Soal Pengaruh Kerja Sama Negara ASEAN

soal pengaruh kerja sama negara asean

Soal Pengaruh Kerja Sama Negara ASEAN – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 8, VIII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengaruh kerja sama bidang ekonomi, sosial, politik, budaya dan pendidikan terhadap kehidupan di negara ASEAN.

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Semester Gasal Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

Rangkuman Materi Pengaruh Kerja Sama Bidang Ekonomi, Sosial, Politik, Budaya dan Pendidikan terhadap Kehidupan di Negara ASEAN

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Interaksi antar negara ASEAN dalam bentuk kerja sama banyak pengaruh terhadap kehidupan masyarakat di ASEAN. Pengaruh tersebut terjadi pada bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, dan pendidikan di masing-masing msyarakat negara anggota ASEAN. Berbagai upaya telah dilakukan untuk tetap menjaga kondisi yang baik antar negara anggotanya.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban dari uraian berikut yang paling benar!

1. MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dibentuk untuk membentuk pasar tunggal dan menciptakan kondisi yang kompetitif antarnegara demi peningkatan negara-negara anggotanya. Jelaskan keuntungan MEA bagi negara-negara anggota ASEAN!

2. Jelaskan bentuk bantuan Indonesia untuk konflik di Rohingya Myanmar sebagai wujud kepedulian anggota ASEAN!

3. Mengapa pengembangan budaya dapat mendorong sektor pariwisata?

4. Jelaskan upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan pekerja migran di wilayah ASEAN?

BACA JUGA:  Soal Kelainan Sistem Pernafasan

5. Jelaskan bagaimana upaya meningkatkan pendidikan di negara-negara anggota ASEAN!

Jawaban dan Pembahasan

1.→ Pembahasan:

  • Membuka peluang untuk penanaman modal asing.
  • Mempermudah perdagangan di ASEAN.
  • Membuka peluang untuk kompetisi dalam bursa tenaga kerja.

2.→ Pembahasan:

  • Mengutus menteri luar negeri Retno Marsudi untuk datang langsung ke Myanmar berdialog dengan pemerintah untuk segera mengendalikan keamanan di Rakhine State Myanmar yang merupakan daerah konflik.
  • Memberikan bantuan kemanusiaan berupa peresmian aliansi lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dibidang kemanusiaan, untuk membantu krisis humaniter warga Rohingya yang menjadi korban konflik.
  • Mengembangkan proyek pembangunan fasilitas pendidikan dan kesehatan untuk etnis Rohingya dan warga sipil yang terdampak konflik di Rakhine, Myanmar.
  • Memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada korban pengungsi Rohingya.

3.→ Pembahasan:Karena mayoritas sektor wisata berupa warisan situs cagar budaya yang bersifat kebendaan. Sehingga jika budaya dikembangkan dengan baik otomatis sektor pariwisata akan terdorong berkembang dan meningkat dengan baik pula. Sebaliknya jika budaya tidak dikembangkan dengan baik maka wisata juga tidak akan berkembang dengan baik.

4.→ Pembahasan:Dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama ASEAN yang bernama ASEAN Consensus on the Promotion and Protection of the Rights of Migrant Workers. Sebuah kesepakatan untuk melindungi pekerja migran dan keluarganya di kawasan ASEAN pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-31 ASEAN di Manila Filipina, pada tanggal 14 November 2017.

5.→ Pembahasan:

  • Meningkatkan mutu pendidik baik bagi dosen atau guru melalui proses sertifikasi, akreditasi, standarisasi pendidikan, peningkatan gaji, dan kesejahteraan pendidik.
  • Melakukan rekruitmen pendidik yang professional.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8, VIII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.