Soal Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

soal pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial

Soal Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal IPS kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Gasal Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

Rangkuman Materi Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Lembaga sosial tercipta karena kebutuhan manusia yang ber­awal dari suatu interaksi sosial. Dengan adanya lembaga sosial yang sudah dikelompokkan sesuai kebutuhan manusia, membuat manusia mudah mencapai suatu tujuan.

Suatu lembaga terbentuk akibat dari berbagai aktifitas manusia dalam memenuhi kebutuhan melalui interaksi sosial. Semakin kompleks kehidupan di suatu masyarakat, maka akan semakin kompleks pula lembaga sosial yang dibutuhkan untuk pemenuhan kebutuhan dalam kehidupan bersama.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban dari uraian berikut yang paling benar!

1. Bagaimanakah sebuah lembaga sosial dapat terbentuk? Apakah tujuan dari terbentuknya lembaga sosial?

Lembaga keluarga merupakan sebuah lembaga dimana kita menghabiskan waktu bersama dengan orang terdekat. Jelaskan apa yang harus Ananda lakukan agar lembaga keluarga menjadi tempat yang nyaman dan aman!

2. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita membutuhkan bantuan orang lain. Untuk memenuhi kebutuhan berupa makanan pokok, yaitu beras, kita membutuhkan banyak pihak yang membantu mendapatkan beras tersebut.

BACA JUGA:  Soal Bank

Beri penjelasan Ananda dalam hubungannya dengan orang lain, terkait cara Ananda untuk mendapatkan beras sampai kemudian siap di santap! Termasuk lembaga sosial  apakah yang memiliki tujuan memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari?

3. Kadangkala kita dengar, beberapa kontravensi antara pemerintah dan rakyat. Seperti ketika pemerintah berniat menaikan tarif listrik atau bahan bakar. Terkadang kontravensi itu berubah menjadi konflik berupa demontrasi rakyat yang ditujukan untuk pemerintah. Bagaimana menurut pendapat Ananda? Jelaskan yang Ananda ketahui mengenai pentingnya lembaga politik di masyarakat kita!

Jawaban dan Pembahasan

1.→ Sebuah lembaga terbentuk akibat dari suatu aktifitas manusia dalam memenuhi kebutuhan melalui interaksi sosial.

2.→ Lembaga sosial bertujuan untuk memenuhi berbagai keperluan pokok dari kehidupan manusia.

3.→ Keluarga adalah tempat dimana kita menghabiskan waktu sehari-hari, untuk dapat menciptakan lingkungan keluarga yang nyaman dan aman, hendaklah kita memahami apa yang menjadi tanggung jawab dan hak kita. Misalnya sebagai anak dan pelajar, memiliki tanggung jawab membantu orang tua, mendengarkan perkataan orang tua, beribadah dan belajar sedangkan hak yang kita dapatkan ialah dicukupi kebutuhan hidup oleh orangtua.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7, VII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.