Soal Strategi Pemasaran Dan Mengenal Konsumen dan Pesaing

soal strategi pemasaran dan mengenal konsumen dan pesaing

Soal Strategi Pemasaran Dan Mengenal Konsumen dan Pesaing– Salam sobat Dinas.id, inilah rekomendasi kumpulan contoh soal-soal prakarya dan kewirausahaan kelas 10, X KD 3.10 SMA Ujian Akhir Semester (UAS), soal Ujian Tengah Semester (UTS) genap, ganjil, gasal. Tentunya sesuai kisi-kisi pertanyaan tentang strategi pemasaran dan mengenal konsumen dan pesaing.

Rangkuman Materi Strategi Pemasaran Dan Mengenal Konsumen Dan Pesaing

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Konsumen adalah setiap orang pemakai barang/jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, atau makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

Bacaan Lainnya

Beberapa pendekatan dapat dilakukan untuk mengidentifikasi perilaku konsumen, diantaranya sebagai berikut: Pendekatan interpretif, Pendekatan tradisioanal, Sains pemasaran.

Pesaing adalah perusahaan lain yang menghasilkan atau menjual barang yang sama atau mirip dengan produk yang ditawarkan.

Dengan memahami pesaing dan segala aktivitas yang dilakukan akan memberikan keunggulan pada para perilaku produksi, yakni sebagai berikut: pengetahuan akan strategi kompetitif, strategi alternative, mengetahui. kelemahan dan kekuatan pesaing dan motivasi pelaku usaha untuk membentuk kekuatannya sendiri.

Pemasaran adalah suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan hal yang mereka butuhkan dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lain.

Produk adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada pasar agar diperhatikan, diminta, dipakai, atau dikonsumsi sehingga mungkin memuaskan keinginan atau kebutuhan.

Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan suatu produk, apakah itu barang atau jasa, menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

Salah satu startegi pemasaran yang bisa digunakan adalah 4P, yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat) dan Promotion (Promosi).

Soal Pilihan Essay

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berikan jawaban yang paling benar!

1. Apa yang disebut dengan konsumen dan pesaing?

2. Mengapa seorang pelaku usaha harus tahu pesaingnya?

3. Apa keuntungan mengenali pesaing sebelum memasarkan produk?

4. Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran?

5. Jelaskan strategi yang tepat untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk?

Kunci Jawaban dan Pembahasan

1. → Pembahasan: Konsumen adalah setiap orang pemakai barang/jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, atau makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan Pesaing adalah perusahaan lain yang menghasilkan atau menjual barang yang sama atau mirip dengan produk yang ditawarkan

BACA JUGA:  Soal Manusia, Kebudayaan dan Peradaban

2. → Pembahasan: Seorang pelaku usaha harus tahu pesaingnya karena untuk mengidentifikasi ancaman, kesempatan, atau permasalan strategis yang muncul akibat persaingan tersebut dan akan mengantarkan sebuah usaha pada perubahan hingga persoalan.

3. → Pembahasan:

Keuntungan mengenali pesaing sebelum memasarkan produk adalah sebagai berikut:

  • Pengetahuan akan strategi kompetitif yang akan datang dapat memberikan prediksi dari ancaman dan keselamatan sebuah usaha.
  • Sebuah keputusan tentang strategi alternative lebih mudah didapatkan dengan kemampuan meramal reaksi yang sama dari pesaing utama.
  • Mengetahui kelemahan dan kekuatan pesaing akan melengkapi pemahaman yang dapat menjadi kunci kecakapan bagi seorang/sekelompok pelaku usaha untuk mengejar bermacam-macam strategi.
  • Dengan mengetahui kelemahan pesaing, akan memotivasi pelaku usaha untuk membentuk kekuatannya sendiri.

4. → Pembahasan: Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan suatu produk, apakah itu barang atau jasa, menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

5. → Pembahasan:

Strategi yang tepat untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk

a. Product (Produk)

Beberapa hal yang penting diperhatikan mengenai produk adalah : (i)kualitas yang mampu menjawab dan memuaskan keinginan konsumen, (ii) kuantitas yang sanggup memenuhi kebutuhan pasar, (iii) penciptaan produk baru yang inovatif sesuai keinginan konsumen, (iv) penciptaan nilai tambah pada produk, dan (v) penciptaan produk yang mempunyai daur hidup (life cycle) panjang (jangan cuma booming sesaat).

b. Price (Harga)

Pada penetapan harga produk, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya, yaitu (i) mempertimbangkan harga pokok produksi, (ii) menyesuaikan harga produk dengan pasar yang kita bidik, dan (iii) melakukan perbandingan harga dengan produk sejenis yang sudah ada di pasar.

c. Place (Tempat)

Beberapa pertimbangan dalam penetapan tempat menjual produk, bisa dilakukan sebagai berikut: (i) lokasi penjualan sebaiknya yang mudah dijangkau konsumen, (ii) lokasi penjualan yang memiliki fasilitas yang memuaskan konsumen dan (iii) lokasi yang mempunyai nilai tambah: ada arena bermain anak dan keluarga, suasana belanja dan bertamasya, konsep “one stop shopping”. Produk makanan awetan dari bahan hewani dapat dijual di pusat oleh-oleh, ditempat wisata atau di restoran di tempat wisata.

d. Promotion (Promosi)

Beberapa saluran promosi yang bisa digunakan dalam membantu meningkatkan penjualan produk, bisa melalui media sosial, blog dan/atau website. Juga bisa dengan mengikuti bazar-bazar yang banyak dilakukan berbagai instansi/organisasi di lingkungan sekitar.

Demikian prediksi contoh soal dan jawaban UTS, UAS modul prakarya dan kewirausahaan Kelas 10, X SMA, dipelajari yah. Merdeka Belajar!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.