Soal Letak Geografis, Astronomis Negara Asia Tenggara

soal letak geografis, astronomis negara asia tenggara

Soal Letak Geografis, Astronomis Negara Asia Tenggara – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal-soal IPS kelas 8, VIII SMP sebagai bahan Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang letak geografis, astronomis negara Asia Tenggara (ASEAN).

Perlu diketahui bahwa soal-soal berasal dari Modul PJJ Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Semester Gasal Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jadi, sangat menjadi rekomendasi sebagai bahan melatih pemahaman peserta didik sekalian.

Rangkuman Materi Letak Geografis, Astronomis Negara Asia Tenggara (ASEAN)

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Bacaan Lainnya

Perhimpunann Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) didirikan pada tahun 1967 dan terdiri dari 10 negara anggota. Berikut gambaran tentang kondisi ASEAN.

gambaran tentang kondisi ASEAN

ASEAN memilki tujuan yang tidak saja untuk menjaga stabilitas kawasan tetapi lebih dari itu juga dalam bidang integrasi ekonomi serta dalam memperbaiki daya saing regional. Sedangkan secara geografis sangat strategis, karena dilewati oleh jalur perdagangan Internasional. Lokasi geografis di sekitar garis ekuator atau garis khatulistiwa ini menyebabkan Asia Tenggara terletak di daerah tropis.

Soal Latihan

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban dari uraian berikut yang paling benar!

  1. Sebutkan negara negara yang termasuk anggota ASEAN!
  2. Jelaskan letak geografis ASEAN!
  3. Jelaskan dampak positif dan negatif dari letak geografis ASEAN!
  4. Jelaskan pengaruh letak astonomis bagi anggota ASEAN !
  5. Analisa pengaruh kondisi iklim terhadap negara ASEAN!

Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

2. → Pembahasan: Letak Geografis ASEAN yaitu terletak di antara dua samudra yaitu Hindia dan Pasifik, dan terletak diantara dua benua yaitu Asia dan Australia.

3. → Pembahasan:

Dampak positif dan negatif letak geografis ASEAN

Dampak positif:

  • Ekonomi Negara negara ASEAN membaik karena disebabkan menjadi tempat dilaluinya jalur perdagangan dunia.
  • Karena negara ASEAN memiliki ukuran laut yang sangat luas menyebabkan banyaknya hasil laut yang melimpah.
  • Keindahan Alam yang dimiliki negara ASEAN, baik itu perairan atau daratan membuat negara negara ASEAN memiliki potensi pariwisata.
  • Negara Negara ASEAN memiliki nasib yang sama dalam melawan penjajah sehingga memiliki sejarah yang mirip atau dikatakan serumpun.

Dampak negatif:

  • Letak geografis negara negara ASEAN yang memiliki banyak pegunungan membuat negara negara ASEAN menjadi negara rawan gempa dan bencana.
  • Banyaknya penyusup narkoba dan pencurian ikan terjadi di wilayah perairan negara negara ASEAN disebabkan karena luasnya perairan ASEAN.

4. → Pembahasan:

Pengaruh letak astonomis terhadap ASEAN adalah:

  • beriklim Tropis,
  • memiliki curah hujan tinggi,
  • suhu hangat yang seragam
  • lahan pertanian yang subur
  • memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi

5. → Pembahasan: Iklim asia tenggara adalah iklim tropis. sehingga menyebabkan wilayah ASEAN memiliki tanah yang gembur dan subur. Iklim tropis ini juga membuat wilayah asia tenggara sering dilanda badai dan angin puting beliung. bencana Badai paling sering terjadi di negara Filipina. Iklim ini menyebabkan sebagian besar wilayah ASEAN bermusim 2, yaitu musim penghujan dan kemarau.

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8, VIII SMP yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.