Soal Pengertian, Syarat, dan Ciri Interaksi Sosial

soal pengertian, syarat, dan ciri interaksi sosial

Soal Pengertian, Syarat, dan Ciri Interaksi Sosial – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh Soal-soal IPS kelas 7, VII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengertian, syarat, dan ciri interaksi sosial.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Gasal Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

Rangkuman Materi Pengertian, Syarat, dan Ciri Interaksi Sosial

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Manusia ialah makhluk sosial, maksudnya ialah sejak manusia lahir sampai meninggal, selalu mendapat atau membutuhkan bantuan dari orang lain.

Kegiatan berhubungan satu sama lain, antar individu dan individu, antar individu dan kelompok serta kelompok dan kelompok disebut interaksi sosial.

Terdapat kontak sosial dan komunikasi dalam suatu interaksi sosial. Interaksi sosial bertujuan memenuhi segala kebutuhan hidup.

Beberapa faktor yang mempengaruhi proses interaksi sosial seseorang antara lain; imitasi (meniru sifat seseorang), identifikasi (berusaha menjadi sama dengan orang lain, baik sifat/tingkah maupun pakaian dan aksesoris), sugesti (pengaruh yang ditimbulkan dari melihat/mendengar sesuatu) dan simpati (ikut merasakan yang orang lain rasakan).

BACA JUGA:  Soal Etika Profesi Bidan

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban dari uraian berikut yang paling benar!

1. Jelaskan pengertian interaksi sosial!

2. Sebutkan dan jelaskan 2 syarat terjadinya interaksi sosial!

3. Sebutkan 4 faktor yang dapat mempengaruhi proses terjadinya interaksi sosial pada diri seseorang!

4. Sebutkan 4 ciri suatu tindakan dapat dikatakan sebagai interaksi sosial!

5. Jelaskan 1 alasan mengapa interaksi sosial memerlukan aturan!

Jawaban dan Pembahasan

1.→ Pembahasan: Interaksi sosial ialah hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia.

2.→ Pembahasan: Dua syarat terjadinya interaksi sosial yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi.

3.→ Pembahasan: Empat faktor yang dapat mempengaruhi interaksi sosial pada diri seseorang yaitu imitasi, sugesti, identifikasi dan simpati.

4.→ Pembahasan: Empat ciri tindakan dikatakan sebagai interaksi sosial ialah (1)jumlah pelakunya lebih dari seorang, biasanya dua atau lebih, (2)berlangsung secara timbal balik, (3)adanya komunikasi antar pelaku dengan menggunakan simbol-simbol yang telah disepakati, (4)adanya suatu tujuan tertentu.

5.→ Pembahasan: Alasan mengapa interaksi sosial memerlukan aturan, antara lain agar terpenuhi kebutuhan/tujuan dari interaksi tersebut, terciptanya hubungan yang harmonis di masyarakat.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7, VII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.