Soal Penilaian Resiko Toksikan Pada Lingkungan

soal penilaian resiko toksikan pada lingkungan

Soal Penilaian Resiko Toksikan Pada Lingkungan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa D3, d4, dan s1 jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau yang berkaitan dengan ilmu kesling. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi penilaian resiko toksikan pada lingkungan.

Advertisements

Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Resiko Toksikan Pada Lingkungan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Penilaian resiko lingkungan dapat dilakukan secara langsung ataupun secara tidak langsung. Penilaian secara langsung adalah penilaian besarnya suatu risiko secara langsung menggunakan rumus yang merupakan fungsi dari besarnya kementakan dengan konsekuensi tertentu.

Read More

Rumus R = f ( P x K ) Dimana: R= Risiko, P =probabilitas, K = Konsekuensi, f= faktor

Contoh kasus adalah kecelakaan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Chernobyl. Penilaian secara tidak langsung adalah penilaian yang dilakukan secara tidak langsung karena kejadian yang sangat jarang terjadi, sehingga tidak cukup tersedia data statistik untuk melakukan perhitungan langsung. Risiko dihitung secara tidak langsung berdasarkan pengalaman terjadinya.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Seorang pekerja dengan berat badan 60 kg terpapar oleh bahan karsinogen. Paparan terjadi 5 hari perminggu, 50 minggu pertahun dan pemaparan terjadi selama 20 tahun. Pekerja diasumsikan menghisap bahan beracun selama 2 jam setiap hari sebanyak 1,5 m3/jam dan 5 jam perhari sebanyak 1 m3/jam. Faktor potensi dari bahan beracun (karsinogen) adalah 0,02 mg/kg perhari. Faktor absorbsi diperkirakan 70%. Rata-rata bahan beracun diudara sekitar 0,01 mg/m3 maka tingkat resikonya adalah….

A. 25 kemungkinan dalam satu juta

B. 20 kemungkinan dalam satu juta

C. 15 kemungkinan dalam satu juta

D. 10 kemungkinan dalam satu juta

2) Seorang pekerja dengan berat badan 60 kg terpapar oleh bahan karsinogen. Paparan terjadi 5 hari perminggu, 50 minggu pertahun dan pemaparan terjadi selama 20 tahun. Pekerja diasumsikan menghisap bahan beracun selama 2 jam setiap hari sebanyak 1,5 m3/jam dan 4 jam perhari sebanyak 1 m3/jam. Faktor potensi dari bahan beracun (karsinogen) adalah 0,01 mg/kg perhari. Faktor absorbsi diperkirakan 60%. Rata-rata bahan beracun diudara sekitar 0,03 mg/m3 maka tingkat resikonya adalah….

A. 25 kemungkinan dalam satu juta

B. 20 kemungkinan dalam satu juta

C. 15 kemungkinan dalam satu juta

D. 10 kemungkinan dalam satu juta

3) Penilaian yang dilakukan karena kejadian yang sangat jarang terjadi, dan tidak cukup tersedia data statistik dinamakan…

A. Perkiraan langsung

B. Perkiraan tak langsung

C. Perkiraan semi langsung

D. Perkiraan campuran

4) Penilaian besarnya suatu risiko menggunakan rumus yang merupakan fungsi dari besarnya kementakan dengan konsekuensi tertentu dikategorikan sebagai…

A. Perkiraan langsung

B. Perkiraan tak langsung

C. Perkiraan semi langsung

D. Perkiraan campuran

Kunci Jawaban

1) A

2) B

3) B

4) A

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan jurusan Kesehatan lingkungan, sanitasi lingkungan atau berkaitan dengan ilmu kesling yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Sanitasi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *