yang menguasai produk tertentu
  • Pembeli atau konsumennya banyak
  • Produsen bisa bertindak sebagai price maker

4. C → Pembahasan: Ciri dari pasar persaingan sempurna: Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak sehingga pembeli atau penjual secara perorangan tidak dapat memengaruhi situasi pasar.

5. C → Pembahasan: 

Kekurangan pasar monopoli:

  1. Penyalahgunaan kekuatan ekonomi
  2. Tidak adanya persaingan

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS modul ekonomi Kelas 10, X SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Artikel Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *