Soal Kehidupan Masa Hindu-Buddha Yang Gemilang

soal kehidupan masa hindu-buddha yang gemilang

Soal Kehidupan Masa Hindu-Buddha Yang Gemilang – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang .

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Genap Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

* (Disertai kunci jawaban).

Bacaan Lainnya

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban terbaik dari pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang India. Pernyataan tersebut sesuai dengan teori …

a. Brahmana

b. Kesatria

c. Waisya

d. Sudra

2. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1) Merupakan raja terbesar Kerajaan Kutai.

2) Kebesarannya dapat dilihat dalam upacara-upacara persembahan kepada para dewa

3) Memberikan hadiah atau sedekah berupa sapi dalam jumlah yang banyak pada para Brahmana.

Berdasarkan pernyataan tersebut, raja kerajaan kutai yang dimaksud adalah….

a. Ratu Sima

b. Raja Kudungga

c. Raja Mulawarman

d. Raja Asmawarman

3. Prasasti peniggalan kerjaan tarumanegara yang menceritakan penggalian sungai gomati untuk mencegah terjadinya banjir adalah prasasti….

a. Tugu

b. Ciaruteun

c. Jambu

d. Cidanghiang

4. Raja-raja yang berkuasa dari Dinasti Sanjaya terdapat dalam prasasti …

a. Mantyasih

b. Canggal

c. Kalasan

d. Klurak

5. Toleransi di Indonesia telah berkembang sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha. Salah satu bentuk toleransi dapat dijumpai pada masa Kerajaan Mataram Kuno yaitu pada peristiwa…

a. pernikahan politik antara Pramodawardhani dengan Rakai Pikatan

b. pemindahan pusat Kerajaan Mataram Kuno ke Jawa Timur oleh Mpu Sindok

c. pembangunan candi Kalasan yang bercorak Buddha oleh Rakai Panangkaran

d. pembangunan pusat perdagangan di Sungai Bengawan Solo oleh Rakai Dyah Balitung

6. Kerajaan yang telah dibangun oleh Raja Airlangga akhirnya dibagi menjadi dua, yaitu …

a. Kerajaan Jenggal dan Kerajaan Medang

b. Kerajaan Kediri dan Kerajaan Jenggala

c. Kerajaan Singasari dan Kerajaan Kediri

d. Kerajaan Medang dan Kerajaan Kamulan

7. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Mempunyai teknologi persenjataan canggih

2) Meminta bantuan Arya Wiraraja dari Madura

3) Menjalin kerja sama dengan tentara Mongol

4) Memiliki banyak pasukan

5) Memiliki pengikut setia

Faktor pendorong keberhasilan Raden Wijaya saat mendirikan Kerajaan Majapahit   ditunjukan oleh angka…

a. 1), 2), dan 3)

b. 1), 2), dan 4)

c. 2), 3), dan 4)

d. 2), 3), dan 5)

8. Tujuan utama Ekspedisi Pamalayu yang dilakukan raja Kertanegara tahun 1275-1286 pada dasarnya adalah untuk memperluas wilayah kekuasaan kerajaan Singhasari terutama sasarannya adalah kerajaan-kerajaan di Sumatera (Melayu).

a. luas wilayah kekuasaan Kerajaan Singhasari

b. mencari sekutu yang dapat membendung serbuan Mongol

c. menaklukkan Kerajaan Sriwijaya

d. menunjukkan kekuasaan Kerajaan Sriwijaya

9.  Pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha dalam bidang pemerintahan adalah …

A. pergantian pimpinan masyarakat didasarkan atas keturunan

B. pemimpin masyarakat dipilih berdasarkan kastanya

C. hubungan penguasa dan rakyat adalah hubungan manusia dengan dewa

D. gelar yang dipakai pemimpin adalah datuk

10. Salah satu bentuk akulturasi antara budaya Indonesia dengan budaya India pada bentuk bangunan candi terlihat dari ….

A. relief yang dilukiskan pada candi

B. arca atau patung yang terdapat di candi

C. bentuk stupa

D. bentuk candi yang berupa punden berundak

11. Perhatikan data di bawah ini!

1) Aktifitas ekonomi mengandalkan sektor perdagangan

2.)Sering kedatangan musafir dari Cina dan India

3) Sering mengirimkan utusannya ke Luar Negeri

4)Wilayahnya terletak di Jalur perdagangan antar Negara

5)Wilayahnya dikelilingi lautan

Berikut Ini yang merupakan Bukti bahwa Kerajaan Sriwijaya merupakan Kerajaan Maritim ditunjukkan oleh Nomor….

a. 1), 2), 3)

b. 1), 3), 5)

c. 1),4),5)

d. 2),3),4)

13. Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharmma Mangrwa, bermakna bahwa walaupun beraneka ragam, tetap dalam satu kesatuan, tidak ada agama yang mendua. Kalimat tersebut terdapat pada kitab…

a. Sutasoma

b. Sorandaka

c. Kutaramanawa

d. Sudayana

14. Candi berikut ini yang bercorak Buddha, yaitu ….

a. Candi Panataran dan Candi Prambanan

b. Candi Singasari dan Candi Mendut

c. Candi Plaosan dan Candi Panataran

d. Candi Muara Takus dan Candi Plaosan

15. Bentuk prasasti kebudayaan masyarakat di Kerajaan Kutai memiliki kemiripan dengan hasil kebudayaan di masa….

a. Mesozoikum

b. Neozoikum

c. Perundagian

d. Megalithikum

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. Kunci Jawaban C

Pembahasan:

Menurut teori Waisya yang dikemukakan oleh N.J. Krom, agama Hindu masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum waisya atau para pedagang.

BACA JUGA:  Soal Perkembangan Profesi Bidan

2. Kunci Jawaban C

Pembahasan :

Mulawarman dianggap sebagai raja terbesar Kutai, Yupa mencatat banyak pencapaian pencapaiannya. Diantaranya mengadakan kenduri dengan emas yang banyak, bersedekah segunung minyak, dan 20.000 ekor sapi kepada para brahmana.

3. Kunci Jawaban A

Pembahasan:

Prasasti Tugu adalah salah satu prasasti yang berasal dari Kerajaan Tarumanagara. Prasasti tersebut isinya menerangkan penggalian Sungai Candrabaga oleh Rajadirajaguru dan penggalian Sungai Gomati oleh Purnawarman pada tahun ke-22 masa pemerintahannya. Penggalian sungai tersebut merupakan gagasan untuk menghindari bencana alam berupa banjir yang sering terjadi pada masa pemerintahan Purnawarman, dan kekeringan yang terjadi pada musim kemarau.

4. Kunci Jawaban A

Pembahasan:

Prasasti Mantyasih, juga disebut Prasasti Balitung atau Prasasti Tembaga Kedu, adalah prasasti berangka tahun 907 M yang berasal dari Wangsa Sanjaya, kerajaan Mataram Kuno. Prasasti ini ditemukan di kampung Mateseh, Magelang Utara, Jawa Tengah dan memuat daftar silsilah raja-raja Mataram sebelum Raja Balitung. Prasasti ini dibuat sebagai upaya melegitimasi Balitung sebagai pewaris tahta yang sah, sehingga menyebutkan raja-raja sebelumnya yang berdaulat penuh atas wilayah kerajaan Mataram Kuno.

5. Kunci Jawaban C

Pembahasan :

Rakai Pikatan membantu pendirian candi-candi Buddha . Ia turut menyumbang pembangunan candi-candi Buddha termasuk di wilayah Plaosan,dekat Prambanan.Candi-candi di Plaosan yang diperuntukan bagi pemeluk agama Buddha  didirikan secara gotong royong antara penganut agama Buddha  dan agama Hindu.

6. Kunci Jawaban B

Pembahasan :

Raja Airlangga punya 2 putra, yaitu Samarawijaya dan Mapanji Grasakan. Tapi persaudaraan dari kedua putranya nggak kayak kakak-beradik pada umumnya. Sejak muda, Samarawijaya dan Mapanji Grasakan saling bersaing ingin memperebutkan takhta dan kekuasaan. Makanya, sesuai saran dari seorang Brahmana yang bernama Empu Bharada, Raja Airlangga akhirnya membagi wilayah kerajaannya jadi dua.

