Soal Peralatan Persiapan Bahan Makanan

soal peralatan persiapan bahan makanan

Soal Peralatan Persiapan Bahan Makanan – Halo sobat Dinas.id, inilah rekomendasi contoh soal UAS, UTS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien. Yuk, pelajari kumpulan contoh soal-soal sesuai kisi-kisi yang sering muncul tentang materi peralatan persiapan bahan makanan.

Soal dan Kunci Jawaban Peralatan Persiapan Bahan Makanan

Untuk memudahkan mengerjakan latihan, silahkan pahami ringkasan materi di bawah ini:

Persiapan bahan makanan adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka menyiapkan bahan makanan, alat, dan bumbu sebelum dilakukan pemasakan. Atau dengan kata lain bahwa persiapan adalah kegiatan dimana bahan makanan itu siap untuk diolah.

Bacaan Lainnya

Mutu pelayanan makanan juga ditentukan pada tahap ini yaitu berkaitan dengan ketepatan waktu atau jadwal produksi.

Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menepati jadwal produksi yaitu jumlah dan macam konsumen yang dilayani, jumlah dan macam menu/ resep yang akan diolah, waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan alat, bahan makanan dan bumbu, jumlah dan jenis peralatan yang dimiliki untuk proses persiapan dan pengolahan, jumlah dan jenis tenaga penjamah makanan yang dimiliki.

Kualitas dari persiapan bahan makanan tergantung dari tujuan dari penyelenggaraan makanan, pelatihan dan ketrampilan tenaga penjamah makanan, tipe dan ketersediaan fasilitas, resep yang digunakan, perencanaan produksi pangan.

Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam kegiatan persiapan bahan makanan adalah standar resep, alat persiapan, jadwal produksi dan distribusi makanan, porsi, prinsip Higiene dan sanitasi makanan.

Tujuan dari kegiatan persiapan bahan makanan adalah untuk menghemat nilai gizi makanan, untuk memperbaiki pencernaan, untuk mengembangkan dan meningkatkan rasa dan daya tarik warna asli, bentuk dan tekstur, tersedianya racikan bahan makanan dan bumbu, untuk membebaskan makanan dari organisme dan zat berbahaya.

BACA JUGA:  Soal Dasar-dasar Larutan dan Kelarutan

Peralatan persiapan yang digunakan haruslah memenuhi persyaratan yaitu dalam keadaan utuh, baik, kualitas terjamin, terbuat dari bahan yang aman, ekonomis dan efektif.

Fungsi utama peralatan persiapan adalah memudahkan atau membantu agar bahan makanan yang akan diolah siap untuk dimasak.

Jenis alat persiapan sesuai penggolongan bahan makanannya adalah sebagai berikut:

  • Alat persiapan untuk produk hewani seperti daging, unggas, hasil laut. Contohnya: meja kerja, talenan, mesin pengiris daging (slicer), mesin penggiling daging (mincer), pisau ikan, pisau fillet, pisau daging.
  • Alat persiapan untuk sayuran dan buah, contohnya meja, talenan, pengupas sayuran dan buah dan pisau pemotong sayuran dan buah.
  • Alat persiapan untuk kue dan roti, contohnya mixer, rolling pan, timbangan, cetakan kue, Loyang, spatula dan pisau roti.
  • Alat persiapan untuk menghaluskan bumbu contohnya cobek dan blender. Alat persiapan lain contohnya wadah/baskom, pengocok telur, ayakan, saringan untuk santan, pemarut dan lain-lain.

Dasar pertimbangan pemilihan peralatan ditentukan berdasarkan jumlah dan tipe konsumen, jenis makanan, jumlah dan kualifikasi tenaga penjamah makanan, ruang persiapan bahan makanan, biaya yang tersedia, keamanan.

Bahan dasar peralatan persiapan plastic, stainless steel, kayu, batu.

Soal Pilihan Ganda

Oke, bacalah petunjuk di bawah ini sebelum menjawab soal!

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih satu jawaban paling benar!

1) Mempersiapkan bahan makanan mempunyai beberapa tujuan salah satunya yaitu untuk menghemat nilai gizi makanan, untuk itu Saudara harus ….

A. memahami nilai gizi setiap golongan bahan makanan

B. memahami karakteristik tenaga penjamah makanan khususnya tenaga persiapan bahan makanan

BACA JUGA:  Soal Pengantar Anatomi Fisiologi dan Patofisiologi

C. memahami teknik persiapan bahan makanan dan implikasi hasilnya

D. memahami alat persiapan bahan makanan yang digunakan

2) Alat persiapan bahan makanan ini berfungsi untuk mengupas sayuran seperti wortel dan mentimun. Apa nama alat yang dimaksud?

A. Grater

B. Peeler

C. Rolling

D. Strainer

3) Suatu catering mendapatkan pesanan dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat, tenaga persiapan bumbu menggunakan cobek dan ulekan untuk menghaluskan bumbu. Apa persyaratan yang tidak dipenuhi oleh tenaga tersebut dalam proses persiapan alat?

A. Keutuhan alat

B. Ekonomis

C. Kualitas terjamin

D. Efektif

4) Bahan dasar peralatan persiapan ada yang terbuat dari campuran antara baja dengan kromium dan nikel dengan karakteristik yang dimiliki yaitu ringan, tahan karat dan mudah dibersihkan. Apa bahan dasar peralatan yang dimaksud?

A. Stainless steel

B. Kayu

C. Batu

D. Kuningan

5) Rumah sakit A sedang merencanakan peralatan untuk gedung instalasi gizi yang baru. Yang sedang dilakukan adalah melihat kelemahan dan kelebihan beberapa bahan dasar alat persiapan seperti besi, stainlees steel, aluminium, dan sebagainya. Apa dasar pertimbangan pemilihan peralatan yang sedang dilakukan Rumah Sakit A?

A. Jumlah dan tipe konsumen

B. Keamanan peralatan

C. Jumlah dan kualifikasi tenaga

D. Biaya yang tersedia

Kunci Jawaban

1) C

2) B

3) D

4) A

5) B

SIMAK JUGA!

Demikian prediksi soal dan jawaban UTS, UAS mahasiswa jurusan gizi, nutritionist dan profesi dietisien yang bisa kami sajikan, disimak secara saksama yah. Gizi Hebat!

5/5 – (1 vote)

Apakah Ini Membantu? Follow Dinas.id di aplikasi Google News, KLIK DISINI

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.