Soal Perilaku yang menunjukkan Sikap Menjaga Keutuhan NKRI

soal perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan NKRI

Soal Perilaku yang menunjukkan Sikap Menjaga Keutuhan NKRI – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal Modul PKN Kelas 11, XI KD 3.6 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan NKRI.

Rangkuman Materi Perilaku yang menunjukkan Sikap Menjaga Keutuhan NKRI

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Menjaga keutuhan Negara Kesatuan republiK Indonesia merupakan kewajiban dari setiap warga negara.

Read More

Terdapat perilaku yang dapat dilakukan untuk menjaga keutuhan Negara kesatuan republiK Indonesia. Perilaku tersebut anatar lainmengembangkan nasionalisme, memiliki toleransi dalam kehidupan beragama, tidak mementingkan kelompok, ras, dan suku, serta mengembangkan sikap menghargai terhadap nila-nilai dan norma sosial yang berbeda-beda di dalam masyarakat.

Sejak awal kemerdekaan para tokoh bangsa Indonesia telah membentengi diir dengan merumuskan dasar negara Pancasila.

Dengan mengaalkan nilai-nilai Pancasila maka bangsa Indonesia akan sellau bersatu padu terhindar dari berbagai pertentangan dan perselisihan.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

1. Perilaku mencintai tanah air sangat penting dalam penghayatan wawasan berbangsa dan bernegara. Perilaku tersebut adalah…

A. Nasionalisme

B. Patriotism

C. Toleransi

D. Kesadaran nasional

E. Menyelesaikan konflik dengan akomodatif

2. Menipisnya perilaku intoleran pada masyarakat Indonesia yang majemuk, menjadi ancaman yang memecah belah bangsa. Sikap yang dapat kita lakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah…

A. Meningkatkan toleransi terhadap perbedaan

B. Menjaga keutuhan kelompok

C. Menjalin kerjasama di segala bidang

D. Menghindari keributan dengan orang lain

E. Menghargai apresiasi kelompok mayoritas

3. Keberagaman masyarakat Indonesia menjadi aset yang tidak di miliki oleh bangsa lain, namun hal itu juga menimbulkan potensi ancaman terhadap persatuan dan kesatuan. Berikut yang bukan ancaman tersebut adalah…

A. Konflik antaretnis

B. Kesenjangan ekonomi

C. Gerakan separatism

D. Perilaku intoleran

E. Sikap inklusif

4. Konflik dapat terjadi di masyarakat. Meski demikian, cara penyelesaian konflik tidak boleh dengan cara kekerasan. Yang bukan merupakan cara penyelesaian konflik di dalam masyarakat adalah…

A. akomodatif

B. kompromi

C. mediasi

D. ajudaksi

E. lobby

5. Upaya penyelesaian konflik dengan melibatkan pihak ketiga adalah…

A. akomodatif

B. kompromi

C. mediasi

D. ajudaksi

E. lobby

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. A → Pembahasan: Perilaku mencintai tanah air sangat penting dalam penghayatan wawasan berbangsa dan bernegara. Tetapi harus dihindari mencintai tanah air secara berlebihan atau chauvinism. Nasioanlisme akan memperkuat rasa kebangsaan dan berkeinginan untuk selalu menjaga keutuhan Negara Kesatuan republik Indonesia.

2. A → Pembahasan: Intoleransi beragama adalah suatu kondisi jika suatu kelompok (misalnya masyarakat, kelompok agama, atau kelompok non-agama) secara spesifik menolak untuk menoleransi praktik-praktik, para penganut, atau kepercayaan yang berlandaskan agama.

3. B → Pembahasan: Keberagaman merupakan ancaman bagi persatuan dan kesatuan bangsa karena apabila tidak diiringi oleh sikap saling menghargai, menghormati dan toleransi yang telah menjadi karakter khas masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat mengakibatkan munculnya perbedaan pendapat yang lepas kendali, tumbuhnya perasaan kedaerah yang berlebihan bisa memicu terjadinya konflik antar daerah atau antar suku bangsa.

4. C → Pembahasan: Penyelesaian konflik tidak boleh dengan cara-cara kekerasan. Konflik dapat diselesaikan dengan cara akomodatif melalui mediasi, kompromi, dan ajudikasi.

5. E → Pembahasan:

Pengertian penyelesaian konflik dalam masyarakat yaitu:

  • Akomodatif adalah sifat dapat menyesuaikan diri
  • Mediasi adalah upaya penyelesaian konflik dengan melibatkan pihak ketiga
  • Kompromi adalah setuju dengan jalan damai
  • Ajudiksi adalah penyelesaian perkara atau sengketa di pengadilan

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS PKN Kelas 11, XI SMA yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Yuk, Kami juga Ada di Google News, KLIK DISINI!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *