Soal Pengertian Dan Syarat Lembaga Sosial Serta Tingkatan Norma Di Masyarakat

soal pengertian dan syarat lembaga sosial serta tingkatan norma di masyarakat

Soal Pengertian Dan Syarat Lembaga Sosial Serta Tingkatan Norma Di Masyarakat – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal IPS kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengertian dan syarat lembaga sosial serta tingkatan norma di masyarakat.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Gasal Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

Rangkuman Materi Pengertian Dan Syarat Lembaga Sosial Serta Tingkatan Norma Di Masyarakat

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Manusia disebut sebagai makhluk sosial. Manusia memiliki naluri dasar untuk selalu berinteraksi, dan untuk memenuhi kebutuhan dasar maka diperlukan norma yang fungsi mengatur manusia sehari­hari.

Supaya hubungan antar manusia di dalam suatu masyarakat bisa terjalin sebagaimana yang diharapkan maka dirumuskanlah norma­norma di masyarakat.

Kumpulan norma kemudian membentuk lembaga sosial dengan berbagai kelompok tujuan. Lembaga sosial ialah lembaga yang mengatur rangkaian tata cara/norma/aturan/kaidah/patokan dalam memenuhi kebutuhan manusia dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban dari uraian berikut yang paling benar!

1. Jelaskan proses terbentuknya lembaga sosial di masyarakat!

2. Sebutkan 3 syarat norma dapat dijadikan lembaga sosial!

BACA JUGA:  Soal Konsep Dasar Neonatus dengan Masalah yang Lazim Timbul

3. Jelaskan pengertian norma!

4. Sebutkan 4 tingkatan norma yang berkembang di masyarakat!

5. Ceritakan mengenai salah satu tingkatan norma yang Ananda ketahui!

Jawaban dan Pembahasan

1.→ Pembahasan: Lembaga sosial terbentuk karena adanya interaksi yang terus menerus dilakukan demi pemenuhan kebutuhan, dalam hal ini norma berperan penting sebagai acuan dalam bertindak demi tercapainya tujuan kebutuhan dan interaksi yang baik.

2.→ Pembahasan:

  • Diterima sebagian besar anggota masyarakat.
  • Menjiwai seluruh warga.
  • Mempunyai sanksi mengikat anggota masyarakat.

3.→ Pembahasan: Norma merupakan aturan/kaidah yang menjadi pedoman bertingkah laku di masyarakat.

4.→ Pembahasan:

  • Cara
  • Kebiasaan
  • Tata Kelakuan
  • Adat Istiadat

5.→ Pembahasan:

  • Tingkatan norma cara memiliki ikatan paling lemah, jika dilanggar mendapat sanksi dari masyarakat berupa celaan/teguran. Contohnya ialah saat kita membuang sampah sembarangan, maka kita akan mendapat teguran.
  • Kebiasaan ialah prilaku berulang-ulang yang terjadi di masyarakat, memiliki sanksi tidak terlalu mengikat, jika dilanggar maka akan mendapat teguran, misalnya seorang anak yang tidak memberi salam saat masuk rumah.
  • Tata kelakuan ialah patokan dalam bertindak dan sudah mendapat unsur pengawasan, bila dilanggar akan mendapat sanksi sesuai kesepakatan yang tertuang dalam tata tertib, contohnya seorang anak yang tidak memakai seragam lengkap saat upacara.
  • Adat istiadat ialah norma yang berkembang kuat di suatu masyarakat, bila dilanggar akan mendapat sanksi dari masyarakat tersebut. Contohnya upacara pernikahan adat.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7, VII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.