7. Kunci Jawaban D

Pembahasan :

Mengetahui bahwa mertuanya Raja Kertanegara telah terbunuh, Raden Wijaya bersama pengikutnya mengungsi ke Madura dan meminta perlindungan dari Wiraraja. Kedatangan Mongol dimanfaatkan dengan baik oleh Raden Wijaya untuk mencapai tujuannya menjatuhkan kekuasaan Jayakatwang.Tentara Mongol pun menerima tawaran Raden Wijaya untuk menghancurkan Jayakatwang, Setelah peperangan berakhir, Raden Wijaya memutuskan kembali ke Majapahit dan secara mendadak berbalik menyerang tentara Mongol. Tentara mongol yang mendapatkan serangan mendadakpun menderita kekalahan besar dan kembali ke negerinya. Kemudian Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit.

8. Kunci Jawaban B

Pembahasan :

Tujuan utama Ekspedisi Pamalayu yang dilakukan raja Kertanegara tahun 1275-1286 pada dasarnya adalah untuk mencari sekutu yang dapat membendung serbuan Mongol.

9. Kunci Jawaban A

Pembahasan :

Sistem pemerintahan bercorak kesukuan dan kerakyatan menjadi monarki dengan hirarki (tingkatan) yang jelas. Struktur pemerintahan monarki berlaku umum disemua kerajaan Hindu-Buddha  yang pernah muncul di Indonesia.

10. Kunci Jawaban D

Pembahasan :

Bentuk-bentuk bangunan candi di Indonesia pada umumnya merupakan bentuk akulturasi antara unsur-unsur budaya Hindu- Buddha dengan unsur budaya Indonesia asli. Bangunan yang megah, patung-patung perwujudan dewa atau Buddha, serta bagianbagian candi dan stupa adalah unsur-unsur dari India. Bentuk candicandi di Indonesia pada hakikatnya adalah punden berundak yang merupakan unsur Indonesia asli. Candi Borobudur merupakan salah satu contoh dari bentuk akulturasi tersebut.

11. Kunci Jawaban C

Pembahasan :

Kerajaan Sriwijaya menjadi pusat perdagangan dan merupakan negara maritim, Ekspansi kerajaan ini ke Jawa dan Semenanjung Malaya, menjadikan Sriwijaya mengendalikan simpul jalur perdagangan utama di Asia Tenggara. Berdasarkan observasi, ditemukan reruntuhan candi-candi Sriwijaya di Thailand dan Kamboja.

12. Kunci Jawaban B

Pembahasan:

Majapahit mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk. Raja Hayam Wuruk merupakan putra dari Tribhuwanatunggadewi. Dalam menjalankan pemerintahannya, Hayam Wuruk dibantu oleh Mahapatih Gajah Mada.

13. Kunci Jawaban  A

Pembahasan :

Bhineka Tunggal Ika’ adalah sebuah frasa yang terdapat dalam kitab Sutasoma. Kitab Sutasoma merupakan karangan Mpu Tantular yang dituliskan menggunakan bahasa Jawa kuno dengan aksara Bali.

14. Kunci Jawaban D

Pembahasan:

Candi Mendut, Candi Muara Takus, dan Candi Plaosan merupakan candi bercorak Buddha. Candi Panataran, Candi Singasari, dan Candi Prambanan merupakan candi bercorak Hindu.

15. Kunci Jawaban D

Pembahasan:

Bentuk prasasti kebudayaan masyarakat di Kerajaan Kutai memiliki kemiripan dengan hasil kebudayaan di masa Megalithikum yaitu Menhir yang menyerupai Yupa adalah tiang batu (tugu) berukuran kurang lebih 1 meter yang ditanam di atas tanah. Pada tiang batu ini terukir prasasti dari kerajaan Kutai yang dianggap sebagai sumber tulisan tertua di Indonesia.

Demikian prediksi soal dan jawaban tentang Kehidupan Masa Hindu-Buddha Yang Gemilang untuk UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7, IX SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.