Soal Penilaian Status Gizi Pada Orang Dewasa

soal penilaian status gizi pada orang dewasa

Soal Penilaian Status Gizi Pada Orang Dewasa – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi penilaian status gizi pada orang dewasa.

Soal dan Kunci Jawaban Penilaian Status Gizi Pada Orang Dewasa

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Komposisi massa jaringan terdiri dari dua bagian yaitu massa bebas lemak dan massa lemak. Perubahan jumlah massa bebas lemak tubuh akan mengakibatkan gangguan kesehatan, misal mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh.

Bacaan Lainnya

Massa bebas lemak terdiri dari air sekitar 72–74%, protein sekitar 20%, dan mineral sekitar 6%. Sedangkan massa lemak berubah-ubah tergantung timbunan lemak yang ada dalam tubuh, gemuk menunjukkan cadangan lemak tinggi, sebaliknya kurus menunjukkan cadangan lemak sedikit.

Perubahan Komposisi Tubuh Lansia. Proses menua mengakibatkan terjadinya kehilangan massa otot secara progressif dan proses ini dapat terjadi sejak usia 40 tahun, dengan penurunan metabolisma basal mencapai 2% pertahun. Saat seorang lansia berumur di atas 70 tahun, kehilangan massa otot dapat mencapai hingga 40%.  Selain penurunan otot dan massa tulang, pada lansia juga terjadi peningkatan lemak tubuh, dan perubahan

komposisi seperti ini sangat tergantung pada gaya hidup dan aktivitas fisik lansia.  Lingkar Lengan Atas. Lingkar lengan atas menggambarkan cadangan lemak keseluruhan dalam tubuh. Besarnya ukuran lingkar lengan atas menunjukkan persediaan lemak tubuh cukup banyak, sebaliknya ukuran yang kecil menunjukkan persediaan lemak sedikit.

Penggunaan ukuran lingkar lengan atas erat kaitannya  dengan pelayanan kesehatan  digunakan untuk mengetahui risiko kekurangan energi kronis (KEK) pada wanita usia subur.

BACA JUGA:  Soal Pengelolaan Reagen dan Spesimen

Ukuran lingkar lengan atas tidak dapat digunakan untuk mengetahui perubahan status gizi dalam jangka pendek.

Obesitas berhubungan dengan penyakit degenerative, dan terdapat empat macam obesitas, yaitu: 1). Type I (lemak berlebih dan atau masaa jaringan di distribusi ke seluruh bagian tubuh; 2). Typa II (lemak berlebih di daerah perut/abdominal atau kegemukan android); 3). Type III (lemak berlebih pada perut; dan 4). Type IV (lemak berlebih pada gluteal/pantat dan femoral/paha dan panggul/kegemukan gynoid). Type II dan III (obesitas android) dihubungkan dengan disfungsi metabolik dan morbidiats (contohnya hipertensi, LDL sangat rendah, hyperlipidemia dan diabetes type II).

Body Composition Analysis In Body bekerja secara elektrik, menggunakan sinyal bioimpedance dapat mengukur tinggi badan (cm), berat badan (kg), massa otot (kg), massa lemak badan (kg), persentase lemak badan (%), dan distribusi lemak abdomen berdasarkan rasio lingkar pinggang-pinggul. Selain itu, alat ini juga mengevaluasi tipe otot, apakah sarcopoenik (otot lembek karena kurang protein), propiopoenik (antara arcopoenik dan muscular), atau muscular (otot keras karena massa otot berisi).

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Tubuh terdiri beberapa komponen, yaitu cairan, tulang, otot serta mineral Na, Ca, Mg, dan P. Proporsi mineral sebesar ….

A. 72%

B. 20%

C. 6%

D. 74%

2) Proses menua mengakibatkan terjadinya kehilangan massa otot secara progressif dan proses ini dapat terjadi sejak usia 40 tahun, disertai penurunan metabolisma basal sebesar …. per tahun.

A. 8 %

B. 6 %

C. 4 %

D. 2 %

3) Ukuran tubuh linear yang dapat menunjukkan kekurangan energi kronis (KEK) pada wanita usia subur yang dapat untuk menilai kualitas pelayana kesehatan adalah ….

BACA JUGA:  Soal Asuhan Keperawatan Pasien Peradangan Pada Mata

A. LLA

B. BB

C. TB

D. IMT

4) Obesitas …. berhubungan dengan disfungsi metabolik dan morbiditas yaitu hipertensi, LDL sangat rendah, hyperlipidemia, dan diabetes type II. 

A. Type I dan III

B. Type II dan III

C. Type II dan IV

D. Type I dan IV

5) Untuk mengetahui komposisi tubuh secara menyeluruh yang dapat menggambarkan type otot diukur menggunakan ….

A. Densitas

B. Analsis Bioelectrical Impedance/BIA

C. Indek Massa Tubuh

D. Tinggi Lutut

6) Saat seorang lansia berumur di atas 70 tahun, kehilangan massa otot dapat mencapai hingga ….

A. 60%

B. 55%

C. 50%

D. 40%

7) Deposit lemak di daerah dada /truncus berhubungan positif dengan penyakit ….

A. obstruksi paru

B. tekanan darah tinggi

C. stroke

D. diabetes mellitus

8) Perubahan simpanan lemak bawah kulit di perut berhubungan dengan perubahan ….

A. gula darah

B. kolesterol

C. asam urat

D. Hemoglobin

9) Dinyatakan badan terlalu gemuk dan terlalu kurus sama-sama berisiko penyakit, IMT tinggi berhubungan dengan penyakit kandung kemih dan meningkatnya trigliserida sedangkan IMT kurang dari 20,0 kg/m2 berhubungan dengan penyakit ….

A. menstruasi

B. maag

C. paru-paru

D. diare

10) Olahraga senam profesional dengan IMT rendah acap kali dihubungkan dengan rendahnya leptin dan lambatnya ….

A. menopuose

B. climacterium

C. pubertas

D. menarche

Kunci Jawaban

1) C

2) D

3) A

4) B

5) B

6) D

7) B

8) B

9) C

10) D

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.