Soal Struktur Teks Eksposisi

soal struktur teks eksposisi

Soal Struktur Teks Eksposisi – Halo adik-adik, kali ini mimin dinas.id akan memberikan rekomendasi kumpulan contoh soal-soal Bahasa Indonesia kelas 10, X KD 3.4 SMA untuk UAS, UTS semester genap, ganjil, gasal. Tentunya, sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang struktur teks eksposisi.

Rangkuman Materi Struktur Teks Eksposisi

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Teks eksposisi dibangun oleh tiga struktur yang membangun teks tersebut menjadi sebuah teks eksposisi. Ketiga struktur tersebut adalah sebagai berikut.

Bacaan Lainnya
  1. Pernyataan Pendapat (tesis)

Merupakan bagian teks yang berisikan pernyataan pendapat (tesis) sang penulis. Bagian ini juga biasa disebut sebagai bagian pembuka.

  1. Argumentasi

Merupakan unsur penjelas untuk mendukung tesis yang disampaikan, berisikan alasan yang dapat memperkuat argumen penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasan.

  1. Penegasan Ulang Pendapat

Merupakan bagian yang berisi penegasan ulang pendapat sang penulis. yaitu bagian yang bertujuan menegaskan pendapat awal serta menambah rekomendasi atau saran

Latihan Soal

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Jelaskan struktur teks eksposisi!

2. Buatlah tiga kalimat berisikan argumen berdasarkan gambar di bawah ini!

Buatlah tiga kalimat berisikan argumen berdasarkan gambar di bawah ini!

3. Buatlah teks eksposisi menggunakan struktur yang lengkap dengan tema lingkungan hidup!

BACA JUGA:  Soal Ikhtisar Buku Nonfiksi

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan:

Struktur teks eksposisi adalah sebagai berikut.

  • Pernyataan Pendapat (tesis) Merupakan bagian teks yang berisikan pernyataan pendapat (tesis) sang penulis. Bagian ini juga biasa disebut sebagai bagian pembuka.
  • Argumentasi Merupakan unsur penjelas untuk mendukung tesis yang disampaikan, berisikan alasan yang dapat memperkuat argumen penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasan.
  • Penegasan Ulang Pendapat Merupakan bagian yang berisi penegasan ulang pendapat sang penulis. yaitu bagian yang bertujuan menegaskan pendapat awal serta menambah rekomendasi atau saran.

2. → Pembahasan:

Pernyataan berupa argumen tentang bersepeda:

  • Sebuah studi panjang telah dilakukan oleh peneliti dari Finlandia dan mereka menemukan bahwa, seseorang yang melakukan aktivitas bersepeda sekitar 30 menit setiap hari mampu mengurangi kemungkinan terkena kanker sampai dengan setengahnya.
  • Bersepeda dapat Mengurangi Kemacetan dijalan raya, karena bentuk alat transportasi yang
  • satu ini lebih ramping, selain itu dapat menghemat bahan bakar juga dan ramah lingkungan.
  • Bagi kalian yang ingin diet tapi tidak ingin ribet, bersepeda merupakan solusi Anda untuk menurunkan berat badan. Karena rata-rata seseorang yang bersepeda dapat mengurangi berat badan sekitar 5,8 Kg ditahun pertama mereka bersepeda.

3. → Pembahasan:

Contoh Teks Eksposisisi: Hutan Sumatera dan Kalimantan Terancam Punah

BACA JUGA:  Soal Analisis Unsur Buku Fiksi

Tesis

Apabila masih tidak ada tindakan yang cepat dan tepat maka dalam kurun waktu sepuluh tahun ke depan hutan Sumatera akan punah. Hal ini juga akan diikuti oleh hutan Kalimantan.

Saat ini tidak terlihat adanya tanda-tanda perbaikan pengelolaan hutan dibandingkan tahun-tahun lalu. Sebaliknya, justru malah cenderung memburuk. Penebangan liar semakin meningkat dan bencana alam kebakaran hutan malah terus terjadi.

Hal ini diperparah dengan dibukanya hutan lindung untuk lahan pertambangan. Jika terus begini maka nasib hutan Indonesia akan semakin suram.

Argumentasi

Di pulau Sumatera, berdasarkan titik kebakarannya sebanyak 49% hutan gambut, 13% alang-alang, 10% hutan dataran rendah, 10% pertanian/pemukiman masyarakat, 8% perkebunan dan sisa rawa (non-gambut) telah habis terbakar. Kerugian yang dialami juga tidak main-main. Pada tahun 1997 lalu diperkirakan kerugian mencapai angka Rp2-4 triliun.

Kondisi hutan negara kita sungguh sangat memprihatinkan. Dalam kurun periode sekitar 50 tahun, hutan alam di Indonesia akan mengalami penurunan luas kurang lebih 64 juta hektare.

Keanekaragaman hayati di dataran rendah Sumatera juga telah musnah akibat pembukaan hutan alam di sana.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul Bahasa Indonesia Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.