Soal Kegiatan Persiapan Bahan Makanan

soal kegiatan persiapan bahan makanan

Soal Kegiatan Persiapan Bahan Makanan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi kegiatan persiapan bahan makanan.

Soal dan Kunci Jawaban Kegiatan Persiapan Bahan Makanan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Kegiatan yang dilakukan pada proses persiapan bahan makanan yaitu mencuci, mengupas, memotong, menghaluskan, mencincang, memblanching, memarut dan sebagainya.

Bacaan Lainnya

Mencuci bahan makanan merupakan langkah awal untuk menjaga agar bahan makanan bebas dari kotoran, mikroba pathogen dan aman dari bahan berbahaya.

Teknik yang tepat dalam mencuci bahan makanan adalah dengan menggunakan air mengalir agar kotoran yang menempel pada bahan makanan ikut hanyut bersama air tidak mengendap seperti ketika dicuci dalam wadah.

Mencuci bahan makanan yang tepat adalah sebelum dipotong-potong dengan tujuan untuk mengindari hilangnya nilai gizi bahan makanan. Bahan makanan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda sehingga penanganan pencuciannya juga berbeda pula.

Penanganan untuk daging seperti ayam, sapi atau kambing sebaiknya tidak dicuci dahulu sebelum dimasak. Untuk menghindari kontaminasi bakteri yang sering ditemukan pada daging mentah, bahan makanan jenis ini sebaiknya tidak melalui proses penyimpanan, langsung diolah segera setelah pembelian.

Mengupas adalah melepaskan kulit luar dari bahan makanan. Alat yang bisa digunakan yaitu pisau dan peeler. Teknik mengupas dan penggunaan alat yang tepat akan mempengaruhi proses persiapan baik dari segi waktu maupun hasil tampilan bahan makanan yang dikupas.

Memotong bahan makanan merupakan kegiatan dalam persiapan bahan makanan berupa mengubah bentuk bahan makanan yang masih utuh menjadi potongan sesuai dengan standar resep atau standar porsi yang ada.

BACA JUGA:  Soal Peralatan Persiapan Bahan Makanan

Ada dua cara menghaluskan bumbu yaitu dengan menggunakan cobek dan menggunakan blender. Cara menghaluskan bumbu dengan blender memang dipandang lebih praktis, lebih halus, lebih cepat dan lebih banyak bumbu yang dihasilkan dibanding menghaluskan dengan cobek. Namun ada juga beberapa orang yang berpandangan bahwa menghaluskan bumbu dengan cobek akan menghasilkan bumbu yang lebih enak, dengan kelebihannya yang tidak membutuhkan sarana listrik.

Mencincang adalah memotong bahan makanan atau bumbu menjadi bentuk yang lebih halus atau kecil. Bahan makanan yang bisanya melalui proses ini contohnya adalah daging, bawang putih, bawang Bombay, seledri, daun jeruk dan peterseli.

Blanching adalah proses perlakuan pemanasan awal pada bahan makanan segar misalnya sayuran atau buah sebelum mengalami proses pembekuan, pengeringan, pengalengan atau pengolahan lebih lanjut. Proses blanching dilakukan dengan memanaskan bahan makanan seperti sayuran atau buah pada suhu kurang dari 100 0C.

Tujuan dari blanching adalah menonaktifkan enzyme dalam bahan pangan, membersihkan bahan makanan dari kotoran, mengurangi jumlah mikrobia, mengeluarkan gas-gas dari dalam jaringan tanaman, melayukan atau melunakkan jaringan tanaman, menghilangkan bau dan rasa yang tidak dikehendaki, menghilangkan lendir pada beberapa jenis sayuran, memperbaiki warna bahan makanan misalnya warna hijau daun sayuran.

Memarut adalah mengubah bahan makanan menjadi bentuk potongan atau serat halus dengan menggunakan parutan bahan makanan. Bahan makanan yang biasanya diparut adalah keju, coklat, kelapa, singkong dan sebagainya.

Mengiris adalah memotong bahan makanan dan bumbu menjadi bagian yang lebih tipis. Bumbu seperti bawang merah, bawang putih kemudian bahan makanan lain seperti kentang, singkong untuk dibuat keripik biasanya menggunakan teknik ini.

Mememarkan adalah memukul atau menekan bahan makanan hingga pecah bentuknya. Alat yang digunakan pada teknik ini yaitu batu ulekan atau gagang pisau yang diletakkan pada posisi tidur. Bahan makanan yang biasanya dimemarkan yaitu bawang putih, serai, jahe dan lengkuas.

BACA JUGA:  Soal Formularium Rumah Sakit

Memipil adalah melepaskan butiran jagung dari bonggolnya. Cara memipil jagung yaitu melepas butiran butiran jagung tersebut dengan tangan pada saat jagung masih mentah atau sudah direbus.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Perhatikan gambar dibawah ini!

persiapan bahan makanan

Kegiatan persiapan apa yang sedang dilakukan?

A. Memarut

B. Mengiris

C. Mememarkan

D. Menghaluskan

2) Seorang tenaga persiapan sedang melepaskan jagung dari bonggolnya. Apa yang sedang dilakukan tenaga tersebut?

A. Memotong

B. Memipil

C. Mememarkan

D. Memarut

3) Tenaga persiapan di instalasi gizi melakukan blanching pada sayuran labu siam karena kelemahan yang dimilikinya. Apa tujuan yang ingin dicapai pada proses tersebut?

A. Menginaktivasi ensim

B. Memperbaiki warna

C. Menghilangkan bau dan rasa yang tidak dikehendaki

D. Menghilangkan lender

4) Mencuci bahan makanan yang tepat adalah sebelum dipotong-potong. Mengapa demikian?

A. Untuk mengindari hilangnya nilai gizi bahan makanan

B. Untuk menghemat air

C. Agar terjaga keamanannya

D. Agar lebih cepat proses pengerjaannya

5) Potongan sayuran ini berbentuk kubus ukuran 1 x 1 x 1 cm, biasanya digunakan pada wortel, buncis, kentang. Apa bentuk potongan yang dimaksud?

A. Jardiniere

B. Macedoine

C. Julienne

D. D. Brunoise

Kunci Jawaban

1) C

2) B

3) E

4) A

5) B

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.