Soal Pengertian, Ide, dan Peluang Usaha Makanan Internasional

soal pengertian, ide, dan peluang usaha makanan internasional

Soal Pengertian, Ide, dan Peluang Usaha Makanan Internasional – Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 11, XI KD 3.6 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Tentunya sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang pengertian, ide, dan peluang usaha makanan internasional.

Rangkuman Materi Pengertian, Ide, dan Peluang Usaha Makanan Internasional

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Usaha pengolahan makanan internasional dapat dijadikan salah satu peluang bisnis yang baik di era globalisasi saat ini. Cara pengolahan yang baik, resep masakan yang dapat dimodifikasi sesuai selera masyarakat setempat, pelayanan terhadap konsumen dan berbagai macam strategi pemasaran merupakan beberapa faktor yang dapat menarik konsumen untuk membeli makanan yang dijadikan usaha bisnis.

Bacaan Lainnya

Untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam membangun bisnis kuliner, selain dibutuhkan rencana yang matang juga diperlukan sifat–sifat kewirausahaan (jiwa entrepreneur) antara lain: percaya diri, tekun dan jujur, berani mengambil resiko, beorientasi ke masa depan, jiwa kepimpinan, dan keorisinilan.

Setelah memiliki ide peluang usaha pengolahan makanan internasional, selanjutnya kita perlu menilai peluang usaha tersebut dengan melihat beberapa faktor, antara lain:

  1. Sumber daya yang dimiliki harus sesuai
  2. Peluang produk tersebut diperkirakan akan bertahan dalam kurun waktu yang lama
  3. Kompetensi yang dimiliki pengusaha dituntut untuk kreatif dalam memodifikasi makanan internasional, kemasan produk, maupun dalam pemasaran.
  4. Persaingan yang muncul ketika produk sudah dikenal masyarakat
  5. Lokasi usaha yang ada harus strategis
  6. Teknologi yang digunakan baik saat produksi mapun distribusi

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

  1. Jelaskan tentang makanan internasional? Berikan contoh!
  2. Sebutkan sumber makanan hewani dan sumber makanan nabati!
  3. Apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan ide peluang usaha!
  4. Mengapa kita harus melakukan analisis terhadap ide peluang usaha?
  5. Sebutkan hal – hal yang harus diperhatikan ketika menganalisis suatu ide peluang usaha!
BACA JUGA:  Soal Biologi Kelas 11

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Makanan internasional adalah Makanan khas internasional yang biasa di konsumsi di suatu negara. Makanan yang dibuat biasanya mencerminkan karakter

masyarakatnya. Contoh spaghetti dari Italia sekarang dapat dinikmati di Indonesia dengan varian rasa yang beraneka ragam, fried chicken merupakan makanan khas Amerika dan sekarang sudah banyak orang Indonesia yang berjualan.

2. → Pembahasan: Sumber makanan hewani daging, telur, ikan sedangkan sumber makanan nabati yaitu gandum, beras, sayur, buah.

3. → Pembahasan: Yang harus dilakukan untuk mendapatkan ide peluang usaha adalah dengan membaca buku, majalah atau tabloid bisnis. Dengan melakukan wawancara langsung ke sang ahli, memnfaatkan internet.

4. → Pembahasan: Rencana dalam berwirausaha perlu dianalisis untuk mengenali peluang usaha, kekuatan usaha yang akan dijalani, kelemahan–kelemahan yang mungkin akan dihadapi, maupun persaingan usaha dalam bidang yang sama. Analisis usaha ini juga dapat digunakan untuk mencari strategi alternatif dalam bidang pengolahan, pemasaran, pengendalian usaha, dan sebagainya.

5. → Pembahasan: Setelah memiliki ide peluang usaha pengolahan makanan internasional, selanjutnya kita perlu menilai peluang usaha tersebut dengan melihat beberapa faktor, antara lain:

  • Sumber daya yang dimiliki harus sesuai
  • Peluang produk tersebut diperkirakan akan bertahan dalam kurun waktu yang lama
  • Kompetensi yang dimiliki pengusaha dituntut untuk kreatif dalam memodifikasi makanan internasional, kemasan produk, maupun dalam pemasaran.
  • Persaingan yang muncul ketika produk sudah dikenal masyarakat
  • Lokasi usaha yang ada harus strategis
  • Teknologi yang digunakan baik saat produksi mapun distribusi

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 11, XI SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.