Soal Konsep Dasar Riset Keperawatan

soal konsep dasar riset keperawatan

Soal Konsep Dasar Riset Keperawatan – Dalam edisi UAS, UTS mahasiswa jurusan keperawatan dan profesi ners, yuk simak kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi konsep dasar riset keperawatan.

Soal dan Kunci Jawaban Konsep Dasar Riset Keperawatan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Hakekat riset keperawatan adalah kegiatan berulang atau mencari kembali sesuatu tentang keperawatan yang didasarkan pada suatu kebenaran dengan proses berpikir ilmiah yaitu logico – hypothetico – verificative.

Bacaan Lainnya

Keperawatan merupakan suatu ilmu yang dibangun berdasar empat teori yang disebut dalam paradigma keperawatan yang terdiri dari keperawatan, kesehatan, lingkungan, dan manusia.

Keperawatan merupakan suatu ilmu, sehingga dalam pengembangan keperawatan tidak terlepas dari filsafat ilmu yang mempelajari tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi dari ilmu keperawatan.

Manfaat yang diperoleh dengan riset keperawatan adalah menyelesaikan masalah keperawatan dan pengembangan atau menvalidasi teori; memberikan fakta yang berasal dari pelayanan keperawatan; menerapkan hasil riset untuk meningkatkan mutu pelayanan dan asuhan keperawatan; mengevaluasi mutu pelayanan dan asuhan keperawatan; mengembangkan pengetahuan ilmiah yang menjadi landasan praktik keperawatan; sebagai kunci untuk menyediakan pelayanan yang tepat sesuai kebutuhan manusia; proses yang memungkinkan banyak pertanyaan muncul dalam praktik keperawatan sehari-hari dapat dijawab; dan memberikan data yang mencatat efektifitas dan kualitas asuhan keperawatan.

Secara filsafat ilmu yang harus dilakukan seorang perawat dalam riset keperawatan yaitu LOGICO – HYPOTHETICO – VERIFICATIVE yang artinya buktikan secara logis, tarik hipotesis, dan ajukan bukti empiris.

Kemampuan yang harus dimiliki perawat dalam riset keperawatan yaitu daya nalar tinggi, ide originalitas, daya ingat, sifat waspada, pengamatan akurat, daya konsentrasi tinggi, bekerjasama, sehat, motivasi tinggi, dan jujur.

Antara teori, praktik, dan riset keperawatan memiliki hubungan yang sangat erat sehingga tidak mungkin untuk dipisahkan atau dihilangkan salah satu.

Perawat memiliki peran sebagai periset (researcher) untuk pengembangan ilmu keperawatan untuk meningkatkan manfaat dan mutu pelayanan keperawatan.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar di bawah ini!

1) Seorang perawat mewawancara 10 orang pasien penderita Diabetes Mellitus berusia 25 – 40 tahun yang melakukan pemeriksaan di poliklinik. Diagnosis keperawatan yang muncul dari wawancara adalah pola pemenuhan nutrisi tidak adekuat dan gangguan pemenuhan nutrisi: lebih dari kebutuhan tubuh.

BACA JUGA:  Soal Kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia

Apakah kegiatan yang telah dilakukan perawat berdasarkan filsafat ilmu?

A. berpikir logis

B. membuat hipotesis

C. melakukan verifikasi

D. menyusun rencana percobaan

2) Seorang perawat mewawancara 10 orang pasien penderita Diabetes Mellitus berusia 25 – 40 tahun yang melakukan pemeriksaan di poliklinik. Masalah keperawatan yang muncul dari wawancara adalah pola pemenuhan nutrisi tidak adekuat dan gangguan pemenuhan nutrisi: lebih dari kebutuhan tubuh.

Disebut apakah masalah keperawatan yang telah dirumuskan perawat berdasarkan filsafat ilmu?

A. berpikir logis

B. membuat hipotesis

C. melakukan verifikasi

D. menyusun rencana percobaan

3) Perawat membuat kesimpulan masalah keperawatan berdasar hasil wawancara yaitu penatalaksanaan regimen terapeutik tidak efektif. Langkah selanjutnya, perawat merencanakan pembuktian masalah keperawatan tersebut pada situasi yang sama tetapi berbeda pasien yang diamati.

Apakah kegiatan yang akan dilakukan perawat berdasarkan filsafat ilmu?

A. berpikir logis

B. membuat hipotesis

C. melakukan verifikasi

D. menyusun prioritas masalah

4) Disebut apakah suatu ilmu yang mempelajari tentang obyek yang dipelajari oleh ilmu?

A. ontologi

B. aksiologi

C. etnomologi

D. epistemology

5) Disebut apakah suatu ilmu yang mempelajari tentang proses menyusun suatu ilmu?

A. ontologi

B. aksiologi

C. etnomologi

D. epistemology

6) Disebut apakah suatu ilmu yang mempelajari tentang manfaat suatu ilmu?

A. ontologi

B. aksiologi

C. etnomologi

D. epistemology

7) Hasil riset perawat diberikan pujian baik oleh orang lain dan perawat menyadari adanya kontribusi orang lain. Apakah kemampuan periset yang telah dilakukan?

A. jujur

B. daya nalar

C. bekerja sama

D. motivasi tinggi

8) Periset menceritakan suatu keadaan riset dan hasil pengumpulan data apa adanya. Apakah kemampuan periset yang telah dilakukan?

A. jujur

B. daya nalar

C. bekerja sama

D. motivasi tinggi

9) Perawat menghasilkan hasil riset dengan kebaruan yang dapat menambah teori baru dalam keperawatan. Apakah kemampuan periset yang telah dilakukan?

A. ide original

B. bekerja sama

C. konsentrasi tinggi

D. pengamatan akurat

10) Dalam melakukan pengumpulan data riset perawat mampu mengamati perubahan sekecil apapun yang ada pada subyek riset.Apakah kemampuan periset yang telah dilakukan?

A. ide original

B. bekerja sama

C. konsentrasi tinggi

D. pengamatan akurat

Kunci Jawaban

1) A

2) B

3) C

4) A

5) D

6) B

7) C

8) A

9) A

10) D

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS jurusan keperawatan yang bisa kami sajikan, selalu evaluasi cara belajar sobat agar mendapatkan IPK yang terbaik dan lulus uji kompetensi. Ganbatte!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.